Cara Gampang Membersihkan RAM Laptop yang Sudah Menumpuk

Beberapa pengguna yang masih awam dan jarang mengotak atik perangkatnya mungkin merasa kebingungan. Apakah kamu termasuk salah satunya? Nah jangan khawatir atau buru – buru bawa ke tempat service yaa begitu laptopmu lemot. Yuk simak cara membersihkan RAM pada laptop berikut ini!

0

Pasalnya jika RAM pada laptop sampai kepenuhan akan membuat laptop menjadi lemot guys. Sebaiknya kamu membersihkan kapasitas RAM secara rutin untuk mencegahnya terlalu penuh. Supaya laptopmu tetap bisa bekerja dengan optimal dan tidak menghambat aktivitasmu nantinya.Pembersihan RAM ini sebenarnya sangat mudah dilakukan guys. Ada beberapa trik sederhana dan mudah yang bisa kamu terapkan untuk membersihan RAM yang sudah terlalu penuh ini.

RAM atau singkatan dari Random Access Memory merupakan salah satu komponen penting di dalam laptop. Termasuk ke dalam tempat penyimpanan yang tidak boleh sampai benar – benar penuh. Pasalnya jika RAM pada laptop sampai kepenuhan akan membuat laptop menjadi lemot guys.

Sebaiknya kamu membersihkan kapasitas RAM secara rutin untuk mencegahnya terlalu penuh. Supaya laptopmu tetap bisa bekerja dengan optimal dan tidak menghambat aktivitasmu nantinya.Pembersihan RAM ini sebenarnya sangat mudah dilakukan guys. Ada beberapa trik sederhana dan mudah yang bisa kamu terapkan untuk membersihan RAM yang sudah terlalu penuh ini.

Namun beberapa pengguna yang masih awam dan jarang mengotak atik perangkatnya mungkin merasa kebingungan. Apakah kamu termasuk salah satunya? Nah jangan khawatir atau buru – buru bawa ke tempat service yaa begitu laptopmu lemot. Yuk simak cara membersihkan RAM pada laptop berikut ini!

Menonaktifkan aplikasi autostart pada Windows

Cara pertama membersihkan RAM pada laptop yang bisa kamu lakukan adalah dengan menonaktifkan aplikasi yang berjalan otomatis guys. Aplikasi ini bisa membuat proses booting pada laptop menjadi lambat ketika akan masuk ke dekstop loh. Jadi kamu bisa menonaktifkannya untuk menguransi beban RAM. Berikut adalah langkah – langkahnya:

  1. Bukalah task manager pada laptopmu dengan klik kanan pada taksbar dan pilih menu task manager yang muncul
  2. Kamu akan dibawa ke jendela baru, pilihlah menu Startup dan kamu akan diberikan daftar aplikasi yang berjalan di latar belakang dan membuat laptopmu menjadi lemot guys. Kolom status impact akan memberikan informasi seberapa berpengaruh applikasi tersebut terhadap komputer saat berjalan otomatis.
  3. Sebaiknya kamu menonaktifkan aplikasi dengan status high karena sangat membebani sistem
  4. Pilihlah aplikasi yang akan kamu nonaktifkan dan klik pada opsi disable 
  5. Restart laptopmu dan selesai deh guys!

Menghapus chace pada laptop

File chace merupakan file yang dikumpulkan setiap kamu menggunakan sebuah aplikasi guys. Sebenarnya berguna untuk mempercepat proses loading data saat membuka aplikasi tersebut. Namun akan membuat laptopmu lemot jika dibiarkan menumpuk. Sebaiknya kamu juga menghapus file chace ini secara rutin. Berikut adalah langkah – langkah yang perlu kamu lakukan:

  1. Bukalah program run dengan cara menekan tombol Windows+R secara bersamaan. Setelah itu ketikkan temp di kolom yang disediakan dan klik tombol OK.
  2. Kamu akan dibawa ke jendela baru dan diberikan daftar folder dan file di dalamnya. Kamu bisa memilih semua folder dengan menekan Ctrl+A dan klik kanan, lau memilih opsi delete dari menu drop-down yang muncul.
  3. Sekarang folder temp kamu sudah kosong. Buka lagi program Run dan ketikkan %temp% dan klik OK. Ulangi lagi langkah diatas yaa guys untuk menghapus semua file dan folder yang muncul di jendela baru.
  4. Selesai deh! kamu sudah berhasil menghapus file chace di laptopmu.

Salam teknologi! Nah begitulah caranya membersihkan RAM di laptop yaa guys. Sekarang laptopmu akan lebih kencang dan tidak akan lemot lagi deh. Masih ada beberapa trik lain yang bisa kamu lakukan guys. Beberapa trik lain yang bisa kamu lakukan untuk membersihkan RAM pada laptop adalah melakukan scan terhadap virus dan membunuhnya, meng-uninstall aplikasi yang tidak digunakan serta menginstall ulang Windows. Semoga berguna yaa guys.

Leave A Reply

Your email address will not be published.