Cara Instal dan Fitur-fitur Zoom Meeting

0

Saat ini, setelah ditetapkannya virus corona sebagai pandemi dunia, kalian pasti dianjurkan melakukan social distancing. Di samping itu, Work From Home (WFH) adalah anjuran dari pemerintah demi meminimalisir kontak antar masyarakat.

Baca Juga : Kerja dari Rumah Pakai Aplikasi Zoom Cloud Meetings di PC atau Laptop .

Zoom adalah sebuah aplikasi yang bisa melakukan konferensi jarak jauh dengan menggabungkan konferensi video, pertemuan online, obrolan, sampai kolaborasi seluler.  Aplikasi ini banyak digunakan sebagai media komunikasi jarak jauh.

 

Di samping untuk dunia pendidikan, kehadiran aplikasi Zoom ini akan membantu mempermudah hubungan jarak jauh. Anda bisa mendownload aplikasi Zoom melalui Playstore atau langsung dari windows seperti langkah – langkah berikut ini.

Baca Juga : Lensa Kontak Bisa Zoom nantinya .

Apa itu Zoom Meeting?

Sebelum kita ke cara download Zoom, kita simak dulu yuk apa itu Zoom.

Zoom adalah Sebuah layanan konferensi video berbasiskan cloud computing. Aplikasi ini mengizinkan kalian untuk bertemu dengan orang lain secara virtual, entah itu dengan panggilan video, suara, atau keduanya. Menariknya, semua percakapan via Zoom bisa direkam untuk dilihat lagi nantinya.

Baca Juga : Telkomsel Gratiskan Pelanggan Join Aplikasi Cloudx untuk Kerja di Rumah WFH .

Aplikasi Zoom ini dinilai punya kualitas bagus. Buktinya, setengah dari perusahaan yang masuk ke Fortune 500 sudah memakai layanan tersebut. Bapak presiden RI Joko Widodo dan jajarannya dikabarkan juga memakai aplikasi tersebut untuk rapat online dengan anggota kabinet.

Ketika orang berbicara tentang Zoom, kalian biasanya akan mendengar frasa berikut: Zoom Meeting (rapat Zoom) dan Zoom Room (ruang Zoom).  Zoom Zoom adalah istilah yang mengacu pada rapat konferensi video yang dihosting menggunakan Zoom. Kalian bisa bergabung dengan rapat- rapat yang mengundang kalian melalui webcam atau smartphone secara online.

Sementara itu, ruang Zoom sendiri adalah pengaturan perangkat keras fisik yang memungkinkan perusahaan untuk menjadwalkan dan meluncurkan rapat Zoom dari ruang konferensi mereka. Kalian juga bisa memakai aplikasi ini untuk skala kecil, tetapi jika kalian memiliki perusahaan yang besar, tidak ada salahnya untuk membeli layanan premium aplikasi Zoom agar lebih mewadahi pekerjaan kalian lebih mudah.

Baca Juga : Wow Harta CEO Zoom bertambah Rp 66 Triliun dalam 3 Bulan .

READ  5 Aplikasi Paling Aneh untuk Android, Apa Gunanya?

Dalam tahun ini saja jumlah pengguna aplikasi Zoom telah mengalami perkembangan pesat dengan merebaknya pandemi COVID-19. Diperkirakan, perusahan yang memimpin dalam konferensi rapat online ini, mendapatkan lonjakan pengguna aktif sebanyak 2,22 juta per bulan sejauh Maret 2020. Sebuah angka kenaikan yang tinggi jika di bandingkan dengan pengguna aktif 2019 yang berjumlah 1,99 juta pengguna.

 Baca Juga : Cara Membuat Whatsapp Menjadi Auto Reply. 

Harga berlangganan Zoom premium

Zoom memberikan kemudahan bebas biaya atau gratis bagi penggunannya yang mendownload aplikasi ini melalui laptop. Namun bagi pengguna yang ingin melakukan pengelolaan secara lebih besar dan advance harus melakukan registrasi lebih dulu. Terlebih lagi jika kalian ingin melakukan konferensi online dengan lebih dari 1000 orang disaat yang bersamaan, kalian dapat mencoba memakai paket Enterprise Plus dengan harga mulai dari $19,99 per bulan.

Sedangkan bagi penggunanya dalam jumlah konferensi kecil, Zoom juga mempunyai paket gratis tapi tentunya paket ini mempunyai keterbatasan tersendiri seperti partisipan yang dibatasi hanya dengan 100 orang dalam satu konferensi, waktu konferensi 40 menit serta pembatasan fitur- fitur lainnya.

Baca Juga : Cara Memblokir Nomor, Panggilan, Pesan serta Kontak Smartphone OPPO

Fitur- fitur  utama zoom.

Ada beberapa fitur Zoom yang perlu kalian ketahui, Gaes. Simak kuy!

Pertemuan rapat one-on-one.

Host atau tuan rumah bisa melakukan pertemuan persatuan atau one-one-one tanpa batas bahkan dengan paket gratis sekalipun. Kalian juga bisa mudah melakukan manage terhadap user yang bergabung pada Konferensi meeting kalian dengan memakai Aplikasi Zoom

Konferensi Rapat Grup Video.

Kalian bisa mengundang hingga 500 orang peserta jika membeli add-on untuk rapat besar. Namun paket gratis memungkinkan kalian untuk menyelenggarakan konferensi rapat format video sampai 40 menit dan sampai 100 peserta. Zoom sangat mudah digunakan bahkan dengan koneksi yang lambat sekalipun.

Sharing Screen & Chat

READ  Tips Mengaktifkan Grab Now Driver

Peserta bisa bertemu dalam format one-one-one atau dengan kelompok besar serta berbagi layar kalian dengan peserta lain sehingga mereka dapat melihat apa yang kalian lihat. Hal ini sangat berguna bagi kita yang memakai Zoom untuk rapat perkejaan, mempresentasikan proyek dengan client, dan lainnya
 
Untuk peserta juga dalam melakukan Chat ke semua user atau juga ke user lain secara Private. Fitur ini sangat berguna untuk diskusi antar peserta yang hadir untuk rapat dan Conference. Bisa juga dimanfaatkan untuk sesi FAQ atau tanya jawab dengan menginformasikan pertanyaan pada Fitur Chat ini.

Fitur Recording Video Call

Kita bisa melakukan Recording atau merekam Video Call yang kita lakukan, hal ini sangat bermanfaat bagi pengguna yang melakukan Video Conference dimana nantinya videonya akan diupload kembali atau di edit agar lebih baik sebelum di publikasi ke umum.

Cara Mengunduh Aplikasi Zoom

Nah, sekarang saatnya kita memulai langkah-langkah mengunduh aplikasi Zoom baik di laptop, smartphone, ataupun PC. Cekidot!

Aplikasi Zoom Untuk Windows

Kalau kalian ingin mengunduh aplikasi ini lewat laptop, dan laptop kalian memakai Operating System Windows kalian bisa ikuti langkah – langkah berikut.

Pertama, buka Web Browser di Lapotop. Lalu ketik ‘Zoom Cloud Meeting’ pada kolom pencarian. Untuk versi terbarunya 4.6 dan baru saja diupdate tanggal 2 Maret 2020. Lalu Klik ‘Download‘ atau ‘Install’.

Tunggu sebentar, dan aplikasi Zoom sudah bisa kalian pakai di Laptop.

 Baca Juga : Tips Menambahkan Bahasa Jepang di Postingan Instagram agar Follower Meluber.

Aplikasi Zoom Untuk Android Smartphone

Langkah pertama, buka Playstore di smartphone kalian, dan ketik ‘Zoom Cloud Meeting’. Untuk versi terbarunya 4.6 dan baru saja diupdate tanggal 2 Maret 2020. Lalu klik ‘Download’ atau ‘Install’.

Tunggu sebentar, dan aplikasi Zoom sudah bisa kalian pakai smartphone. 

Aplikasi Zoom Untuk Iphone Smartphone

Untuk mengunduh lewat Iphone, kalian buka Appstore di Smartphone, dan ketik ‘Zoom Cloud Meeting’. Untuk versi terbarunya 4.6 dan baru saja diupdate tanggal 2 Maret 2020.

Selanjutnya tap opsi ‘Download’ atau ‘Install’. Tunggu sebentar, dan aplikasi Zoom sudah bisa kalian pakai di smartphone kalian.

Itulah fitur-fitur aplikasi Zoom dan cara mengunduhnya. Selamat beraktivitas buat kalian.

Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Leave A Reply

Your email address will not be published.