Cara Ampuh Memperbaiki Keyboard Laptop yang Tidak Berfungsi

Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi keyboard laptop yang tidak berfungsi dengan baik ini loh. Yap! Kamu bahkan tidak perlu membawanya ke tukang servis segala. Pasti kamu penasaran kan bagaimana caranya mengatasi permasalahan pada keyboard laptop ini? Yuk simak cara yang bisa kamu lakukan berikut ini!

0

Apakah kamu pernah mengalami masalah dimana keyboard laptop milikmu tidak berfungsi dan tidak bisa digunakan? Pastinya kamu akan kebingungan dan merasa jengkel kan. Masalah keyboard laptop yang tidak berfungsi dengan normal sebenarnya sering terjadi di beberapa pengguna. Namun kamu tak perlu khawatir jika mengalami masalah ini guys.

Keyboard laptop yang tidak bisa berfungsi tentu menjadi masalah tersendiri dan bisa menghambat berbagai aktivitas yang biasa dilakukan. Pengguna laptop tersebut akan kesulitan mengetik yang berujung pada tidak dapat melakukan apa – apa di laptop miliknya. Apakah kamu pernah mengalami masalah dimana keyboard laptop milikmu tidak berfungsi dan tidak bisa digunakan?

Pastinya kamu akan kebingungan dan merasa jengkel kan. Masalah keyboard laptop yang tidak berfungsi dengan normal sebenarnya sering terjadi di beberapa pengguna. Namun kamu tak perlu khawatir jika mengalami masalah ini guys.

Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi keyboard laptop yang tidak berfungsi dengan baik ini loh. Yap! Kamu bahkan tidak perlu membawanya ke tukang servis segala. Pasti kamu penasaran kan bagaimana caranya mengatasi permasalahan pada keyboard laptop ini? Yuk simak cara yang bisa kamu lakukan berikut ini!

Memastikan bentuk kerusakan pada keyboard

Keyboard laptop sebenarnya bisa rusak karena dua hal jika kamu menggunakan sistem operasi Windows 10, 8 dan 7. Dua penyebab mendasar kerusakan pada keyboard laptop adalah adanya masalah di hardware dan software. Nah untuk mengatasinya, kamu perlu memastikan dulu penyebab kerusakan keyboard laptop tersebut guys. Kamu bisa memastikannya dengan mengakses BIOS pada laptopmu. Jika kamu bisa masuk dan menggunakan keyboard, maka bisa jadi kerusakan berada pada sofware.

Membersihkan keyboard dari debu

Penyebab lain tombol keyboard laptop tidak berfungsi dengan normal adalah adanya penumpukan debu pada tombol – tombol di keyboard. Hal ini bisa dilihat jika hanya ada beberapa saja tombol yang tidak berfungsi dengan baik, sementara tombol lainnya masih bisa digunakan. Sebaiknya kamu mematikan dulu laptop sebelum membersihkannya. Setelah itu miringkan laptop dengan sudut 75 sampai 90 derajat. Goyangkan laptop untuk selama dimiringkan dan bersihkan bagian bawah menggunakan selotip.

Melakukan restart pada laptop

Masalah keyboard laptop yang tidak berfungsi dengan normal lainnya adalah masalah pada driver atau software. Masalah ini bisa diatasi dengan cara melakukan restart pada laptopmu. Terkadang eror pada software disebabkan oleh perangkat keras yang sedang terhubung pada laptopmu tidak berfungsi dengan normal.

Melakukan restore Windows

Restore Windows dapat mengatasi keyboard laptop yang tidak berfungsi jika keyboard ini berhenti bekerja setelah kamu melakukan install aplikasi baru atau mengubah beberapa pengaturan. Nah kamu bisa mengatasi hal ini dengan cara melakukan restore Windows guys. Cara ini akan mengembalikan sistem ke kondisi sebelum laptop mengalami eror. Jika ternyata penyebab keyboard laptop tidak berfungsi adalah software, maka kamu bisa mengatasinya dengan cara ini.

Memperbaiki driver keyboard

Driver keyboard yang bermasalah tentu akan membuat keyboard tidak dapat berfungsi sebagaimana mestinya. Bisa jadi driver keyboard yang kamu gunakan sudah outdated. Nah kami bisa mengatasinya melalui Device Manager. Caranya dengan membuka Device Manager, lalu pilih driver keyboard dan klik ikon collapse yang ada di sampingnya. Klik opsi update driver software jika ada ikon tanda seru di menu driver tersebut. Ikuti saja perintah yang diberikan dan selesai.

Salam teknologi! Nah begitulah caranya mengatasi keyboard laptop yang tidak berfungsi dengan normal yaa guys. Caranya mudah sekali kan. Tinggal pilih saja cara yang sesuai dengan penyebab masalahnya yaa.

Leave A Reply

Your email address will not be published.