Cara Gampang Memperbaiki LCD HP yang Rusak, Tidak Perlu Servis!

0

Hello guys!

LCD adalah salah satu komponen penting dari smartphone. Kerusakan pada LCD membuat kamu sebagai pengguna tidak bisa mengoperasikan smartphone secara optimal, sehingga akan mengganggu aktivitasmu. HP yang jatuh biasanya rentan mengalami kerusakan pada LCD. Namun kamu tidak perlu panik jika kejadian ini menimpamu guys. Tak perlu buru – buru pergi ke tukang servis segala untuk memperbaiki LCD HP milikmu agar kembali seperti sedia kala. 

Kerusakan pada LCD HP bisa dilakukan dengan mudah tanpa harus meminta bantuan tukang servis. Kamu bisa saja memperbaiki kerusakan tersebut guys. Tentu saja tergantung tingkat kerusakan yang dialami oleh LCD ponselmu tersebut. LCD yang rusak bisa menyebabkan layar yang dipenuhi pixel mati dan ada juga muncul garis – garis pada layar HP. Yuk simak cara memperbaiki LCD HP yang bisa kamu lakukan berikut ini!

  • Cara memperbaiki LCD yang rusak karena baret

Kerusakan karena baret pada LCD biasanya disebabkan oleh kelalaian penggunanya. Misalnya saja HP tersebut terjatuh dari tempat tinggi atau karena meletakkannya secara sembarangan. Namun kamu tak perlu khawatir karena masalah ini sangat mudah diatasi. Caranya dengan menggunakan pasta gigi guys. Oleskan pasta gigi pada bagian LCD yang baret, diamkan beberapa menit. Lalu bersihkan kembali, maka layar ponselmu akan mulus kembali.

  • Cara mengatasi LCD yang Flickering

Masalah flickering ditunjukkan dengan adanya garis – garis bergerak yang muncul pada layar ponselmu. Masalah ini tidak terlalu mengganggu fungsi dari ponselmu, namun bisa membuatmu pusing ketika menggunakan HP terlalu lama guys. Aktivitas browsing ataupun menonton video tentu tidak akan nyaman jika ada garis – garis bergerak yang muncul. Kamu bisa mengatasinya dengan melakukan boot pada smartphone dalam mode aman. Caranya dengan menekan dan tahan tombol daya HP sampai menu pop – up safe mode muncul. Tekan tombol OK untuk masuk ke mode tersebut. Kamu juga bisa mengaktifkan fitur anti-flicker dengan membuka pengaturan dan pilih fitur anti-flickering. 

  • Cara memperbaiki LCD dead pixel

Dead pixel adalah bentuk kerusakan yang sangat mengganggu karena adanya bercak hitam pada layar HP. Akibatnya kamu tidak bisa melihat layar HP secara utuh. Dead pixel ini bisa menyebar jika tidak akmu atasi segera guys. Ada dua solusi untuk mengatasi permasalahan ini. Solusi pertama adalah menggunakan aplikasi Pixel Fixer yang akan merangsang layar ponsel merespon warna dengan menggunakan spektrum cahaya dinamis. Cara kedua yang bisa kamu lakukan adalah dengan melepas baterai smartphone, SIM card dan memory card. Masukkan semuanya ke plastik bening dan masukkan ke freezer. Biarkan selama 6 – 8 jam, lalu keluarkan kembali. Pasang semuanya jika sudah mencapai suhu normal/

  • Cara mengatasi LCD menjadi layar hitam

Layar hitam adalah tingkat kerusakan paling tinggi. Cara pertama memperbaikinya dengan melakukan soft reset pada HP. Keluarkan baterai dan masukkan lagi, baru nyalakan HP. Cara kedua adalah dengan mengeluarkan SD Card pada HP, masukkan lagi dan nyalakan HP. Cara ketiga adalah dengan boot HP dengan recovery mode. Setelah itu lakukan factory reset. 

Baca Juga : 

Cara Mengatasi Layar Smartphone Bergaris

Tips Mengatasi Tombol Back Android Error

Hati-hati  ini Komponen Smartphone Yang Mudah Rusak

Merwawat LCD Laptop Agar Awet dan Tahan Lama

Tips Mengatasi Laptop Tidak Nyala Tapi Lampu Power Hidup

Nah itulah 4 cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi kerusakan pada LCD HP yaa guys. Kamu bisa kok memperbaikinya sendiri jika kerusakan pada ponselmu masih berada pada 4 kondisi diatas. Namun jika keempat cara diatas tidak ada yang cocok dan bisa mengatasi kerusakan pada LCD ponselmu, maka kamu bisa membawanya ke tempat servis. Semoga berhasil yaa.

Salam teknologi!

Leave A Reply

Your email address will not be published.