Cara Ampuh Mengatasi File Explorer yang tidak Responding

Walaupun memang ada beberapa penyebab yang membuat File Explorer ini tidak dapat merespon perintah, membeku ataupun tidak membuka sama sekali. Lalu bagaimana sih caranya mengatasinya masalah ini? Yuk simak ulasan berikut ini guys! File Explorer bisa menjadi eror atau tidak berjalan dengan semestinya karena adanya kemungkinan stuck pada riwayat File Explorer. Hal ini bisa kamu atasi dengan cara menghapus sejarah File Explorer guys. ada juga cara lain untuk mengatasi masalah ini. Berikut adalah cara yang bisa kamu lakukan.

0

Jadi File Explorer ini merupakan komponen penting yang sangat dibutuhkan pengguna untuk bisa melakukan berbagai hal di laptop dan juga PC. Tentu aja kalau ada masalah yang terjadi pada File Explorer ini akan membuat penggunanya kewalahan. Apakah laptop kamu pernah mengalami eror atau kondisi not responding? Tentu saja kamu akan panik jika hal ini terjadi. Pasalnya kamu tidak akan bisa mengakses berbagai file dan data yang kamu simpan di laptop atau PC milikmu tersebut. Sampai saat ini belum diketahui penyebab pasti dari masalah File Explorer yang not responding ini sebenarnya guys.

File Explorer atau disebut juga dengan Windows Explorer merupakan navigasi utama dari sistem yang memungkinkan pengguna untuk melihat, mengakses dan juga mengelola semua file yang ada di laptop dan PC. Jadi File Explorer ini merupakan komponen penting yang sangat dibutuhkan pengguna untuk bisa melakukan berbagai hal di laptop dan juga PC. Tentu aja kalau ada masalah yang terjadi pada File Explorer ini akan membuat penggunanya kewalahan.

Apakah laptop kamu pernah mengalami eror atau kondisi not responding? Tentu saja kamu akan panik jika hal ini terjadi. Pasalnya kamu tidak akan bisa mengakses berbagai file dan data yang kamu simpan di laptop atau PC milikmu tersebut. Sampai saat ini belum diketahui penyebab pasti dari masalah File Explorer yang not responding ini sebenarnya guys.

Walaupun memang ada beberapa penyebab yang membuat File Explorer ini tidak dapat merespon perintah, membeku ataupun tidak membuka sama sekali. Lalu bagaimana sih caranya mengatasinya masalah ini? Yuk simak ulasan berikut ini guys!

File Explorer bisa menjadi eror atau tidak berjalan dengan semestinya karena adanya kemungkinan stuck pada riwayat File Explorer. Hal ini bisa kamu atasi dengan cara menghapus sejarah File Explorer guys. ada juga cara lain untuk mengatasi masalah ini. Berikut adalah cara yang bisa kamu lakukan.

Cara mengatasi File Explorer not responding melalui Task Manager

Salah satu cara mengatasi masalah eror pada File Explorer yang paling cepat untuk dilakukan adalah melalui Task Manager. Berikut adalah langkah – langkah yang perlu kamu lakukan:

  1. Langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah membuka menu Task Manager dengan melakukan klik kanan pada taskbar dan memilih menu Task Manager.
  2. Sekarang pilih menu File Explorer dan klik pada opsi end task
  3. Lakukan restart pada File Explorer. Kamu akan membuat Windows untuk memulai proses File Explorer lagi dengan cara menekan file dan memilih opsi run new task.
  4. Ketikkan explorer.exe dan klik tombol OK. 
  5. Selesai deh! sekarang Windows akan memuat ulang kembali File Explorer untuk melalui langkah – langkah task manager tersebut guys.

Cara mengatasi File Explorer not responding melalui CMD

Cara lain yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi masalah File Explorer not responding adalah dengan memuat ulang dengan menggunakan perintah di CMD guys. Caranya pun tidak ribet untuk dilakukan. Berikut adalah langkah – langkah yang perlu kamu lakukan:

  1. Bukalah perintah CMD dengan cara menekan tombol Windows+R melalui keyboard laptop atau PC milikmu secara bersamaan
  2. Kotak dialog Run akan muncul, ketikkan cmd dan setelah itu tekan tombol Ctrl+Shift+Enter secara bersamaan untuk masuk ke dalam Command Prompt dengan izin administratif
  3. Masukkan perintah “taskkill / f / im explorer.exe” untuk menghentikan Windows Explorer dan tekanlah tombol enter untuk menjalankan perintah tersebut
  4. Masukkan lagi perintah “start.explorer.exe” untuk memulai ulang Windows Explorer pada kotak dialog hitam tersebut. Setelah itu tekan enter untuk menjalankan perintah tersebut.
  5. Sekarang tutup kolom Command Promt tersebut dan cobalah buka kembali File Explorer.

Salam teknologi! Nah begitulah caranya mengatasi masalah File Explorer yang not responding yaa guys. Kamu bisa memilih cara yang paling sesuai. Masih ada cara lain yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi File Explorer not responding melalui Batch File guys. Semoga berhasil yaa.

Leave A Reply

Your email address will not be published.