Cara Ampuh Mengatasi Layar Laptop yang Blank Hitam

Padahal sebenarnya cara memperbaiki masalah ini sangat mudah sekali guys. Tentu saja kamu harus tau dulu penyebabnya. Beberapa hal yang menyebabkan layar laptop menjadi blank adalah ada masalah pada RAM, corrupt pada BIOS, kerusakan pada VGA, kerusahakan kabel penghubung layar dan juga hardware. Lalu bagaimana sih cara mengatasi masalah ini? Yuk simak ulasan berikut ini guys!

0

Tenang guys, kamu tidak sendirian kok jika mengalami masalah yang satu ini. Layar laptop yang tiba – tiba menjadi hitam ini biasanya terjadi saat proses booting, yaitu saat proses masuk ke Windows. Padahal kipas, hardisk serta lampu indikator power laptop menyala. Tentu saja hal ini akan membuat penggunanya panik. Apalagi jika tidak ada penyebab pastinya. Kebanyakan pengguna akan segera membawa laptopnya ke tempat service jika mengalami masalah laptop blank ini.

Masalah layar laptop yang tiba – tiba menjadi blank hitam sepertinya sudah sering terjadi pada kebanyakan pengguna laptop. Tenang guys, kamu tidak sendirian kok jika mengalami masalah yang satu ini. Layar laptop yang tiba – tiba menjadi hitam ini biasanya terjadi saat proses booting, yaitu saat proses masuk ke Windows. Padahal kipas, hardisk serta lampu indikator power laptop menyala. Tentu saja hal ini akan membuat penggunanya panik. Apalagi jika tidak ada penyebab pastinya.

Kebanyakan pengguna akan segera membawa laptopnya ke tempat service jika mengalami masalah laptop blank ini. Padahal sebenarnya cara memperbaiki masalah ini sangat mudah sekali guys. Tentu saja kamu harus tau dulu penyebabnya. Beberapa hal yang menyebabkan layar laptop menjadi blank adalah ada masalah pada RAM, corrupt pada BIOS, kerusakan pada VGA, kerusahakan kabel penghubung layar dan juga hardware. Lalu bagaimana sih cara mengatasi masalah ini? Yuk simak ulasan berikut ini guys!

  • Mengecek layar laptop

Sumber masalah bisa dari layar jika ada bunyi mesin yang terdengar guys. Hubungkan laptopmu ke layar eksternal, misalnya komputer atau TV. Jika muncul gambar di layar eksternal, maka masalahnya terletak pada layar laptopmu. Jika tidak ada gambar yang muncul, maka masalahnya terletak pada VGA. Kamu bisa juga mengarahkan senter, jika ada tulisan maka masalahnya terletak pada lampu di layar laptop tersebut. 

  • Mengatur resolusi layar

Pengaturan resolusi layar diatas kemampuan laptop akan membuat layarnya blank. Maka masuklah ke safe mode untuk mengatasi masalah ini. Tekan tombol F8 hingga kamu masuk ke safe mode. Ganti resolusi layar dengan klik kanan, pilih Properties atau Display Settings. Kamu akan diberikan beberapa pilihan resolusi layar dari terkecil sampai terbesar. Pilih opsi resolusi yang Recommended dan lakukan restart pada laptopmu. 

  • Mengatur BIOS ke mode default

Kesahalan pada konfigurasi BIOS juga bisa membuat laptop menjadi blank. Masuk ke BIOS dengan menekan tombol F2, F8, F11 atau Delete ketika laptop nyala. Bukalah menu Exit, lalu pilih Load Defaults dan klik tombol OK. Klik Save and Change yaa. Cara lain yang bisa kamu lakukan adalah dengan melepas baterai dan memasang kembali setelah beberapa menit. Hal ini akan membuat konfigurasi BIOS kembali seperti semula ke mode default.

  • Masuk ke dalam registry editor

Cara lain mengatasi laptop blank adalah dengan masuk ke registry editor dengan menekan Ctrl+Alt+Del, lalu klik Start Task Manager. Pilih menu File dan klik Run. Klik regedit di menu selanjutnya dan tekan tombol OK. Masuk ke bagian registry editor dan cari folder dengan nama HKEY_CURRENT_USER, pilih folder software-Microsoft dan buka folder Windows. Masuk ke folder CurrentVersion dan pilih folder Explorer. Hapus file disana dan lakukan restart. 

  • Membersihkan RAM

Pembersihkan RAM perlu dilakukan jika ada beberapa pin yang kotor dan membuat kinerja laptop menjadi lambat. Caranya dengan melepas RAM dari slot di motherboard. Pastikan smeua perangkat di laptop sudah dicabut dulu. Buka bagian casing di belakang laptop dan lepaskan RAM. Bersihkan pakai kuas atau penghapus pensil lalu pasang kembali. 

Salam teknologi! Nah begitulah caranya mengatasi layar laptop yang tiba – tiba menjadi blank hitam yaa guys. Lakukan secara berurutan yaa. Kamu juga bisa mengganti layar laptop jika masalahnya terletak pada layar. Semoga berhasil.

Leave A Reply

Your email address will not be published.