Cara Ampuh Mengembalikan File yang Terhapus di Android

0

Hello guys!

Smartphone kini sudah menjadi salah satu tempat penyimpanan yang berharga, yaitu tempat menyimpan file penting milikmu. Mulai dari foto, video dan juga dokumen penting lainnya. Sayangnya file yang tersimpan di smartphone ini bisa saja terhapus secara tidak sengaja karena kelalaian pribadi maupun kesalahan pada sistem. Pasti kamu akan merasa kesal sekali jika hal ini terjadi dan kamu kehilangan file yang sangat penting bagimu. 

Kamu tak perlu khawatir berlebihan terlebih dahulu ya guys. Ternyata file yang terhapus di smartphone Android bisa kamu kembalikan lagi loh, baik foto maupun video berhargamu. Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengembalikan file yang terhapus secara permanen dari Android Kamu. Yuk simak cara mengembalikan file terhapus di Android berikut ini!

Cara mengembalikan file terhapus menggunakan Recuva File Recovery

Cara yang pertama ini membutuhkan aplikasi pihak ketiga, yaitu Recuva File Recovery. Proses pengunduhan dan instalasi software ini mudah dan tidak terlalu lama kok guys. Pasti kamu sudah penasaran banget kan bagaimana cara mengembalikan file yang sudah terhapus secara permanen di Android. Langsung saja simak cara yang satu ini ya guys. Berikut adalah langkah – langkah yang harus kamu lakukan:

  1. Download dan pasanglah aplikasi Recuva File Recovery di Android Kamu. Setelah itu, sambungkan Android dengan komputer menggunakan kabel USB.
  2. Pilihlah jenis file yang ingin kamu kembalikan ke Androidmu. Kamu bisa juga memilih All Files jika ingin mengembalikan semua jenis file yang terhapus.
  3. Pilihlah tempat penyimpanan terakhir file sebelum hilang atau terhapus tersebut. Klik OK untuk memulai proses pencarian setelah kamu menentukan tempat penyimpanannya. 
  4. Aplikasi ini akan melakukan proses pemindaian dan mencari file kamu yang terhapus. Tunggu beberapa saat sampai proses ini selesai dan daftar file yang terhapus pun akan ditampilkan. 
  5. Simpan kembali file yang terhapus tersebut dan taraaa! kamu berhasil mendapatkannya kembali.

Cara mengembalikan file yang terhapus menggunakan MobiKin Doctor

Cara kedua yang bisa kamu gunakan untuk mengembalikan file yang terhapus secara permanen di Android Kamu adalah dengan memanfaatkan aplikasi software lainnya yang bernama MobiKin Doctor. Pasti kamu penasaran kan sama caranya lebih simpel mana dibandingkan dengan cara yang diatas. Berikut adalah langkah – langkah yang perlu kamu lakukan:

  1. Download dan install software MobiKin Doctor di komputer atau laptop yang akan kamu gunakan. 
  2. Sambungkan Android ke komputer atau laptop tadi menggunakan kabel USB. Setelah itu, aktifkanlah mode USB Debugging pada Android Kamu, sehingga akan muncul jendela baru
  3. Pilihlah file jenis apa yang ingin kamu kembalikan, misalnya foto, video ataupun dokumen. Setelah itu klik opsi Recovery untuk memulai proses pengembaliannya. 
  4. Tunggu beberapa saat sampai proses pengembalian tersebut selesai dan file yang tadinya terhapus secara permanen di Android Kamu akan kembali. 
  5. Selesai deh! mudah sekali kan caranya dan proses pengembaliannya pun sangat cepat loh guys.

Baca Juga : .

  1. Tips Backup Data Android
  2. Cara Mengembalikan Akun Free Fire yang Sudah Hilang
  3. Cara Mengembalikan Instragram yang diHack
  4. Mengembalikan Chat Watsapp Yang Terhapus sebelum Backup

Nah, begitulah caranya mengembalikan file yang sudah terhapus secara permanen di Androidmu. Cara yang pertama memungkinkanmu untuk mengembalikan file tertentu saja. Tapi cara kedua akan mengembalikan file dalam satu kategori. Caranya sangatlah simpel dan mudah, prosesnya pun cepat. File yang kamu kembalikan pun dijamin aman dan tidak rusak sama sekali loh guys. Nah sekarang kamu tak perlu gusar lagi ya jika ada file penting di Android Kamu yang terhapus secara tidak sengaja. Semoga berguna yaaa.

Salam teknologi!

Leave A Reply

Your email address will not be published.