Cara Efektif Mengatasi Masalah Windows Script Host Access is Disabled

Skrip ini harus terus berjalan di latar belakang supaya pengguna laptop atau PC bisa melakukan otomatisasi beberapa proses yang penting di Windows. Salah satu proses yang biasanya dijalankan oleh skrip ini adalah koneksi printer serta jaringan. Jika skrip ini dimatikan maka pesan eror Script Host run.

0

Pesan tersebut menandakan adanya eror yang biasa terjadi pada laptop yang menggunakan sistem operasi Windows 10, Windows 8 dan juga Windows 7 guys. Pasti kamu penasaran kan sebenarnya apas Windows Script Host (WSH) itu. Windows Script Host (WSH) merupakan salah satu skrip bawaan dari Microsoft untuk menjalankan beberapa perintah, misalnya saja Java dan VB.

Apakah kamu pernah mendapatkan notifikasi yang berisikan pesan Windows script host access is disabled on this machine pada laptop atau PC yang kamu gunakan? Apakah kamu mengetahui arti dari pesan di dalam notifikasi tersebut? Pesan tersebut menandakan adanya eror yang biasa terjadi pada laptop yang menggunakan sistem operasi Windows 10, Windows 8 dan juga Windows 7 guys.

Pasti kamu penasaran kan sebenarnya apas Windows Script Host (WSH) itu. Windows Script Host (WSH) merupakan salah satu skrip bawaan dari Microsoft untuk menjalankan beberapa perintah, misalnya saja Java dan VB.

Skrip ini harus terus berjalan di latar belakang supaya pengguna laptop atau PC bisa melakukan otomatisasi beberapa proses yang penting di Windows. Salah satu proses yang biasanya dijalankan oleh skrip ini adalah koneksi printer serta jaringan. Jika skrip ini dimatikan maka pesan eror Script Host run.vbx atau WSH Access is Disabled on this Machine tadi akan muncul. Yuk simak cara mengatasi masalah ini guys!

Cara mengatasi WSH Access is Disable melalui registry editor

Cara pertama mengatasi masalah pesan eror script yang muncul ini adalah melalui registry editor. Berikut adalah langkah – langkah yang perlu kamu lakukan:

  1. Bukalah registry editor pada laptop atau komputer yang mengalami masalah pada script ini
  2. Setelah itu masukkan perintah HKEY_LOCAL_MACHINE\software\microsoft\windows Script Hsoting\setting pada kolom perintah yang tersedia
  3. Klik tombol Enable dan ketikkan angka 1 pada kolom yang muncul. Maka tampilan laptop atau komputermu pun akan berubah
  4. Lakukan restart pada laptop atau komputer tersebut setelah perubaha diatas selesai kamu lakukan dan beres deh.

Cara mengatasi Windows Script Disabled menggunakan Smadav

Smadav merupakan antivirus lokal yang masih banyak digunakan. Ternyata salah satu penyebab muncul WSH Access is Disabled ini juga bisa terjadi karena program antivirus yang satu ini guys. namun kamu tak perlu panik ya. Berikut adalah langkah – langkah mengatasi Windows Script Disabled jika laptop atau komputer yang eror menggunakan Smadav:

  1. Langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah membuka ikon Smadav dan klik kanan
  2. Kamu akan diberikan beberapa pilihan. Dua pilihan yang muncul akan berhubungan dengan masalah Windows Script Disabled ini. Kamu bisa memilih Allow Windows Script & Macro (Until Restart) dan juga opsi Allow Windows Script & Macro (Forever). Pilih salah satu opsi tersebut sampai muncul tanda ceklis pada bagian sampingnya
  3. Sebaiknya kamu memilih opsi kedua supaya kamu tidak perlu melakukan setting ini lagi karena masalah yang sama. Jika kamu memilih opsi pertama, maka script akan dinonaktifkan lagi ketika kamu melakukan restart pada laptop atau komputermu. 
  4. Selesai deh guys! sekarang kamu sudah mengatasi masalah WSH is Disabled. Pastikan kamu memang menggunakan software Smadav ya karena kalau tidak, maka cara ini tidak bisa dijalankan untuk mengatasi masalah Windows Script Disabled yang terjadi.

Nah begitulah caranya mengatasi masalah Windows Scripst Host Access id Disabled yang muncul pada laptop atau PC yang kamu gunakan. Jadi jangan panik dulu yaa guys.

Salam teknologi! Cara lain yang bisa kamu gunakan adalah melakukan serangkaian pengaturan melalui System Configuration. Kamu tinggal pilih deh cara yang paling memungkinkan dan sesuai untuk kamu lakukan. Semoga berhasil yaa.

READ  3 Tips Kompres Foto di Laptop Windows

Leave A Reply

Your email address will not be published.