Cara Copy Teks Website ke Microsoft Word

Aplikasi ini digunakan oleh pelajar, mahasiswa, PNS, orang kantoran, dan banyak lagi lainnya karena mudah dan sederhana. Kalian bisa menyisipkan gambar, diagram, grafik dan juga yang lainnya disana

0

Teks yang ada di internet dan website ketika dipidahkan ke Microsoft Word semuanya ikut terbawa mulai dari ukuran huruf, bentuk huruf sampai dengan background yang ada di website. Kebanyakan masalah yang kemudian terjadi adalah website tidak bisa dicopy. Lalu bagaimana caranya gar bisa copy teks website ke dokumen word tanpa hancur berantakan?

Microsoft Word sampai saat ini menjadi pilihan utama banyak orang untuk mengetik tugas, laporan, skripsi, presentasi dan juga laporan lainnya. 

Aplikasi ini digunakan oleh pelajar, mahasiswa, PNS, orang kantoran, dan banyak lagi lainnya karena mudah dan sederhana. Kalian bisa menyisipkan gambar, diagram, grafik dan juga yang lainnya disana.

Sayangnya, ketika kalian mengutip maupun menyalin referensi yang bersumber dari internet ke Microsoft Word, biasanya teks dan juga background yang ada di lembar kertas Microsoft Word jadi hancur berantakan.

Teks yang ada di internet dan website ketika dipidahkan ke Microsoft Word semuanya ikut terbawa mulai dari ukuran huruf, bentuk huruf sampai dengan background yang ada di website.

Kebanyakan masalah yang kemudian terjadi adalah website tidak bisa dicopy. Lalu bagaimana caranya gar bisa copy teks website ke dokumen word tanpa hancur berantakan?

Ada beberapa cara yang bisa kalian lakukan, Gaes.

Memakai Notepad

Cara pertama agar tulisan hasil copy dari website tidak berantakan yaitu dengan memakai Notepad sebagai media ketiga yang bisa membuat tulisan menjadi rapi.

Kalian hanya perlu Copy tulisan yang ada di website, kemudian paste ke Notepad. Setelah itu copy kembali tulisan yang ada di notepad dan paste ke Microsoft Word. Rapihkan.

Disini kalian dapat memanfaatkan Notepad++ sebagai media ketiga

Memakai fungsi alt

Kalian harus tahu rahasia ini. Ternyata tombol alt pada keyboard mempunyai fungsi yang bisa menghapus background, menghapus garis, dan juga menghapus ukuran tulisan yang ada di microsoft.

Caranya kalian Copy tulisan yang ada di website. Lalu Paste di microsoft word. Selanjutnya kalian pilih atau blok tulisan yang ingin kalian rapihkan. Jika ingin semuanya pakai CTRL + A. Terakhir tekan CTRL + SPACE.

Memakai fitur microsoft word

Microsoft word juga sudah menyediakan fitur untuk memermudah kalian sebagai pengguna saat ingin menyalin atau mengcopy artikel untuk kalian jadikan referensi.

Untuk Microsoft Word 277, kalian bisa copy teks yang ada di website. Kemudian buka Microsoft Word dan selanjutnya kalian wajib memakai mouse untuk paste (klik kanan lalu klik paste).

Lihat pilihan yang kecil di bagian paling bawah tulisan. Tap option tersebut, pilih Keep text only

Untuk microsoft word 2010, 2013, 2016 kalian bisa Salin tulisan yang ada di website. Selanjutnya kalian buka Microsoft Word dan klik paste (paste memakai CTRL+V).

Lihat ada pilihan kecil di bagian kanan bawah, tap option tersebut dan klik pilih Keep text only

Atau kalian juga bisa melakukan cara ini. Yaitu dengan Salin tulisan yang ada di website, lalu BBuka Microsoft Word dan paste. Nanti kalian lihat bagian atas, usahakan sedang berada di tab home, kemudian tap opsi paste dan terakhir pilih Keep text only.

Kalau kalin ingin permanen tekan opsi set default paste, lalu tab advanced, dan setelah itu klik tab cari cut, copy and paste.

Pada bagian pasting within the same document, ganti dari keep source formatting (default) menjadi Keep text only. Klik OK. Selesai.

Memakai Extension atau Add-on

Dengan memakai extension (Google Chrome) ataupun Add-on (Mozilla Firefox), kalian akan dengan mudah copy artikel di internet tanpa background, garis ataupun bentuk tulisan.

Untuk mengcopy artikel web dari Google Chrome, kalian buka Google Chrome, lalu pasang Extension Copy as plain text

Apabila sudah terpasang, copy tulisan yang ada di website dengan memakai mouse, dengan cara klik kanan dan lihat ada sebuah logo hijau. Disana kalian  klik logo dan juga tulisan yang tercantum di sampingnya. Lalu kalian paste ke Microsoft Word.

Untuk copy-paste di Mozilla Firefox, Buka Mozilla Firefox, lalu pasang Add-on Copy As Plain Text. Setelah itu Restart Firefox. Kemudian Buka halaman yang ingin tulisannya disalin. Klik kanan mouse lalu klik tullisan Copy As Plain Text. Terakhir paste dan ke dalam Microsoft Word.

Memakai Fitur Clear Formatting

Microsoft Word juga punya fitur lain yang bisa kalian pakai untuk copy artikel dari internet untuk dijadikan referensi. Fitur ini hanya sekali klik.

Caranya kalian Copy text yang ada di web, lalu Paste ke Microsoft Word. Selanjutnya klik atau Blok text yang ingin kalian rapihkan, jika semua text pakailah CTRL+A.

Setelah itu lihat menu di atas, pastikan berada di tab home. Berikutnya kalian caril ikon seperti gambar menu huruf A besar dan gambar penghapus dalam satu kotak.

Baca Juga :

Semoga bermanfaat! Nah, dengan begini kalian tetap bisa mengocopy kata –  kata pada suatu website walaupun websiter tersebut tidak bisa di copy. Gunakanlah cara ini untuk hal positif bukan untuk mencuri karya orang lain.

Leave A Reply

Your email address will not be published.