Cara Kalibrasi Baterai Laptop Windows 10

0

Dengan berjalannya waktu, kinerja baterai laptop akan terus menerus melemah, khususnya untuk laptop yang dipakai sehari-hari. Salah satu tanda mengetahui baterai laptop sudah melemah adalah ketidak akuratan sistem dalam membaca status baterai tersebut.

Hal ini pasti akan mengganggu, khususnya bagi kalian yang bekerja di luar ruangan. Contohnya indikator baterai memperlihatkan bahwa baterai laptop bisa bertahan 3 jam lagi, tapi sebenarnya sisa daya tersebut hanya mampu menghidupkan baterai selama 1 jam

Baca Juga : Penyebab Charger Laptop atau Adapter Rusah.

Bagi sebagian orang yang bekerja di dalam ruangan dengan adanya sumber daya mungkin kekeliruan sistem ini bukan masalah. Karena laptop jaman sekarang disebutkan masih bisa digunakan ketika kondisi laptop sedang dalam pengisian ulang.

Tetapi, apabila kalian bingung dengan masalah baterai laptop yang dalam kondisi seperti itu. Maka sebaiknya melakukan kalibrasi pada baterai laptop.

Dengan melakukan kalibrasi kalian bisa mengetahui apakah baterai laptop sudah rusak dan harus diganti atau masih bisa diperbaiki seperti semula lagi.

CARA MENGKALIBRASI BATERAI LAPTOP WINDOW 10

Biasanya laptop berkinerja tinggi biasanya mempunyai fitur untuk mengkalibrasi baterai, sehingga hal itu akan memudahkan pengguna kalau suatu saat baterai laptop perlu dikalibrasi. Tapi, tidak semua laptop mempunyai fitur tersebut.

Kalian tidak perlu khawatir karena baterai laptop masih bisa dikalibrasi dengan cara lain. Untuk cara kalibrasi baterai laptop sendiri bisa ikuti langkah demi langkahnya di bawah ini ya, Gaes.

KALIBRASI BATERAI LAPTOP SECARA MANUAL

Untuk melakukan kalibrasi baterai laptop secara manual kalian harus mencegah laptop beralih mode secara otomatis ke mode Power savingSleep atau Hibernation. Langkah untuk mencegah hal itu terjadi, kalian bisa mengatur daya laptop di pengaturan. Untuk langkahnya bisa kalian ikuti di bawah ini.

Langkah pertama kalian buka Control Panel, kemudian tap opsi Hardware and Sound, lalu klik tombol Power Option. Selanjutnya kalian pilih Change when the computer sleeps.

Langkah berikutnya, ubah durasi waktu pada Put the computer to sleep menjadi Never.

Setelah itu kalian bisa pergi ke menu Change Advanced power settings.

Sesudah itu akan terbuka tab baru, lalu pada pilihan opsi tekan menu Battery. Sedangkan untuk membuka menu Battery klik simbol “+”, dan kalian buka menu Critical battery action dan pilih pengaturan Hibernate.

Langkah selanjutnya, pilih dan buka juga menu Critical batterly level. Di bagian On Bateery, kalian setel persentasenya ke nilai paling rendah 1% sampai 5%.

Kalau sudah, selanjutnya tap opsi Apply, klik OK, dan Save changes untuk menyimpan pengaturan yang sudah kalian atur.

Tahap berikutnya apabila pengaturan daya sudah kalian setel dengan mengikuti langkah di atas, sekarang kalian saatnya sudah siap untuk mengkalibrasi baterai laptop secara manual.

Cara kalibrasi baterai laptop secara manual yang pertama adalah mengisi baterai laptop sampai penuh (100%). Setelah baterai laptop penuh charger laptop jangan dilepas terlebih dahulu. Biarkan terhubung selama beberapa jam (supaya menjadi dingin).

Selanjutnya lepaskan charger dan biarkan laptop sampai kehabisan daya baterai dengan sendirinya. Selesai baterai laptop kehabisan daya, maka laptop akan mati sepenuhnya atau berhibernasi.

Langkah selanjutnya, charger kembali baterai laptop sampai terisi penuh 100%. Saat baterai laptop masih dalam pengisian ulang, sebaiknya laptop tidak dipakai terlebih dahulu.

Nanati kalau baterai laptop sudah terisi penuh, maka proses kalibrasi baterai laptop secara manual sudah selesai. Kini baterai laptop kalian seharusnya sudah kembali normal dan laptop sudah bisa membaca status indikator baterai secara normal.

Gaes, itulah cara kalibrasi baterai laptop di Windows 10 yang bisa dilakukan dengan mudah.

Semoga artikel ini bermanfaat dan membantu bagi yang mengalami baterai laptop yang sudah lemah atau sistem laptop tidak bisa membaca indikator baterai dengan akurat.

 

Salam teknologi!

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.