Cara Ampuh Memperbaiki Hardisk Bad Sector, Data Tetap Aman!

Bad sector adalah istilah dimana satu sektor di dalam hardisk mengalami kerusakan dimana tidak ada respon untuk perintah read ataupun write dari komputer. Oleh karena itu kamu harus mengetahui bagaimana cara mengatasi hardisk yang mengalami bad sector jika ingin datamu yang terdapat di dalamnya tetap aman. Yuk simak cara mengatasi hardisk yang mengalami bad sector berikut ini!

0

Hardisk tersedia dalam kapasitas besar, sehingga kamu bisa menyimpan data dengan ukuran yang besar di dalamnya. Meskipun demikian terkadang hardisk yang kamu gunakan perlu diformat untuk menghapus sisa – sisa dari software supaya kinerjanya tetap bagus guys.Salah satu permasalahan yang bisa terjadi pada hardisk adalah bad sector yang dapat membuat data – data yang disimpan di dalam hardisk menjadi hilang guys.

Hardisk pasti sudah tidak asing di telingamu jika kamu sering menggunakan laptop dan PC. Salah satu komponen penting dari PC atau laptop yang berfungsi utnuk menyimpan semua data – datamu. Hardisk tersedia dalam kapasitas besar, sehingga kamu bisa menyimpan data dengan ukuran yang besar di dalamnya.

Meskipun demikian terkadang hardisk yang kamu gunakan perlu diformat untuk menghapus sisa – sisa dari software supaya kinerjanya tetap bagus guys.Salah satu permasalahan yang bisa terjadi pada hardisk adalah bad sector yang dapat membuat data – data yang disimpan di dalam hardisk menjadi hilang guys.

Bad sector adalah istilah dimana satu sektor di dalam hardisk mengalami kerusakan dimana tidak ada respon untuk perintah read ataupun write dari komputer. Oleh karena itu kamu harus mengetahui bagaimana cara mengatasi hardisk yang mengalami bad sector jika ingin datamu yang terdapat di dalamnya tetap aman. Yuk simak cara mengatasi hardisk yang mengalami bad sector berikut ini!

Cara memeriksa bad sector pada hardisk menggunakan EaseUS

Bad Sector dikategorikan menjadi soft dan hard guys. Soft bad sector adalah jika kamu bisa melakukan pemeriksaan, sementara kategori hard ketiga kamu tidak bisa melakukan pemeriksaan terhadap bad sector pada hardiskmu guys. Kamu bisa mengecek kategori ini menggunakan EaseUS Partition Master Free Edition yang bisa digunakan pada Windows guys. Berikut adalah langkah – langkah yang perlu kamu lakukan:

  1. Unduh dan pasanglah EaseUS Partition Master Free Edition di laptop atau PC yang kamu gunakan. Caranya dengan mengakses link https://www.easeus.com/partition-manager/epm-free.html.
  2. Bukalah aplikasi tersebut dan klik kanan pada disk yang ingin kamu periksa, dan pilihlah opsi Surface test.
  3. Proses pemeriksaan akan berjalan dengan otomatis. Bad sector akan ditandai dengan tanda merah. Lamanya proses ini tergantung pada jumlah bad sector guys.

Cara memperbaiki hardisk bad sector

Hardiskmu dianggap tidak bisa digunakan jika memang ditemukan bad sector guys. Pasalnya datamu bisa hilang dan kapasitas hardisk pun bisa berkurang. Sebaiknya kamu melakukan backup data. Namun tidak perlu khawatir karena kamu bisa memperbaikinya kok guys. Berikut adalah langkah – langkah memperbaiki soft bad sector:

  1. Lakukan back up semua data yang ada di hardiskmu tersebut
  2. Bukalah CMD dengan mengetikkan pada kolom pencarian Windows dan jalankan perintah CHKDSK 
  3. Klik pada opsi Run as administrator
  4. Perbaiki bagian bad sector dengan mengetikkan chkdsk e: /f /r /x, lalu tekan tombol enter. Ganti huruf e sesuai dengan nama hardisk yang kamu periksa.
  5. Sekarang lakukan format pada hardisk. Bukalah file explorer dan klik kanan pada hard drive yang ingin kamu perbaiki dan tekan opsi format.
  6. Aturlah file system sebagai NTFS dan centang pada kolom Quick Format, lalu tekan tombol Start.
  7. Selesai deh! Sekarang kamu bisa menggunakannya lagi.

Hardisk yang mengalami hard bad sector bisa kamu perbaiki dengan melakukan low-level format atau melakukan format fisik guys. Sayangnya tidak bisa dilakukan pada PC biasa. Risikonya juga fatal dimana bisa rusak secara permanen.

Salam teknologi! Nah begitulah caranya memperbaiki hardisk yang mengalami bad sector baik soft atauun hard. Jangan lupa melakukan backup data sebelum memperbaikinya yaa guys. Semoga bisa pulih dan bisa digunakan kembali ya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.