Cara Baca Artikel Offline di Smartphone

0

Apakah kalian pernah ingin membaca sebuah artikel yang penting, tiba-tiba paket data kalian habis dan koneksi langsung terputus? Pastinya kalian akan merasa kesal. Tetapi kalian jangan khawatir, kalau dulu kalian hanya bisa membaca artikel online hanya ketika kalian mempunyai jaringan internet atau paket data, maka kalian sekarang bisa senang mendengar kabar ini.

Ya. Untuk kalian yang suka sekali membaca artikel di media online atau website lainnya via online, kini kalian bisa membaca artikel tersebut secara offline, Gaes.

Perubahan zaman membawa perubahan teknologi yang semakin maju dari hari ke hari. Begitu juga dengan inovasi yang terus dikembangkan beberapa pihak untuk memberi kemudahan setiap orang mengakses berita dan informasi terbaru baik dari dalam negeri atau luar negeri lewat perangkat mobile yang dimiliki banyak orang. Akan tetapi kadang semua itu tak sejalan ketika kita kehilangan akses internet.

Baca Juga ; Cara Mengubah Status Facebook Mesenger Menjadi Offline

Jika dahulu, ketika kalian menemukan artikel yang sangat menarik, tentunya kalian ingin menyimpan artikel menarik setelah dibaca, kemudian dibaca kembali secara offline. Ini disebabkan halaman tersebut ada fitur video autoplay yang jelas memecah konsentrasi dan menyedot paket data internet kalian. Tetapi sekarang hal itu tidak akan kalian alami lagi.

Ketika kalian melakukan perjalanan jauh dengan koneksi internet yang sering putus-sambung, kalian bisa membaca artikel favorit secara offline.

Untuk mengatasi masalah seperti ini, ada sebuah fitur pada smartphone kalian yang mampu menyimpan halaman web menjadi file PDF untuk kemudian bisa kalian baca secara offline.

Baca Juga ; Game Perang Offline Terbaik Untuk PC 2020

Kabar baiknya, fitur ini sudah tersedia di perangkat iOS ataupun Android.

Cara membaca artikel offline untuk Android dan iOS pada dasarnya sangat mudah. Kalian tinggal mengikuti beberapa langkah berikut.

Baca Juga : 5 Aplikasi Office Android TErbaik dan Offline

Khusus untuk kalian para pengguna Android, akses halaman yang kalian gemari tadi lewat aplikasi Chrome, kemudian pakailah opsi Convert to PDF yang ada di Share menu apabila kalian mempunyai akun Adobe.

Kalau kalian tidak mempunyai akun Adobe, maka kalian bisa membuka opsi Menu, kemudian klik opsi Print. Setelah itu pilih ‘Save as PDF’ dari menu dropdown untuk mengunduh file dan menyimpannya ke memori internal smartphone kalian.

Dan untuk  para pengguna iOS, kalian dapat memanfaatkan fitur Reading List yang ada di browser Safari.

Kalian bisa langsung saja tap ikon kacamata membaca yang ada di Share menu (Add to Reading list), dan artikel tersebut akan langsung tersedia secara offline untuk kalian baca di lain waktu.

Baca Juga : Aplikasi kamus Bahasa Inggris Offline Terbaik 2020

Itu tadi bagaimana tips cara membaca Artikel Offline di Smartphone. Semoga bisa memberikan informasi yang bermanfaat untuk kalian ya, Gaes. 

Kalau ada pertanyaan cara  cara membaca Artikel Offline di Smartphone atau ingin menambahkan tips lain, silahkan tulis lewat kolom komentar yang ada di bawah ini.

Kalian juga jangan lupa untuk terus update berita dan informasi terbaru baik dari dalam dan luar negeri seputar ilmu pengetahuan dan teknologi tentunya hanya di techjak.com. Ada banyak tips tersaji, yang bisa menjadi solusi masalah teknis yang kalian alami saat ini. Ada juga review game terbaik dan juga perangkat mobile ataupun informasi yang lain yang pastinya bisa menambah wawasan dan pengetahuan kalian semua.

Sampai bertemu lagi di artikel yang lainnya. Selamat mencoba cara tadi.

Semoga bermanfaat dan salam teknologi!

Leave A Reply

Your email address will not be published.