Cara Ampuh Menghilangkan Virus yang Terdapat pada PC atau Laptop

Padahal sebenarnya sudah ada program antivirus yang terinstall pada Windows versi terbaru. Hal tersebut membuat kamu tak perlu repot – repot lagi mendownload antivirus guys karena hanya akan membuat memori dari PC atau laptop kamu menjadi penuh. Lalu bagaimana sih cara menghapus virus yang ada di PC atau laptop? Yuk simak cara berikut selengkapnya guys!

0

Tentu saja kamu seakan mengalami mimpi buruk ketika laptop atau PC yang kamu gunakan diserang oleh virus. Pasalnya virus yang masuk ke dalam PC atau laptop ini dapat membuat data – data penting di dalamnya bisa hilang guys. Sistem operasi yang kamu jalankan di perangkat tersebut juga bisa terganggu guys. Virus ini perlu dihilangkan supaya laptop atau PC yang kamu gunakan bisa bekerja dengan optimal kembali. Biasanya kebanyakan pengguna menggunakan software antivirus yang gratis untuk mengatasi hal ini.

Setiap perangkat yang terkoneksi dengan internet mempunyai kemungkinan besar untuk dimasuki dengan yang namanya virus. Tentu saja kamu seakan mengalami mimpi buruk ketika laptop atau PC yang kamu gunakan diserang oleh virus. Pasalnya virus yang masuk ke dalam PC atau laptop ini dapat membuat data – data penting di dalamnya bisa hilang guys. Sistem operasi yang kamu jalankan di perangkat tersebut juga bisa terganggu guys.

Virus ini perlu dihilangkan supaya laptop atau PC yang kamu gunakan bisa bekerja dengan optimal kembali. Biasanya kebanyakan pengguna menggunakan software antivirus yang gratis untuk mengatasi hal ini. Padahal sebenarnya sudah ada program antivirus yang terinstall pada Windows versi terbaru. Hal tersebut membuat kamu tak perlu repot – repot lagi mendownload antivirus guys karena hanya akan membuat memori dari PC atau laptop kamu menjadi penuh. Lalu bagaimana sih cara menghapus virus yang ada di PC atau laptop? Yuk simak cara berikut selengkapnya guys!

Cara membersihkan virus di laptop atau PC dengan antivirus bawaan

Kamu tak perlu menginstall software tambahan jika kamu menggunakan sistem operasi Windows terbaru guys. Pasalnya sudah ada antivirus bawaan yang terpasang di dalamnya. Berikut adalah langkah – langkah yang perlu kamu lakukan untuk membersihkan virus:

  1. Carilah program default yang bernama Windows Security. Program ini sebenarnya sudah tersedia sejak di Windows XP. Namun software ini baru bisa bekerja dengan optimal pada Windows versi terbaru guys.
  2. Bukalah software Windows Security di PC dengan cara menekan opsi Start. Ketikkan Windows Security lau klik pada hasil yang muncul guys.
  3. Bukalah aplikasi tersebut, lalu pilihlah opsi Virus & Threar Protection.
  4. Pilihlah opsi Scan Options untuk memilih jenis scan yang kamu inginkan. Opsi Full Scan untuk mengecek seluruh data yang ada di laptop atau PC. Waktu scan yang dibutuhkan sangat lama. Kamu bisa memilih opsi Quick Scan jika ingin melakukan proses scan dengan cepat. Jika kamu ingin melakukan scan pada drive tertentu saja, maka pilihlah opsi Custom Scan.
  5. Pilihlah opsi Scan Now untuk memulai proses scanning guys. Tunggu beberapa saat dan virus yang terdeteksi pun akan dimunculkan. Selesai deh guys.

Cara membersihkan virus di PC atau laptop tanpa antivirus

Kamu juga bisa membersihkan virus pada laptop dan PC tanpa menggunakan software antivirus sama sekali loh guys. Caranya adalah dengan menggunakan Command Prompt. Berikut adalah langkah – langkah yang perlu kamu lakukan:

  1. Klik Start pada laptop atau PC, lalu ketikkan cmd. Klik kanan pada opsi yang muncul, lalu tekan opsi untuk menjalankan sebagai administrator, yaitu Run as administrator.
  2. Ketikkan dir D: attrib –s –h /s /d (untuk drive D), lalu tekanlah enter. Kamu tinggal mengganti huruf saja sesuai dengan nama drive yang akan dibersihkan.
  3. Command prompt akan mengekplorasi drive yang sudah kamu pilih dan membuat semua datanya.
  4. Cari file yang berformat tidak biasa, seperti .EXE, lalu hapus file tersebut guys. 
  5. Selesai! sekarang laptop atau PC milikmu sudah bersih deh guys dari file tidak jelas yang berpotensi sebagai virus.

Salam teknologi! Nah, begitulah caranya membersihkan virus pada laptop atau PC yaa guys. Mudah sekali kan caranya. Tidak terlalu sulit untuk dilakukan kok. Sekarang laptop atau PC milikmu tidak akan lemot lahi seperti sebelumnya guys. Semoga bermanfaat yaa.

Leave A Reply

Your email address will not be published.