Cara Gampang Mengaktifkan JavaScript di Hp dan PC, Browsing Lebih Seru!

avaScript ini merupakan bahasa pemrograman yang sering digunakan untuk membuat sebuah situs tampak lebih dinamis. Fungsinya adalah untuk menampilkan berbagai elemen dan efek di sebuah situs, misalnya saja tombol like atau love dan efek rollover pada teks supaya lebih menarik. Beberapa browser mengaktifkan JavaScript, tapi ada juga yang tidak.

0

Ketika kamu mengunjungi situs belanja online, tiba – tiba kamu diberikan informasi detail mengenai suatu produk ketika kamu mengarahkan pointer ke arah produk tersebut. Contoh lainnya misalnya adanya game dinosaurus di Google Chrome disaat kamu tidak tersambung ke internet. Bagaimana sih semua hal menarik tersebut bisa muncul?  Semua hal menarik saat kamu browsing membutuhkan JavaScript guys agar memberikan user experience (UX) yang menarik bagi penggunanya guys.

Pernahkah kamu melakukan browsing di laptop atau HP lalu website tersebut menampilkan desain yang lebih interaktif? Misalnya saja ketika kamu mengunjungi situs belanja online, tiba – tiba kamu diberikan informasi detail mengenai suatu produk ketika kamu mengarahkan pointer ke arah produk tersebut. Contoh lainnya misalnya adanya game dinosaurus di Google Chrome disaat kamu tidak tersambung ke internet. Bagaimana sih semua hal menarik tersebut bisa muncul? 

Semua hal menarik saat kamu browsing membutuhkan JavaScript guys agar memberikan user experience (UX) yang menarik bagi penggunanya guys. JavaScript ini merupakan bahasa pemrograman yang sering digunakan untuk membuat sebuah situs tampak lebih dinamis. Fungsinya adalah untuk menampilkan berbagai elemen dan efek di sebuah situs, misalnya saja tombol like atau love dan efek rollover pada teks supaya lebih menarik. Beberapa browser mengaktifkan JavaScript, tapi ada juga yang tidak. Lalu bagaimana sih cara mengaktifkan Javascript ini? Yuk simak ulasan berikut ini selengkapnya!

Cara mengaktifkan JavaScript di Google Chrome

Chrome merupakan aplikasi browser yang paling banyak digunakan. Bisa jadi kamu salah satu pengguna Chrome untuk melakukan browsing. Berikut adalah langkah – langkah mengaktifkan JavaScript di Chrome:

  1. Bukalah aplikasi Chrome yang ada di perangkatmu. Klik titik tiga vertikal yang terdapat di bagian kanan atas layar perangkatmu. Pilihlah menu settings dari menu drop-down yang muncul.
  2. Scrol ke bawah sampai kamu menemukan Privacy and Security, lalu pilih opsi Site Settings
  3. Carilah menu Content yang terdapat di bagian bawah, lalu klik opsi JavaScript
  4. Geser toogle yang terdapat di samping Allowed (reccomended) sampai menjadi warna biru. Selesai sekarang JavaScript di Chrome milikmu sudah aktif.

Cara mengaktifkan JavaScript di Mozila Firefox

Mozillah adalah browser lainnya yang juga sering digunakan. Meskipun penggunanya tidak sebanyak pengguna Google Chrome. Berikut adalah langkah – langkah yang perlu kamu lakukan untuk mengaktifkan JavaScript di Mozilla Firefox:

  1. Bukalah aplikasi Mozilla Firefox yang ada di perangkatmu. Klik garis titik tiga vertikal yang terdapat di bagian kanan atas layar. Klik opsi Add ons yang ada di menu drop-down. Kamu bisa juga menekan kombinasi tombol Ctrl+Shift+A
  2. Carilah ekstensi pemblokir JavaScript, misalnya saja NoScript, uickJAva dan SettingSanity.
  3. Pilihlah ektensi tersebut dan klik opsi Disable atau Remove
  4. Restart aplikasi Mozilla Firefox tersebut supaya menerapkan perubahan dan taraa JavaScript aktif.

Cara mengaktifkan JavaScript di Internet Explorer

Internet Explorer merupakan browser yang dikembangkan pada tahun 1995 oleh Windows, Meskipun sudah tua, masih ada pengguna yang masih setia menggunakan browser yang satu ini loh. Berikut adalah langkah – langkah untuk mengaktifkan JavaScript di Windows:

  1. Bukalah aplikasi Internet Explorer yang terdapat di perangkatmu. Klik opsi Settings yang ditandai dengan ikon gerigi di bagian pojok kanan atas. 
  2. Klik opsi internet options di menu drop-down yang muncul. Bukalah tab Security dan pilihlah opsi Internet yang ditandai dengan logo bola dunia. Klik opsi Custom Level dari menu Security level for this zone
  3. Scroll sampai ke bawah sampai menemukan menu Scripting dan klik pilihan enable. Klik tombol Apply yang terdapat di bagian bawah dan klik lagi tombol OK,
  4. Lakukan restart pada aplikasi ini dan selesai.

Salam teknologi! Nah begitulah caranya mengaktifkan JavaScript pada browser diatas yaa guys. Mudah dan cepat sekali kan caranya. Sekarang aktivitas browsing kamu tentu akan lebih seru dengan konten yang terlihat lebih dinamis dan menarik. Semoga berhasil yaa.

Leave A Reply

Your email address will not be published.