Cara Ampuh Memperbaiki Layar Sentuh Smartphone yang Tidak Berfungsi

Layar sentuh adalah komponen yang sangat penting pada smartphone. Pasalnya kamu tidak akan bisa mengoperasikan ponsel pintarmu jika ada gangguan atau kerusakan yang terjadi pada layar sentuh ini. Bahkan harga yang harus kamu keluarkan untuk mengganti layar sentuh ini sangat mahal loh guys. bisa sampai lebih dari setengah harga ponselmu saat dibeli baru.

0

Tentu saja kamu akan panik jika layar sentuh pada ponselmu bermasalah dan tidak bisa digunakan. Apakah layar sentuh pada ponselmu sedang mengalami masalah dan tidak bisa digunakan? Kamu tidak sendiri guys. Soalnya masalah pada layar sentuh ponsel ini emmang sering terjadi pada berbagai smartphone. Terkadang masalah ini muncul tiba – tiba yang membuat penggunanya panik. Layar setuh pada smartphone rawan sekali retak dan bahkan bisa pecah jika tidak digunakan dengan hati – hati.

Layar sentuh adalah komponen yang sangat penting pada smartphone. Pasalnya kamu tidak akan bisa mengoperasikan ponsel pintarmu jika ada gangguan atau kerusakan yang terjadi pada layar sentuh ini. Bahkan harga yang harus kamu keluarkan untuk mengganti layar sentuh ini sangat mahal loh guys. bisa sampai lebih dari setengah harga ponselmu saat dibeli baru.

Tentu saja kamu akan panik jika layar sentuh pada ponselmu bermasalah dan tidak bisa digunakan. Apakah layar sentuh pada ponselmu sedang mengalami masalah dan tidak bisa digunakan? Kamu tidak sendiri guys. Soalnya masalah pada layar sentuh ponsel ini emmang sering terjadi pada berbagai smartphone.

Terkadang masalah ini muncul tiba – tiba yang membuat penggunanya panik. Layar setuh pada smartphone rawan sekali retak dan bahkan bisa pecah jika tidak digunakan dengan hati – hati. Namun kamu tak perlu panik karena ada beberapa solusi yang bisa kamu terapkan pada masalah layar sentuh ini guys. Yuk simak cara yang bisa kamu lakukan berikut ini!

Membersihkan layar ponsel

Membersihkan layar ponsel memang terdengar sepele dan sering diabaikan oleh para pengguna smartphone. Padahal kotoran dan minyak yang menumpuk pada ponsel dan tidak dibersihkan dapat membuat layar ponsel tidak memberikan respon dengan tepat loh guys. Walaupun kamu sudah menggeser dan menyentuhnya berulang kali. Sebaiknya kamu membersihkan layar ponsel secara rutin menggunakan tisu ataupun kain yang lembut yang sedikit basah.

Menekan layar ponsel

Cara yang satu ini cukup efektif untuk mengatasi layar sentuh ponsel yang tidak berfungsi. Menekan layar ponsel akan membuat bagian layar yang longgar menjadi kencang kembali. Kamu tidak memerlukan alat apapun dalam melakukan hal ini dimana kamu hanya perlu menekan layar ponselmu menggunakan tangan guys. tekan layar ponselmu dengan hati – hati menggunakan ibu jari di bagian yang tidak berfungsi. Sementara bagian belakang casing ponsel ditekan menggunakan telunjuk

Membersihkan pemakaian RAM

Kapasitas RAM yang terlalu penuh akan mempengaruhi sistem ponsel dan kinerjanya. Misalnya saja layar ponselmu bisa menjadi hitam karena RAM terlalu penuh. Kamu bisa mengatasi hal ini dengan menutup beberapa aplikasi yang sedang berjalan pada background jika kamu merasa kurang penting. Bahkan kamu bisa melakukan uninstall jika aplikasi tersebut tidak terlalu dibutuhkan. Kamu bisa menggunakan aplikasi pembersih RAM untuk melakukan hal ini seperti Nox Cleaner, CCleaner ataupun Clean Master.

Mematikan ponsel sementara waktu

Solusi ini perlu kamu lakukan jika layar masih belum responsif ketika kamu sudah menutup beberapa aplikasi. Mematikan ponsel beberapa saat berfungsi untuk menurunkan suhu ponselmu jika mengalami panas yang berlebihan. Soalnya beberapa masalah layar yang menjadi tidak responsif disebabkan karena suhunya yang terlalu tinggi. 

Mengganti layar sentuh ponsel

Solusi terakhir jika layar ponselmu tetap tidak kembali normal adalah menggantinya dengan yang abru guys. Apalagi jika kerusakannya sudah cukup parah, seperti terlalu banyak bagian yang retak atau layar tersebut sudah pecah. Tentu saja harganya memang termasuk mahal bahkan bisa sampai jutaan rupiah, tergantung merk dan tipe ponselmu.

Salam teknologi! Nah itulah 5 solusi yang bisa kamu terapkan untuk mengatasi layar ponsel yang bermasalah yaa guys. Sebaiknya kamu membawa ponselmu ke service center resmi jika masih memiliki garansi untuk mendapatkan hasil yang lebih optimal. Kamu juga tak perlu bingung sendiri untuk menerka – nerka penyebab masalah dan solusi mengatasinya.

READ  Cara Mudah Membuat Android Menjadi CCTV

Leave A Reply

Your email address will not be published.