Cara Buka 2 Aplikasi Bersamaan (Split Screen) di Semua Oppo Terbaru

0

Pada tahun ini Oppo sangat gencar meluncurkan fitur belah dua layar atau sering disebut dengan split screen.

Layar belah 2 ini hanya bisa kalian aktifkan di Oppo versi terbaru. Apanila kalian memakai Oppo lama (A37, A37F, F5, A57, A71, dan F1S) sepertinya tidak bisa mengaktifkan mode layar belah, Gaes.

Cara ini bisa kalian praktekkan pada smartphone Oppo A7 dan A5S, atau versi terbaru lainnya.

Apa Itu Split Screen?

Split screen atau dalam bahasa indonesia adalah layar belah dua dimana kamu bisa bermain game sambil chatting. Split layar ini bermanfaat untuk meringankan aktivitas kalian saat multitasking terutama seperti sedang chatting dan nonton youtube.

Saat kalian membuka aplikasi, saya contohkan aplikasi youtube lalu ingin membalas pesan di WhatsApp, sekarang tak perlu lagi membuka tab satu aplikasi karena sudah canggih dengan memanfaatkan fitur split screen pada smartphone kalian.

Mode belah ini sering digunakan untuk aktivitas bermedia sosial, sebagaimana mestinya jika kalian ingin tak ribet buka tutup satu aplikasi maka alternatif lainnya bisa memakai tahapan yang saya berikan sesuai pengalaman saya sebagai pengguna baru brand oppo.

Manfaat Split Screen

Ada beberapa manfaat yang kita dapat dengan memanfaatkan fitur ini seperti berikut.

Mendapatkan Multitasking Maksimal

Mode ini disengaja untuk memperoleh multitasking powerfull, supaya penggunanya tak ribet lagi buka tutup aplikasi lain.

Mempermudah Pekerjaan

Pekerjaan dengan fitur ini jadi cepat diatasi, seperti contohnya saat kalian punya klien lalu mereka berada di facebook dan whatsapp. Bagaimana supaya membalasnya biar cepat tanpa harus menutup salah satu aplikasi tersebut? Jawabannya adalah menghidupkan split layar.

Bisa merasakan Fitur Canggih Oppo

Tentu saja ini membuat kemudahan dari berbagai segi untuk kita, terutama mencoba fitur canggih Oppo ini. 

Cara Mengaktifkan Mode Split Screen Supaya Berfungsi Membuka 2 Aplikasi

READ  Netflix Hadirkan Kunci Pin Profil Mencegah Akun Diretas

Sebelumny kalian bisa mengaktifkan fitur multi screen pada tampilan smartphone kalian meskipun smartphone tidak mendukung layanan multi-windows seperti smartphone terbaru keluaran OPPO.

Tetapi tak ada salahnya kalau kalian mencoba dan memberikan sedikit sentuhan akhir untuk mencoba model merk oppo lainnya.

Cara Setting Multi Screen di Semua Smartphone OPPO Lama

Sebetulnya syarat utama mengaktifkan perihal ini adalah android versi nougat keatas, karena hasil dari pengaktifan ini akan lebih maksimal ketika dijalankan pada versi android 7.0 nougat. 

Jika kalian ingin melihat dan mencobanya bisa melakukan langkah berikut.

Langkah awal, kalian buka Pengaturan smartphone kalian, lalu usap ke bawah sampai menemukan  menu Tentang ponsel.

Baca Juga : Cara Meningkatkan Kecepatan Internet Opera Mini.

Selanjutnya buka menu tersebut lalu klik Nomor Build Android. Tap saja menu tersebut sebanyak 3 kali atau lebih. Nanti akan muncul mode pengembang dimana letaknya di opsi Silakan masuk ke Pengaturan Tambahan.

Setelah kalian masuk ke menu tersebut, silakan buka Opsi Pengembangan. Di sana nanti kalian akan dimintai kode, langsung isikan saja sesuai permintaan.

Baca Juga : Cara Memindahkan Aplikasi Yang Tidak BIsa Dipindahkan ke SD Card di Android .

Berikutnya, usap ke bawah sampai menemukan opsi menu Force Activities to be Resizable (Paksa Aktivitas menjadi Resizable) artinya memaksa layar untuk mengubah ukurannya.

Selanjutnya, smartphone kalian akan segera langsung di-restart, dengan langkah cepat supaya smartphone bisa secara langsung menikmati modus multi screen di semua aplikasi apapun.
Reboot selesai. Lalu kalian coba untuk membuka 2 aplikasi secara bersamaan.

Baca Juga : Aplikasi Pemutus WIFI .

Tetapi kelemahannya ialah tidak semua aplikasi mendukung fitur split screen, jadi harus menunggu developer mengembangkan sampai memunculkan fitur tersebut.

Selesai kalian melakukan langkah di atas yaitumengatur split screen untuk varian smartphone Oppo lama, selanjutnya kalian bisa mengatur secara otomatis di smartphone Oppo baru.

Kalia tinggal tekan dan tahan, maka split screen sudah aktif di tampilan smartphone sobat.

Cara Aktifkan Split Screen 2 di Oppo Terbaru

READ  Cara Mengoptimalkan Pemakaian Google Play Store

Untuk smartphone Oppo seperti F11, R17, F9, Find X, A3, F7, R15, A71 dan terakhir OPPO A83, besar kemungkinan sudah disupport dukungan dengan split screen supaya bisa membuka ganda aplikasi.

Memang tidak ada syarat untuk smartphone oppo terbaru, kalau sudah terbaru berarti sudah support fitur tersebut. Kalaupun belum berarti kalian harus memakai tips untuk smartphone Oppo sebelumnya.

Baca Juga : Hapus 17 Aplikasi ini agar Android Aman.

Sedangkan untuk versi terbaru, cara mengaktifkan split screenya adalah sebagai berikut ya, Gaes.

Pertama kali, buka android kalian, disini saya memakai varian A7 jadi bagi kalian yang bukan pengguna A7 bisa menyesuaikan saja, semestinya hampir sama triknya.

Baca Juga : Cara Menghilangkan Iklan di Android.

Kemudian akan muncul tab baru di bawah aplikasi yang sedang kalian buka tadi. Selanjutnya kalian tinggal pilih mau buka aplikasi mana saja.

Sedangkan untuk mengembalikan ke mode satu layar kalian cukup menekan dan tahan tombol recent apps-nya yang tadi.

Demikianlah cara mengaktiflan mode Split Screen di Smartphone Oppo terbaru ya, Gaes.

Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Leave A Reply

Your email address will not be published.