Cara Hard Reset atau Factory Reset Smartphone Oppo Semua Tipe

0

Hard reset atau factory reset memang perlu kalian lakukan saat smartphone Oppo kalian mengalami masalah seperti bootloop, lupa pola, lupa password, Oppo mati total, lemot, hang, hard brick dan lain sebagainya.

Sebenarnya, fungsi hard reset dan factory reset adalah untuk mengembalikan kondisi sistem smartphone ke pengaturan pabrik. Pastinya dengan cara hard reset ponsel Oppo ini akan menghapus seluruh data dan pengaturan yang ada di smartphone. 

Baca Juga : Cara Mengatasi Lupa Pola Atau Password di Android Dengan TWRP Recovery Tanpa Kehilangan data .

Sebagai catatan, hard reset ini bisa dipakai untuk Oppo tipe A37F, A59, A57, A39, Fq, F1S, F1 Plus, Oppo F3, F3 Plus, Oppo Neo 3, Neo 7, Oppo R5, R7, Oppo Mirror 2, dan semua yang baru.

Ada 2 cara reset ulang smartphone oppo, yaitu lewat recovery dan menu pengaturan smartphone.

Sebelum reset smartphone Oppo, kalian sebaiknya lakukan backup data dan file penting. Karena dengan melakukan reset, maka akan menghapus seluruh data dan file di smartphone.

Cara Factory Reset Smartphone Oppo Dengan Mudah

Ketika kalian memakai cara ini, maka ini terhitung relatif mudah. Kalian hanya perlu melakukan reset ulang di menu pengaturan pada smartphone. 

Hal yang harus kalian lakukan pertamanya adalah membuka menu “Settings” di smartphone Oppo kalian.

Selanjutnya pilih “Additional settings/Setelan Tambahan” kemudian pilih “Back up and Reset” dan klik “Factory data reset“.

Baca Juga : Cara Menghapus Akun MI Cloud .

Untuk melakukan factory reset, ada beberapa pilihan, tergantung tipe smartphone oppo kalian.

Hanya saja, karena disini kalian akan melakukan factory reset, jadi pilih saja “Erase all content and settings“. Ini akan menghapus seluruh data dan file di martphone Oppo kalian tanpa kecuali. Pilihlah opsi ini kalau kalian ingin mengembalikan sistem atau kondisi smartphone seperti baru.

Baca Juga : Cara Reset Laptop Error Pada Window 10.

READ  Layar HP Kalian Error? Begini Langkah-langkah Awal untuk Mengatasinya!

Kalian cukup menunggu hingga proses factory reset selesai.

 Ketika proses factory reset selesai, smartphone Oppo kalian sudah siap dipakai.

Cara Hard Reset Oppo Semua Tipe Untuk Mereset Ulang ke Pengaturan Pabrik

Untuk cara hard reset ini sebenarnya hanya dipakai khusus untuk smartphone Oppo yang mengalami bootloop (mentok di logo), hardbrick, lupa pola/password, smartphone oppo cuma getar saja jika dihidupkan dan smartphone oppo mati total.

Asalkan ponsmartphonesel Oppo kalian bisa masuk ke menu Oppo ColorOS Recovery, maka kalian bisa melakukan cara hard reset smartphone Oppo di bawah ini dengan mudah.

Baca Juga : Cara Reset Printer Canon IP2770 .

Pertama, pastikan smartphone oppo kalian dalam keadaan mati. Kalau bootloop atau mati total, lepaskan dan pasang kembali baterai dahulu (jika baterai tanam, biarkan saja).

Kalau smartphone Oppo sudah dalam keadaan mati, kalian tinggal tekan tombol Volume Bawah + tombol Power secara bersama-sama untuk masuk ke mode recovery Oppo.

Baca Juga : 5 Alasan Untuk Ganti Smartphone Baru .

Dalam mode recovery ini, pakai tombol volume untuk navigasi, dan tombol power untuk memilih. Tapi smartphone posnsel Oppo terbaru, bisa memakai layar sentuh. Saat berhasil masuk ke mode recovery Oppo, pilih bahasa English.

Agar kalian bisa melakukan hard reset smartphone Oppo, kalian bisa tap opsi Wipe Data and Cache. Llau pilih Wipw Data and Cache lagi.

Pada smartphone Oppo terbaru, biasanya tulisannya agak berbeda, seperti ini: “Wipe all data and removable application“, tapi intinya sama saja dengan “Wipe data and cache“.

Baca Juga : Cara Mengatasi Android Yang Restart Setiap Membuka Aplikasi .

Terakhir, tekan “Yes” atau “OK” untuk melakukan hard reset Oppo.

Kalian tinggal menunggu sampai proses wipe data dan wipe cache selesai (biasanya tidak sampai 2 menit). Kalau sudah muncul tulisan “Data and cache wiped succesfully“, maka kalian sudah berhasil melakukan reset hp oppo.

Terakhir, pilih “Reboot” dan tekan “OK“. Nanti smartphone oppo akan booting, biasanya booting berlangsung kurang lebih 2-3 menit.

Baca Juga : Tips Memilih Casing Smartphone Yang Tepat .

READ  Tips Meningkatkan Kapasitas RAM Smartphone Android

Langkah terakhir adalah melakukan setup/setting bahasa, jaringan, wilayah dan pengaturan dasar lain. Selesai. Kini smartphone oppo kalian sudap siap digunakan.

Dengan melakukan hard reset seperti di atas, saya yakin smartphone Oppo kalian akan kembali normal dan semua error seperti bootloop, hang, lemot, lupa pola dan masalah lainnya akan hilang.

Kalau dengan hard reset tidak bisa memperbaiki smartphone Oppo yang bootloop atau mati total, solusi terakhirnya yaitu kalian harus melakukan flashing smartphone oppo.

Nah, itulah cara hard reset dan fastory reset di smartphone Oppo dengan mudah.

Semoga bermanfaat.

Leave A Reply

Your email address will not be published.