Cara Ampuh Mengatasi Masalah Mobile Network Not Available di Android

Masalah ini sering sekali menggunakan pengguna Android. Mungkin kamu termasuk salah satunya guys. Pasalnya masalah yang satu ini membuat kamu tidak bisa melakukan komunikasi karena tidak terhubung dengan jaringan. Lalu bagaimanakah caranya mengatasi masalah yang satu ini? Yuk simak ulasan berikut selengkapnya guys!

0

Tentu saja hal tersebut bukanlah hal yang menyenangkan dan tak ada seorang pun dari pengguna smartphone menginginkan adanya masalah. Apalagi era digital ini membuat kamu wajib menggunakan yang namanya smartphone agar aktivitas bisa berjalan dengan optimal. Namun selalu saja ada masalah yang muncul. Salah satu permalahan umum yang dialami oleh para pengguna smartphone Android adalah Mobile Network Not Available atau disebut juga dengan galat pada jaringan.

Ada banyak sekali masalah yang dialami oleh para pengguna smartphone yang tentu saja menimbulkan ketidaknyamanan. Tentu saja hal tersebut bukanlah hal yang menyenangkan dan tak ada seorang pun dari pengguna smartphone menginginkan adanya masalah. Apalagi era digital ini membuat kamu wajib menggunakan yang namanya smartphone agar aktivitas bisa berjalan dengan optimal. Namun selalu saja ada masalah yang muncul.

Salah satu permalahan umum yang dialami oleh para pengguna smartphone Android adalah Mobile Network Not Available atau disebut juga dengan galat pada jaringan. Masalah ini sering sekali menggunakan pengguna Android. Mungkin kamu termasuk salah satunya guys. Pasalnya masalah yang satu ini membuat kamu tidak bisa melakukan komunikasi karena tidak terhubung dengan jaringan. Lalu bagaimanakah caranya mengatasi masalah yang satu ini? Yuk simak ulasan berikut selengkapnya guys!

  • Melakukan reboot pada Android

Solusi pertama yang paling mudah dan praktis dilakukan adalah dengan melakukan reboot pada Androidmu. Proses reboot ini akan membuat semua aplikasi yang berjalan pada sistem dan di latar belakang dimuat ulang dan kembali ke settingan yang sudah ada sebelumnya. Proses reboot atau yang kita kenal dengan restart ini sering dilakukan ketika ponsel yang digunakan tidak merespon perintah yang diberikan dengan normal atau berada di kondisi hang. Kamu hanya perlu menekan dan menahan tombol power, lalu memilih opsi restart yang muncul.

  • Melepaskan dan memasang kembali kartu SIM

Solusi berikutnya yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi galat jaringan adalah dengan melepas kartu SIM yang kamu gunakan, lalu memasangnya kembali. Cara yang satu ini tergolong cara yang mudah, praktis dan cepat untuk dilakukan. memang terdengan klise, namun cara ini sangat berguna dalam beberapa kasus Mobile Network Not Available loh guys.

  • Mematikan data roaming

Data roaming pasti sudah tidak asing lagi jika kamu sering melakukan perjalanan ke luar negeri. Ternyata data roaming yang aktif juga bisa menyebabkan masalah Mobile Network Not Available loh guys. Kamu bisa menonaktifkannya dengan cara membuka menu settings, lalu pilihlah menu SIM Cards & Mobile Network. Pilihlah opsi Data Roaming lalu nonaktifkan fitur tersebut dengan menggeser toggle yang terdapat di sebelahnya guys. 

  • Menggunakan kombinasi kode tertentu

Kamu juga bisa mengecek sinyal radio jaringanmu dengan cara menekan kode tertentu pada aplikasi telepon. Bukalah aplikasi telepon di ponselmu, lalu tekankan kombinasi kode *#*4636#*#*. Kamu akan masuk ke halaman testing, lalu pilihlah kartu SIM yang mengalami masalah tersebut. Kemudiakn pilih opsi Run ping test. Pilihlah opsi GSM Auto PRL) pada bagian set preferred network type jika hasil Run ping test adalah pass. Matikan opsi Mobile Radio Power di bagian bawah, lalu restart ponselmu guys.

  • Melakukan update software

Cara lain yang bisa dilakukan untuk mengatasi galat jaringan adalah dengan melakukan update aplikasi yang kamu gunakan guys. Hal ini akan menyebabkan masalah bug di ponselmu akan diatasi. Bug yang menyebabkan masalah Mobile Network Not Available pun akan disingkirkan, sehingga ponselmu akan normal kembali.

Salam teknologi! Nah, begitulah caranya mengatasi masalah Mobile Network Not Available pada ponselmu yaa guys. Mudah sekali kan caranya. Lakukan cara tersebut secara berurutan yaa, supaya mendapatkan hasil yang maksimal. Semoga berhasil yaa guys.

READ  5 Tips Menjadi Seorang Blogger yang Sukses dan Punya Penghasilan

Leave A Reply

Your email address will not be published.