Cara Install Font Windows di Ubuntu

0

Linux adalah sistem operasi open source, dimana kalian bisa mengoperasikannya secara gratis dan bebas dimodifikasi. Itu kenapa banyak sekali varian jenis dari distro linux yang tersebar di Internet yang bisa dipakai secara gratis dan sangat bebas.

Meskipun open source, distro linux tidak dapat sembarangan mengunggah file-file termasuk font ke dalam sistem operasinya. Sebab sebenarnya, font mempunyai lisensi untuk digunakan secara bebas dan gratis. Ya, ada beberapa dari distro linux yang mempunyai font yang ada di Windows, tetapi umumnya tidak banyak dan selengkap di windows.

Karena itulah, di artikel ini saya akan kupas tuntas cara install font windows di Linux. Apabila kalian pengguna Ubuntu, panduannya sama. Sebab cara ini berlaku untuk semua distro linux termasuk ubuntu.

Kalian bisa bebas menambahkan font windows di ubuntu seperti Arial, Arial Black, Comic Sans, Impact, Trebuchet, Calibri, dan banyak lainnya. Di bawah ini secara lengkap saya akan jelaskan untuk kalian. Langsung simak kuy.

Cara Install Font Windows di Ubuntu

Supaya bisa instal font windows di ubuntu, pertama-tama kalian harus dalam keadaan online atau terkoneksi dengan internet agar bisa download font yang kalian inginkan. Ukuran font tidak terlalu besar, jadinya hanya akan memakan sedikit data internet kalian.

Langkah awal, buka terminal kalian dengan cara menekan tombol F4 di keyboard. Selanjutnya, ketikkan perintah sudo apt-get install ttf-mscorefonts-installer di terminal lalu klik Enter. Setelahnya, masukkan password kalian saat diminta.

Beriktunya, proses download font windows akan berjalan. Kalian cukup menunggu sampai proses selesai.

Terakhir, kalian ketikkan perintah fc-cache -fv untuk membersihkan cache agar font bisa terdeteksi.

Apabila kalian sudah mengikuti langkah-langkah di atas, tutup terminal kalian dan selanjutnya kalian bisa mencoba apakah font windows sudah berhasil dipasang di ubuntu kalian atau tidak memakai aplikasi Libre atau WPS Office.

Kalau nantinya sudah terlihat font seperti Arial, Arial Black, Comics Sans Ms, dan font lain yang ada di Windows, berarti kalian berhasil mengikuti panduan cara install font windows di ubuntu dengan sukses.

Cara Install Font di Ubuntu

Ketika kalian telah berhasil install font windows di ubuntu memakai panduan di atas, mungkin kalian akan bertanya lagi. Bagaimana cara install font di ubuntu memakai font yang tersebar di internet? Bisakah? Jawabannya adalah bisa.

Ada banyak sekali situs web yang menawarkan font yang keren dan unik untuk dipasang di operasi linux kalian. Apabila kalian tidak terlalu tertarik dengan font-font windows, kalian harus mencoba font yang lebih keren di beberapa situs di internet.

Cara install font di Ubuntu yang pertama yaitu kalian harus memastikan sudah memiliki file font yang ingin dipasang. (cara mencari font bisa kalian baca di bawah)

Selanjutnya, Extract file .zip yang berisi dengan file font. Langsung klik kanan salah satu file OTF atau TTF lalu pilih Copy to…

Setelah itu akan muncul jendela file manager, masuk ke Home dan klik kanan centang Show hidden files.

Langkah selanjutnya, masuk ke folder .local, klik share, dan tap opsi Font lalu pilih tombol Select.

Dengan begitu untuk memastikan apakah font sudah berhasil kalian pasang atau tidak, kalia bisa buka aplikasi Libre Office atau WPS Office lalu periksa apakah font sudah ada.

Sebagai catatan, pada folder Font tersebut kalian bisa mengolah semua font yang ada di ubuntu. Kalian dapat menghapus font, menambah font, dan mengelola font di ubuntu kalian.

Cara Mencari Font di Internet

Cara memasang font windows di ubuntu sudah. Cara install font di ubuntu juga sudah. Lalu adakah cara mencari font yang ada di internet untuk dipasang di linux? Ada kok.

Ada beberapa situs web yang memberikan berbagai macam font yang bisa kalian pakai secara gratis. Misalnya: dafont.com; urbanfonts.com; dan fontspace.com.

Selesai sudah artikel ini. Semoga memberikan manfaat dan kalian bisa mencobanya langsung.

Salam teknologi!

Leave A Reply

Your email address will not be published.