Cara Ampuh Memperbaiki Jaringan 4G yang Tidak Stabil

Salah satu cara menjaga sinyal 4G tetap stabil adalah menggunakan kartu SIM sesuai tempat tinggal guys. Soalnya setiap provider mempunyai jangkauan jaringan tertentu guys. Namun jika sinyal 4G yang kamu gunakan terlanjur tidak stabil, ada kok cara mengatasinya.  Jadi kalau kamu sedang mengalami gangguan pada jaringan internet 4G yang sedang kamu gunakan, jangan keburu panik dan bingung dulu yaa guys. Yuk simak cara mengatasinya berikut ini!

0

Standar yang digunakan di Indonesia adalah LTE sejak taun 2013 lalu, walaupun belum tersedia sepenuhnya di Indonesia sampai sekarang. Terkadang sinyal 4G yang ada di ponsel kita tidak stabil dan suka berubah – ubah menjadi 3G. Hal ini disebabkan oleh berbagai faktor, mulai dari wilayah tempat kamu berada, permasalahan pada provider dan sebagainya. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menjaga jaringan 4G di ponselmu tetap stabil.

Jaringan 4G memiliki dua standar yang tersedia di dunia saat ini, yaitu standar WiMax dan standar Long Term Evolutionatau disingkat menjadi LTE. Standar yang digunakan di Indonesia adalah LTE sejak taun 2013 lalu, walaupun belum tersedia sepenuhnya di Indonesia sampai sekarang. Terkadang sinyal 4G yang ada di ponsel kita tidak stabil dan suka berubah – ubah menjadi 3G.

Hal ini disebabkan oleh berbagai faktor, mulai dari wilayah tempat kamu berada, permasalahan pada provider dan sebagainya. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menjaga jaringan 4G di ponselmu tetap stabil. Salah satu cara menjaga sinyal 4G tetap stabil adalah menggunakan kartu SIM sesuai tempat tinggal guys.

Soalnya setiap provider mempunyai jangkauan jaringan tertentu guys. Namun jika sinyal 4G yang kamu gunakan terlanjur tidak stabil, ada kok cara mengatasinya.  Jadi kalau kamu sedang mengalami gangguan pada jaringan internet 4G yang sedang kamu gunakan, jangan keburu panik dan bingung dulu yaa guys. Yuk simak cara mengatasinya berikut ini!

Mengaktifkan mode pesawat sementara waktu

Mode pesawat adalah fitur yang jarang sekali digunakan. Tahukah kamu bahwa fitur ini bisa dimanfaatkan untuk fungsi lain loh, yaitu untuk menyegarkan jaringan internet. Mode pesawat ini akan membuat semua sinyal pada ponselmu menjadi tidak aktif. Nah ketika mode ini dinonaktifkan lagi, maka ponselmu akan mendeteksi kembali sinyal yang ada dan memilih sinyal yang lebih stabil. Cara ini bsia juga digunakan untuk mengatasi sinyal 4G yang tidak stabil guys. Aktifkan mode pesawat selaam 15 – 20 detik, lalu nonaktifkan kembali. 

Melakukan restart pada ponsel

Restart adalah cara paling umum yang dilakukan untuk mengatasi sinyal 4G yang tidak stabil. Jaringan 4G yang tidak stabil bisa saja disebabkan oleh adanya bug di dalam sistem atau ada sistem yang gagal melakukan kinerjanya. Proses mematikan dan menghidupkan kembali ponsel ini akan membuat bug tersebut dihilangkan dan eksekusi kinerja sistam yang gagal bisa diatasi. Mudah sekali kan guys. 

Mengunci jaringan 4G supaya selalu stabil

Cara lain yang bisa kamu lakukan jika jaringan 4G sering tidak stabil dan mudah hilang adalah dengan menguncinya sebagai jaringan prioritas guys. Ada dua pengaturan yang bisa kamu lakukan pada ponselmu untuk mengunci jaringan 4G ini, melalui menu dial dan menu pengaturan. Cara mengunci jaringan 4G di menu Dial adalah dengan menelepon kombinasi angka *#*#4636#*#. 

Berikut adalah langkah – langkah yang perlu kamu lakukan:

  1. Bukalah menu settings yang terdapat pada ponselmu
  2. Bukalah menu kartu SIM yang terdapat pada laman pengaturan tersebut
  3. Pilih kartu SIM yang ingin kamu stabilkan jaringan 4G
  4. Pilihlah opsi Jaringan Seluler, maka kamu akan diberikan beberapa opsi jaringan yang bisa digunakan
  5. Pilihlah opsi LTE dari sekian banyak opsi jaringan yang diberikan di daftar tersebut.

Salam teknologi! Nah begitulah caranya mengatasi jaringan 4G yang tidak stabil di ponselmu yaa guys. Mungkin ada salah satu dari cara diatas yang bisa mengatasi jaringan 4G yang tidak stabil di ponselmu. Kamu juga bisa mencoba cara lainnya yaa. Bisa jadi juga permasalahan terletak pada casing ponselmu yang menghalangi proses penangkapan sinyal 4G tersebut. Coba saja lepas casing ponselmu. Semoga berhasil.

READ  Cara Mudah Transfer Saldo dari OVO ke Dana dan Sebaliknya

Leave A Reply

Your email address will not be published.