Cara Bekerja Efektif dengan Video Call

0

Dunia saat ini semakin berubah maju. Perkembangan teknologi dan perubahan jaman membuat setiap orang mau tidak mau harus mengikuti perkembangan itu atau mereka akan tertinggal dalam banyak bidang.

Seperti saat ini, ketika wabah covid19 belum juga berakhir, dunia memunculkan tren baru dengan bekerja dari rumah, atau Work From Home, banyak aplikasi konferensi online bermunculan. Mereka hadir untuk memenuhi kebutuhan para pekerja, guru, pelajar, dosen, bahkan siswa, untuk menyeleseaikan berbagai tugas yang diberkan dan membuat mereka tetap terhubung dengan orang-orang di luar sana.

Baca Juga : Line Makin Maju Dukung Panggilan Group Sampai 200 Orang .

Teknologi memang tak dipungkiri memudahkan hidup manusia. Bahkan kini bekerja dari rumah pun seperti bukan lagi tugas yang membratkan dengan berbagai masalah menyertainya.

Yang menjadi masalah adalah untuk para orang tua yang bekerja di rumah, karena video call bisa jadi terasa penuh tantangannya. Banyak gangguan yang muncul dari lingkungan rumah selama bekerja. 

Di sini saya akan memberikan beberapa cara agar kalian bisa bekerja secara efektif dengan Video Call.

Mengatur Tempat dengan Benar

Ketika kalian melakukan panggilan video call, coba pikirkan keadaan lingkungan sekitar kalian. Misalnya, untuk latar belakang. Kalian bisa memilih tembok polos dan hindari jendela yang menyebabkan backlight. Letakkan laptop di tempat yang stabil, jangan dipangku.

Undang siapa saja, kapan saja

Baca Juga :  Cara Merekam Video Call di Smartphone Android.

Kalian bisa melakukan Video call kapan saja dan dengan siapa saja, tidak harus terjadwal waktu dan harinya. Apabila sedang berkomunikasi melalui email dan ternyata menjadi terlalu panjang, kalian bisa dengan mudah membuat video call. Undanglah rekan kerja untuk bergabung. Hangouts Meet dari Google adalah salah satu contoh fasilitas yang bisa kalian gunakan untuk hal ini.

 Aktifkan Teks ketika Suara Tidak Jelas

Baca Juga : Tips Merekam Video Call Whatsapp .

Apabila kalian sedang berada di tempat ramai tanpa headphone yang baik, fitur teks otomatis ‘meet’ bisa kalian pakai untuk menampilkan teks secara real time dengan bentuk mirip sub title di televisi.
 
Hanya Tampilkan Bagiaan yang Peting Saat Presentasi

Apakah kalian pernah mengalami saat membagikan layar, tiba-tiba semua orang dalam video call bisa melihat email kalian? Pastinya ini kabar buruk.

Untuk mengatasi hal tersebut, lihat pojok kanan bawah dan pilih ‘presentasikan sekarang’. Dengan begitu kalian punya pilihan untuk hanya menampilkan bagian yang diinginkan, presentasikanlah satu jendela saja.
 
Ganti Tata Letak Layar kalau Diperlukan

Baca Juga : Cara Menonton Video Berurutan di VLC Media Player .

Apabila kalian sedang menyajikan slide, tetapi sering terjadi diskusi yang penting di ruangan kantor, maka kalian bisa mengganti tata letak untuk hanya berfokus pada orang-orang kantor. Fitur ‘Meet’ dalam Google memungkinkan pengubahan tata letak dalam video call tersebut.

 Tunjukkan Kehidupan Rumah

Kalian, dan setiap orang pasti punya kehidupan di luar pekerjaan. Apabila budaya kantor kalian santai, tak ada salahnya menunjukkan sepotong kehidupan pribadi. Misalnya membiarkan anak melambai ke arah kamera laptop. Menunjukkan sedikit kehidupan keluarga bisa meningkatkan keakraban dan menumbuhkan empati mengenai apapun yang sedang  klian tangani di luar pekerjaan.

Baca Juga :  Tips dan Trik Dasar Menggunakan Youtube.

Nah, demikianlah beberapa cara yang bisa kalian lakukan agar bisa melakukan video call saat bekerja di rumah. Tanpa menimbulkan stress dan tetap fokus menyelesaikan semua pekerjaan kalian.

Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kalian. Jangan lupa update berita dan informasi terkini seputar ilmu pengetahuan dan teknologi hanya di techjak.com. Di sana juga ada tips-tips keren untuk memecahkan masalah yang kalian alami. Ada juga prefiew produk dan game yang wajib kalian up date informasinya di sini.

Salam teknologi!

Leave A Reply

Your email address will not be published.