Cara Ampuh Memperbaiki File Video yang Tidak Bisa Dibuka di Android

Apalagi video tersebut sangat penting dan berkaitan dengan presentasimu sebagai salah satu tugas kuliah atau malah bahan untuk menggaet investor di bisnismu. Namun malah tidak bisa dibuka begitu proses pengunduhan ini selesai kamu lakukan. Kamu tidak perlu khawatir guys karena video yang tidak bisa diputar di Android ini bisa diperbaiki kok. Yuk simak ulasan berikut ini!

0

Bahkan sekarang banyak juga orang yang mempunyai profesi sebagai video kreator. Katakanlah Youtuber yang mendapatkan uang pun dari adsense video ayng diupload. Pernahkah kamu mengalami kejadian dimana suadh susah – sudah mengunduh suatu video, resolusinya tinggi namun pas dibuka di Androidmu malah tidak bisa diputar? Masalah video yang tidak bisa dibuka atau diputar pada Android disebabkan oleh berbagai faktor. Tentunya kamu akan merasa kesal sekali ketika sudah lama menunggu proses pengunduhan video ini.

Video adalah salah satu bentuk konten untuk menyalurkan informasi yang banyak beredar saat ini. Ada banyak sekali platform yang menyediakan informasi dalam bentuk video. Bahkan sekarang banyak juga orang yang mempunyai profesi sebagai video kreator. Katakanlah Youtuber yang mendapatkan uang pun dari adsense video ayng diupload.

Pernahkah kamu mengalami kejadian dimana suadh susah – sudah mengunduh suatu video, resolusinya tinggi namun pas dibuka di Androidmu malah tidak bisa diputar? Masalah video yang tidak bisa dibuka atau diputar pada Android disebabkan oleh berbagai faktor. Tentunya kamu akan merasa kesal sekali ketika sudah lama menunggu proses pengunduhan video ini.

Apalagi video tersebut sangat penting dan berkaitan dengan presentasimu sebagai salah satu tugas kuliah atau malah bahan untuk menggaet investor di bisnismu. Namun malah tidak bisa dibuka begitu proses pengunduhan ini selesai kamu lakukan. Kamu tidak perlu khawatir guys karena video yang tidak bisa diputar di Android ini bisa diperbaiki kok. Yuk simak ulasan berikut ini!

Penyebab video tidak bisa diputar

Sebelum membahas solusi video yang tidak bisa diputar, sangat penting mengetahui penyebab dari kenapa video ini tidak bisa diputar guys. Berikut adalah beberapa penyebabnya:

  1. File video didapatkan dari sumber yang ilegal atau tidak resmi, sehingga berpotensi membawa virus dan membuat file menjadi rusak.
  2. Format dari file video tidak sesuai dengan perangkat karena formatnya suadh terkonversi dan juga terjadi kostumisasi codec.
  3. Kapasitas RAM Android terlalu penuh, sehingga pemutaran video tidak dapat dilakukan.

Cara memperbaiki video yang rusak

Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk memperbaiki video yang rusak atau tidak bisa diputar di Android ini guys. Daripada kamu harus mengunduh ulang video tersebut dan menghabiskan kuota lagi kamu bisa mengatasi dulu masalahnya. Berikut adalah hal – hal yang bisa kamu lakukan:

Melakukan scan pada kondisi video

Cara pertama yang perlu kamu lakukan pada video yang rusak adalah melakukan scan pada video tersebut. Scan ini bertujuan untuk mendeteksi apakah ada virus atau tidak. Supaya virus yang terdapat di video tersebut tidak menyerang file sistem pada Androidmu guys. Kamu bisa melakukan scan dan pembersihan virus pada file video ini menggunakan aplikasi antivirus ya.

Membersihkan memori internal

Cara selanjutnya yang bisa kamu lakukan mengatasi masalah video yang tidak bisa diputar adalah dengan membersihkan memori internal pada ponselmu. Soalnya memori internal yang penuh membuat Androidmu tidak bisa memutar video ini guys. Jadi penting sekali membersihkan memori internal secara berkala yaa. Kamu bisa menghapus file sampah dan juga chace yang sudah tidak berguna di ponselmu.

Mengubah format video

Format video yang tidak kompatibel dengan perangkatmu akan membuat video tidak bisa dibuka guys. Nah hal ini bisa kamu atasi dengan cara mengubah format video tersebut. Format ayng jarang bisa diputar adalah .MKV dan juga .WMV. Sebaiknya kamu mengubah format videomu jika diantara dua itu yaa.

Salam teknologi! Nah begitulah caranya mengatasi video yang tidak bisa dibuka atau diputar di Android yaa guys. Jadi jangan keburu panik dulu dan main unduh ulang aja yaa. Pelajari dulu penyebab dan cara mengatasinya. Semoga berhasil.

Leave A Reply

Your email address will not be published.