Cara Aman Pakai Zoom Agar Data Tak Dicuri

0

Penyebaran virus corona membuat banyak pihak masih terus berjuang agar dapat melanjutkan hidup. Di antaranya dengan tetap melakukan aktivitas seperti belajar, bekerja, dan berkarya dari rumah. Dan tentunya, ini membutuhkan bantuan dari teknologi yaitu internet.

Dengan begitu, adanya kebijakan di rumah saja membuat banyak orang butuh berfikir cerdas memaksimalkan teknologi untuk bekerja atau belajar. Aplikasi Zoom menjadi salah satu aplikasi yang populer dipakai belakangan ini. Baik sekolah, instansi pemerintah, sampai perusahaan-perusahaan banyak yang akhirnya memakai aplikasi ini untuk fasilitas meeting online atau belajar dan kuliah online. 

Baca Juga : Kerja Dari Rumah Pakai Aplikasi Zoom Cloud Meetings Di PC atau Laptop .

Hal ini tentu menjadi celah data kalian sebagai pengguna rentan dicuri peretas. Sebelumnya, pakar keamanan siber sempat mengatakan bahwa aplikasi Zoom mempunyai potensi pelanggaran privasi data dan perlindungan data pribadi terkait pemetaan wajah pengguna.

Data pengguna yang dikumpulkan tersebut rupanya bisa dimanfaatkan oleh hacker untuk membuka perangkat dengan pemindaian biometrik wajah.

Kabar bahwa aplikasi Zoom curi data pengguna lalu memperoleh tanggapan dari perusahaan aplikasi tersebut yang langsung membantah pernyataan tersebut.

Baca Juga : Penyebab dan Cara Mengatasi Gangguan Indihome .

Sebagai bentuk kewaspadaan, melansir dari netizen pemilik akun @farhanahaha, berikut ada 6 tips aman memakai aplikasi Zoom. Sebaiknya kalian memperhatikan satu demi satu tips berikut ini dan menjadi lebih bijak dalam memakai aplikasi Zoom.

Pakai password dan BUKAN memakai Meeting ID personal

Supaya orang lain tidak bergabung ke meeting room kalian, sebaiknya jangan memakai password di meeting room kalian ya. Biasanya hacker akan menebak ID dengan random untuk membobol masuk ke meeting room kalian.

Baca Juga :  Cara Install dan Fitur-Fitur Zoom Meeting.

Di samping itu, untuk event publik, buatlah Meeting ID yang unik pada pilihan ‘Generate Automatically’ di pemilihan Meeting ID.

Matikan fitur transfer file

Di bagian ‘Personal, klik Meeting’ dan pilihlah pilihan ‘In Meeting’ untuk mencegah penyebaran malware dan virus yang muncul. Kalau kalian ingin berbagi file, pastikan sudah memperoleh kesepakatan dari partisipan yang ada dalam meeting room aplikasi Zoom tersebut.

Matikan fitur auto saving chats

Lewat pilihan account setting di aplikasi Zoom kalian bisa mematikan fitur auto saving chats. Hal ini bermanfaat agar tidak ada jejak chat yang kalian tinggalkan di aplikasi Zoom ini.

Atur preferensi cookie

Hal ini sering dianggap remeh, ternyata mengatur preferensi cookie di aplikasi Zoom merupakan hal penting. Hal ini berkaitan dengan jejak digital yang akan direkam oleh aplikasi Zoom saat kalian pakai.

Aktifkan fitur Lock Out

Fitur Lock Out di aplikasi Zoom ini bermanfaat supaya tidak ada partisipan lain yang tiba-tiba masuk secara tiba-tiba tanpa kalian undang. Tetapi, saat salah satu partisipan aplikasi Zoom keluar dari meeting room, akan jadi sulit untuk memasukkannya lagi.

Ganti bakcground ruang personal

Ini adalah hal sederhana tapi sering dilupakan. Supaya lokasi tempat tinggalmu tidak terdeteksi dengan mudah, kalian bisa mengganti background ruang personal dengan foto lainnya.

Nah, demikian tadi beberapa tips aman saat kalian ingin memakai aplikasi Zoom. Bijak-bijak dalam memanfaatkan aplikasi yang tengah populer ini ya, Gaes. Jangan sampai data pribadi kalian menjadi korban dalam pemakaian aplikasi Zoom ini.

Baca Juga : 7 Rekomendasi Aplikasi Belanja Sayur Segar Online .

Manfaatkan aplikasi Zoom hanya untuk kepentingan meeting saja ya, Gaes. Untuk hal-hal yang lebih personal dan rahasia sih saya sarankan untuk tetap memakai SMS, telepon, atau email yang kemanannya pasti lebih terjaga dan jauh dari peretasan.

Semoga bermanfaat dan selamat mencoba. Salam teknologi!

Leave A Reply

Your email address will not be published.