Cara Aman dan Mudah Melakukan Reset Android Semua Tipe

0

Hello guys!

Smartphone sudah menjadi barang kebutuhan yang tidak terlepas dari aktivitas kita sehari – hari. Tentu saja akan menjengkelkan sekali rasanya jika ponsel pintar tersebut mengalami kerusakan dan mengganggu aktivitasmu. Kerusakan pada smartphone ini bermacam – macam, mulai dari masalah yang sederhana dan ringan hingga kerusakan yang berat dan rumit untuk diatasi. Beberapa pengguna smartphone biasanya memilih untuk melakukan riset terhadap ponselnya jika sudah kehabisan akal.

Masalah berat pada smartphone pada umumnya bisa diatas jika melakukan reset. Namun proses ini akan membuat sejumlah data penting akan terhapus secara otomatis. Namun kamu tak perlu khawatir guys. Ada cara yang bisa kamu lakukan untuk melakukan reset secara aman pada ponselmu. Perlu kamu perhatikan bahwa reset ini dilakukan jika memang masalah tersebut sudah tidak bisa diatasi dengan cara lain yaa. Sebisa mungkin usahakan dulu cara lain.

Ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan dalam melakukan reset pada ponsel supaya tidak menyesal nantinya. Diantaranya adalah melakukan backup terhadap aplikasi penting, menyalin kontak ke kartu SIM atau akun Gmail serta memindahkan file penting yang ada di memori internal ke kartu SD. Tiga hal tersebut perlu kamu lakukan agar tidak ada data penting yang hilang guys. Nah sekarang simak cara melakukan reset berikut ini!

Cara reset Android secara manual

Cara reset secara manual dilakukan melalui menu pengaturan. Cara ini bisa dilakukan jika kamu masih bisa mengakses ponselmu guys. Berikut adalah langkah – langkah yang perlu dilakukan (menggunakan HP Samsung, merk lain tidak jauh berbeda):

  1. Bukalah menu Settings pada ponselmu
  2. Kamu akan diberikan beberapa opsi, pilih opsi general management yang terdapat di bagian paling bawah
  3. Klik menu Reset dan pilihlah opsi Factory Reset untuk mengembalikan semua pengaturan ponselmu menjadi seperti semua saat pertama kali membeli atau disebut juga dengan kondisi bawaan pabrik
  4. Kamu akan diberikan beberapa file dan aplikasi yang akan dihapus. Perhatikan daftar tersebut agar kamu tidak menyesal ketika memutuskan untuk melakukan reset. Pastikan aplikasi yang penting yang masuk ke dalam daftar tersebut sudah kamu backup.
  5. Klik tombol Reset jika sudah yakin
  6. Tunggu beberapa saat dan selesai deh! Ponselmu sudah kembali seperti saat pertama kali kamu membeli.

Cara reset Android dengan hard reset

READ  Cara Mudah Daftar ke Ruangguru sebagai Murid dan Pengajar

Cara diatas tentu tidak bisa dilakukan jika kamu sudah tidak bisa mengakses ponselmu. Nah kamu bisa melakukan reset menggunakan cara hard reset, yaitu menggunakan kombinasi tombol. Berikut adalah langkah – langkahnya:

  1. Pastikan ponselmu memiliki baterai minimal 70%
  2. Matikan ponselmu sebelum melakukan hard reset supaya berjalan dengan optimal
  3. Tekan kombinasi tombol volume up+tombol home+tombol power atau gunakan kombinasi tombol volume up+tombol power secara bersamaan agar masuk ke dalam recovery mode
  4. Pilihlah opsi factory reset atau wipe data jika sudah masuk ke recovery mode. Gunakan tombol volume untuk navigasi dan tombol home untuk memilih
  5. Tunggu beberapa saat sampai proses reset ini selesai dilakukan, taraaa! Ponselmu kembali lagi seperti semua guys.

Baca Juga : 

Nah begitulah caranya melakukan reset pada Androidmu secara aman tanpa harus kehilangan data penting yaa. Kamu tahu data yang akan hilang, jadi lakukan backup untuk semua data penting kamu guys. Semoga berhasil yaa.

Salam teknologi!

Leave A Reply

Your email address will not be published.