Cara Cepat dan Akurat Mengecek Kecepatan Internet di PC

0

Hello guys!

Internet kini sudah termasuk ke dalam kebutuhan primer manusia karena perannya yang sangat penting dan vital di kehidupan sehari – hari. Hampir semua aktivitas bisa dilakukan dengan lebih optimal dengan adanya koneksi internet. Tidak hanya berguna untuk sarana komunikasi saja, namun ada banyak sekali pekerjaan yang akan selesai dengan cepat dan efektif jika menggunakan internet.

Salah satu elemen penting yang perlu diperhatikan dalam penggunaan internet adalah jaringan kecepatannya. Jaringan internet yang tidak stabil karena adanya gangguan dan faktor lainnya membuat perangkat yang sebagus apapun tidak bisa menyambungkan kamu ke dunia maya. Oleh karena itu, jaringan internet yang cepat dan juga stabil sangat diidamkan oleh para penggunanya. Pasalnya jaringan yang cepat dan stabil ini akan membuat pekerjaan selesai dalam waktu yang lebih cepat.

Banyak pengguna yang mengalami kondisi dimana kecepatan jaringan internet yang digunakannya sering naik turun atau tidak stabil. Nah, kamu bisa mengetahui hal ini dengan cara mengecek kecepatan internet. Proses ini sangatlah penting karena kamu bisa mengetahui apakah provider yang kamu gunakan saat itu layak dipertahankan atau malah harus beralih ke lain hati, eaa. Bukan, maksudnya beralih ke provider lain guys. Intuisi saja tidak cukup guys, kamu perlu data akurat mengenai kecepatan internet ini untuk memutuskannya. Yuk simak beberapa cara mengecek kecepatan internet menggunakan PC berikut ini!

Cara mengecek kecepatan jaringan menggunakan Ookla Speedtest

Cara cek kecepatan jaringan internet pertama adalah dengan menggunakan layanan gratis dari Ookla. Kamu bisa langsung mendapatkan informasi mengenai kualitas jaringan internet yang kamu gunakan hanya dengan sekali klik saja loh guys. Data yang disajikan pun akurat meskipun layanannya bersifat gratis. Terlebih lagi, cara yang satu ini tidak membutuhkan tambahan software apapun karena kamu bisa memeriksanya melalui situs. Praktis sekali ya. Pastikan kamu sudah tersambung dulu ke jaringan internet yang ingin kamu cek kecepatannya yaa guys. Setelah itu, bukalah browser yang terpasang di PC atau laptop yang kamu gunakan. Selanjutnya, kunjungi halaman website https://www.speedtest.net/, lalu klik tombol Go. Tunggu beberapa saat dan selesai deh. Kamu akan mendapatkan informasi yang berkaitan dengan kualitas internet yang kamu gunakan.

Cara mengecek kecepatan internet melalui CBN Speedtest

Cara kedua yang bisa kamu lakukan untuk mengecek kecepatan internet via PC atau laptop adalah dengan menggunakan layanan dari CBN. Sebenarnya bentuk layanan yang disediakan hampir sama dengan Ookla. Data yang disediakan oleh keduanya pun sama – sama akurat guys. Kamu juga tidak memerlukan aplikasi atau software tambahan jika menggunakan cara ini karena layanannya juga tersedia dalam bentuk situs. Caranya adalah dengan mengunjungi situs https://speedtest.cbn.id/ kemudian tekan tombol Go yang terdapat di tengah – tengah halaman. Tunggu beberapa saat sampai proses pengecekan selesai dilakukan dan datanya akan diberikan secara otomatis.

Baca Juga :

1.Cara Menghilangkan Internet Positif

2.Cara Mengubah Koneksi Internet SIM 1 ke SIM 2 di Smartphone Samsung 2

3.5 Tips Paling Efektif Untuk Menghemat Kuota Internet

4.Cara Internetan Gratis Menggunakan WIFI Master Key

Nah, itulah 2 cara mudah dan praktis yang bisa kamu gunakan untuk mengecek kecepatan internet dari provider yang kamu gunakan melalui laptop atau PC yaa guys. Daripada kamu menerka – nerka atau bahkan termakan rayuan provider tertentu. Padahal kulalitas jaringannya buruk. Sekarang kamu bisa mengeceknya dengan data yang akurat, lalu buatlah keputusan yang bijak yaa guys. Pilihlah provider dengan kualitas internet yang baik ya. Selamat mencoba yaa.

Salam teknologi!

Leave A Reply

Your email address will not be published.