Cara Ampuh Melakukan Uninstall Microsoft Edge, Efektif!

Microsoft Edge ini biasanya tidak digunakan sama sekali dan hanya memenuhi memori laptop saja. Tentu saja hal ini akan membuatmu risih. Apakah kamu salah satu orang yang tidak menggunakan Microsoft Edge ini dan merasa risih dengan keberadaannya? Meskipun termasuk aplikasi bawaan, ternyata kamu bisa kok uninstall aplikasi ini dengan mudah guys. Pasti kamu penasaran kan bagaimana cara melakukannya? Yuk simak ulasan berikut ini!

0

Ada banyak sekali aplikasi browser yang beredar saat ini dengan berbagai fitur unggulan. Salah satu aplikasi browser yang dapat digunakan oleh pengguna laptop atau PC adalah Microsoft Edge. Microsoft Edge merupakan aplikasi browser yang dikembangkan oleh Microsoft bagi para pengguna Windows. Bisa dibilang Microsoft ini seakan “memaksa” penggunanya untuk menggunakan browser yang satu ini. Kebanyakan pengguna laptop sudah memiliki browser andalannya sendiri, misalnya saja Chrome.

Aplikasi browser adalah salah satu aplikasi esensial yang sangat dibutuhkan oleh pengguna laptop atau bisa menjelajahi dunia maya dengan bebas. Ada banyak sekali aplikasi browser yang beredar saat ini dengan berbagai fitur unggulan. Salah satu aplikasi browser yang dapat digunakan oleh pengguna laptop atau PC adalah Microsoft Edge. Microsoft Edge merupakan aplikasi browser yang dikembangkan oleh Microsoft bagi para pengguna Windows.

Bisa dibilang Microsoft ini seakan “memaksa” penggunanya untuk menggunakan browser yang satu ini. Kebanyakan pengguna laptop sudah memiliki browser andalannya sendiri, misalnya saja Chrome. Jadi Microsoft Edge ini biasanya tidak digunakan sama sekali dan hanya memenuhi memori laptop saja. Tentu saja hal ini akan membuatmu risih.

Apakah kamu salah satu orang yang tidak menggunakan Microsoft Edge ini dan merasa risih dengan keberadaannya? Meskipun termasuk aplikasi bawaan, ternyata kamu bisa kok uninstall aplikasi ini dengan mudah guys. Pasti kamu penasaran kan bagaimana cara melakukannya? Yuk simak ulasan berikut ini!

Cara melakukan uninstall Microsoft Edge

Program Microsoft Edge tidak dapat kamu uninstall secara langsung melalui menu Apps & Features pada laptopmu guys. Tombol uninstall yang tersedia pada menu settings pun tidak akan bisa kamu klik jika kamu mencoba untuk melakukan uninstall pada program ini. Nah kamu memerlukan trik lain jika ingin menghapus program Microsoft Edge ini. Kamu juga bisa menonaktifkan program ini jika memang tidak ingin menggunakannya.

Cara menonaktifkan Microsoft Edge

Cara lain yang bisa kamu lakukan selain uninstall program adalah menonaktifkannya. Nah jadi kalau kamu tidak akan menggunakan dan merasa terganggu dengan keberadaan Microsoft Edge ini, maka kamu bisa menonaktifkannya. Berikut adalah langkah – langkah yang perlu kamu lakukan:

  1. Langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah membuka Windows Explorer
  2. Setelah masuk ke laman Windows Explorer, bukalah folder C:Windows/SystemApps. Maka kamu akan menemukan daftar folder di dalamnya. Carilah folder dengan nama Microsof.MicrosoftEdge_Swekyb3d8bbwe. 
  3. Klik kanan pada folder yang sudah kamu temukan tersebut dan klik rename pada opsi yang muncul
  4. Sekarang kamu bisa mengubah nama folder tersebut dengan nama apa saja sesuai dengan keinginanmu 
  5. Jika kamu tidak dapat me-rename folder tersebut, maka bukalah menu Task Manager dan carilah program Microsoft Edge. Klik kanan pada program tersebut dan pilih opsi End Task

Cara uninstall program Microsoft Edge melalui CMD

Cara lain yang bisa kamu lakukan untuk uninstall Microsoft Edge adalah melalui perintah CMD. Cara ini bisa dilakukan bagi pengguna Windows 10. Proses ini membutuhkan versi Microsoft Edge yang kamu gunakan agar bisa melakukan uninstall. Jadi kamu harus mengetahui versinya dulu ya. Berikut adalah langkah – langkah uninstall Microsoft Edge melalui CMD:

  1. Bukalah jendela CMD melalui kolom pencarian di task bar dan pilih opsi Run as administrator
  2. Langkah kedua masukkan perintah C:\Program Files x6)\Microsoft\Edge\Application(versi Microsoft Edge)\Installer dan tekan tombol enter
  3. Masukkan lagi perintah setup.exe—uninstall—system-level—verbose—logging –force-uninstall dan tekan lagi tombol enter

Salam teknologi! Nah begitulah caranya menonaktifkan dan juga melakukan uninstall pada program Microsoft Edge. Kamu juga bisa menghapus Microsoft Edge ini melalui menggunakan Windows Powershell. Tampilan menu Powershell mirip dengan Command Prompt. Semoga berguna yaa guys.

READ  Cara Memasang dan Menggunakan Emulator PS2 yang Ringan di Laptop dan PC

Leave A Reply

Your email address will not be published.