Cara Ampuh Memperbaiki Hardisk Eksternal yang Tidak Terbaca

Tentu hal ini akan menjadi masalah besar mengingat data – data yang kamu simpan di dalamnya. namun kamu tak perlu panik dulu guys. Ada beberapa cara yang bisa kamu gunakan untuk mengatasi hal ini. Yuk simak cara mengatasi hardisk eksternal yang tidak terbaca berikut ini!

0

Apalagi jika penyimpanan pada laptop atau PC yang digunakan tergolong kecil, maka penggunaan hardisk eksternal menjadi pilihan yang bagus. Tentu hardisk eksternal ini akan menjadi penyelamat bagi data – datamu yang tidak memiliki rumah tempat berdiam.  Tidak sedikit penggun hardisk eksternal ini mengeluhkan permasalahan dimana hardisk yang mereka gunakan ini tidak terbaca pada PC atau laptop.

Penggunaan hardisk ekternal di zaman sekarang ini bukan menjadi hal yang mewah lagi. Pasalnya ada banyak sekali data yang harus disimpan dalam jangka waktu lama yang memiliki ukuran besar. Apalagi jika penyimpanan pada laptop atau PC yang digunakan tergolong kecil, maka penggunaan hardisk eksternal menjadi pilihan yang bagus. Tentu hardisk eksternal ini akan menjadi penyelamat bagi data – datamu yang tidak memiliki rumah tempat berdiam. 

Tidak sedikit penggun hardisk eksternal ini mengeluhkan permasalahan dimana hardisk yang mereka gunakan ini tidak terbaca pada PC atau laptop. Tentu hal ini akan menjadi masalah besar mengingat data – data yang kamu simpan di dalamnya. namun kamu tak perlu panik dulu guys. Ada beberapa cara yang bisa kamu gunakan untuk mengatasi hal ini. Yuk simak cara mengatasi hardisk eksternal yang tidak terbaca berikut ini!

  • Menghubungkan hardisk ke port USB lainnya

Cara paling mudah mengatasi hardisk yang tidak terbaca adalah dengan memindahkannya ke port USB lainnya guys. Kasus hardisk yang tidak terbaca ini terkadang disebabkan oleh port yang kamu gunakan tersebut bermasalah, sehingga tidak bisa membaca data. Jadi cara pertama yang perlu kamu lakukan adalah dengan mencoloknya ke port USB lainnya yaa. Jika tidak bisa, baru deh beralih ke cara berikutnya.

  • Mengganti kabel USB atau case Hardisk

Hardisk eksternal milikmu masih tidak terbaca padahal port USB di laptop atau PC milikmu baik – baik saja? Bisa jadi permasalahannya datang dari kabel USB atau case hardisk yang digunakan guys. Cobalah menggunakan kabel USB yang lain dari casing hardisk yang kamu gunakan saat ini. Ohya perlu diketahui bahwa casing hardisk juga mempunyai peran yang penting loh. Soalnya ada port SATA sekaligus konverter yang berfungsi untuk mengubahnya menjadi USB. Kamu juga bisa mengganti casing hardisk untuk mengatasi hal ini ya. 

  • Mengupdate driver hardisk

Cara selanjutnya yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi hardisk yang tidak terbaca ini adalah dengan melakukan update driver dari hardisk. Masalah driver juga bisa menjadi penyebab utama hardisk menjadi tidak terbaca. Caranya adalah dengan membuka Device Manager di laptopmu, lalu carilah hardisk milikmu dengan menekan ikon panah pada sebelah menu Disk Drive. Klik kanan pada hardisk milikmu, lalu klik Update Driver. Setelah itu, klik menu browse my computer for driver software. Pilihlah menu Let me pick from a list of available driver in my computer dan tekanlah tombol next sampai selesai.

  • Mengganti letter pada hardisk

Letter hardisk adalah huruf kapital yang muncul pada samping nama hardisk. Beberapa kasus menunjukkan bahwa Letter etrsebut tidak muncul, sehingga menyebabkan perangkat hardisk tidak terbaca sama sekali. Cara mengatasinya adalah dengan membuka Disk Management, lalu klik kanan pada hardisk ekternal milikmu dan pilihlah menu Changer Drive Letter and Paths. Setelah itu, pilihlah opsi Add atau Change dan ikuti petunjuk yang diberikan. Lakukan sampai selesai. Sekarang cek lagi apakah hardisk milikmu sudah terbaca atau belum guys. 

Salam teknologi! Nah begitulah caranya mengatasi hardisk eksternal yang tidak terbaca pada saat kamu menghubungkannya dengan laptop atau PC yaa guys. Mudah sekali kan caranya. Ohya sebaiknya kamu melakukan cara tersebut berurutan untuk mendapatkan hasil yang optimal yaa. Semoga berhasil yaa guys.

Leave A Reply

Your email address will not be published.