Cara Backup WhatsApp ke Cloud Storage Lain (Dropbox, OneDrive, Box)

0

Para pengguna Aplikasi WhatsApp pasti tidak asing lagi dengan backup data. Biasanya kalian akan diarahkan untuk back up data ke Google Drive, baik harian, mingguan, atau bulanan.

Akan tetapi kalian harus tahu, selain Google Drive, ternyata kalian juga bisa backup data aplikasi WhatsApp di cloud service lainnya. Misalnya Dropbox, OneDrive, Box, dan media penyimpanan lainnya.

Backup Data WhatsApp ke Selain Google Drive

Gaes, kalau kalian ingin melakukan back up data aplikasi WhatsApp selain ke Google Drive, saya akan memberikan cara backup di Cloud Storage lainnya. Setuju?

Cara Backup Data WhatsApp ke Cloud Service Lain Menggunakan aplikasi Sinc buatan Bittorent

Hal pertama yang harus kalian lakukan adalah Download aplikasi Sync dan install seperti biasa di smartphone Android kalian.

Selesai download, Buka aplikasinya lalu masukkan identitas kalian biar  mudah dikenali ya, Gaes.

Selanjutnya, Gaes, kalian harus masuk menu New backup kemudian pilih tombol Custom Location.

Setelah menekan tombol Custom Loacation, kalian temukan lah folder WhatsApp lalu pilih Add.

Sehabis kalian memilih folder, klik menu Devices dan tekan tombol Email untuk menemukan link yang akan digunakan pada tutorial berikutnya.

Berikutnya, langsung Install software BitTorrent Sync di komputer atau laptop kalian ya, Gaes.

Setelah proses install selesai, segera temukan ikon gear lalu klik menu Manual connection.

Kalau sudah ketemu, maka kalian masukkan link yang sudah kalian copy tadi. Sudah belum, Gaes? Kalau sudah, kalian pilih tombol Next.

Kemudian kalian buka aplikasi Sync di Android lagi dan temukan ikon Notification dan tekan tombol centang.

Setelahnya, otomatis folder WhatsApp kalian tadi akan tersinkronisasi dengan software Sync yang ada di komputer. 

Sebagai catatan, setelah semua proses selesai maka agar kalian semua bisa melakukan upload ke Dropbox, Box, Copy, atau media penyimpanan awan lainnya, kalian bisa menyalin seluruh folder Whatsapp yang ada di Sync komputer kalian. 

Nah, dengan demikian selesailah proses backup data aplikasi WhatsApp kalian ke cloud storage lain, dan memori internal kalian pun jadinya lebih lega dan juga tidak menghabiskan daya baterai setelahnya.

Caranya memang tergolong simpel dan mudah, membuat kalian bisa praktek tanpa ribet dan harus melakukan proses root terlebih dahulu di smartphone kalian.

Pastinya dengan cara ini juga membuat aplikasi lain yang ada di smartphone kalian bisa berjalan lebih cepat dan tidak lemot lagi. Sebelumnya, kinerja smartphone Android kalian melambat karena memori WhatsApp di smartphone kalian pasti mengganggu kinerja aplikasi lain smartphone Android kalian karena terlalu berat kapasitas memorinya, termasuk backup database dan semua media yang sudah kalian download sebelumnya.

Semoga dengan artikel ini, kalian mulai bisa beralih dari penyimpanan backup data aplikasi WhatsApp di Google Drive yang sudah mencapai batas limit atau melampaui batas memori gratis yang diberikan mereka ke storage lain yang tidak kalah performanya dan terbukti bisa menyimpan backup data aplikasi WhatsApp yang ada di samrtphone Android kalian.

Terus update perkembangan terkini seputar teknologi hanya di website techjak.com dan dapatkan update info, kabar dan tips terbaru yang selalu ditampilkan website ini setiap harinya ya, Gaes. 

Terima kasih, dan semoga bisa memberikan tambahan ilmu, wawasan dan pengetahuan kalian seputar dunia teknologi dan info lainnya. Salam teknologi!

Leave A Reply

Your email address will not be published.