Cara Live di Fitur Voice Chat Telegram, Jadi Mirip Clubhouse

Clubchat bisa dumpamakan sebagai sebuah podcast, tapi si pembicaranya berbicara secara langsung atau live. Clubhouse sendiri baru tersedia untuk perangkat iOS dan tengah dikembangkan untuk Android.

0

Adanya pembaruan fitur voice chat di Telegram sudah resmi dirilis. Pembaruan ini membuat Telegram mempunyai fitur aplikasi mirip Clubhouse.

Aplikasi pesan instan saat ini sudah berkembang pesat. Jika dulu yang banyak dieknal adalah WhatsApp, maka kini sudah hadir lagi aplikasi lain yang tak kalah canggih. Salah satunya adalah Telegram.

Adanya pembaruan fitur voice chat di Telegram sudah resmi dirilis. Pembaruan ini membuat Telegram mempunyai fitur aplikasi mirip Clubhouse.

Sebagaimana diketahui, aplikasi media sosial berbasis live audio chat, Clubhouse sedang hits akhir-akhir ini. 

Banyak acara live dengan topik yang menarik dengan pembicara yang berkualitas diadakan di media sosial tersebut. 

Mudahnya, Clubchat bisa dumpamakan sebagai sebuah podcast, tapi si pembicaranya berbicara secara langsung atau live.

Clubhouse sendiri baru tersedia untuk perangkat iOS dan tengah dikembangkan untuk Android.

Karena itu, sebelum Clubhouse versi Android benar-benar rilis, Telegram malah lebih dulu merilis pembaruan fitur voice chat.

Fitur voice chat yang telah ada sebelumnya membuat pengguna di grup chat dapat berpartisipasi secara mudah di live audio chat atau conference call di grup tersebut. Kalian dapat masuk, dan juga keluar selama sesi live audio chat itu berlangsung.

Sekarang, sesudah fitur voice chat diperbarui, ada beberapa fitur tambahan. Fitur tambahan itu antara lain live audio chat yang dapat direkam, adanya virtual hand raising, dapat membuat invite link, sampai jumlah pendengar yang tidak terbatas. Fitur voice chat juga dapat dipakai di channel dan di grup.

Cara memakai fitur voice chat Telegram

Untuk mulai memakai fitur voice chat di Telegram caranya tidak sulit. 

Pertama, kalian perbarui dulu aplikasi Telegram di perangkat kalian. Kalau pembaruannya sudah tersedia, di keterangan Telegram di PlayStore dan di App Store nanti ada tulisan “Voice Chat 2.0”.

Sesudah aplikasinya diperbarui, admin channel dan grup kini dapat menjadi host live audio chat. 

Supaya bisa menjadi host caranya yaitu cukup kalian masuk saja ke grup atau channel yang dikelola, lalu pilih tanda () atau () di pojok kanan atas untuk membuka menu.

Sesudah itu, di menu klik saja “Start Voice Chat”. Jika live-nya mulai, akan ada tombol bulat besar berikon mikrofon di bagian bawah akan berwarna hijau. Di bawah tombol bulat itu akan ada tulisan “You are Live”.

Admin channel atau grup juga dapat merekam live audio chat tersebut. Untuk mulai merekam selama live audio chat, admin cukup klik tanda () di pojok kanan atas, dan tap “Start Recording”.

Untuk membagikan link dari live audio chat yang sedang berlangsung pun caranya hampir sama, cukup masuk ke menu dan tap “Share invite link”.

Berikutnya, selama live audio chat berlangsung, admin juga dapat mengatur siapa saja yang bisa berbicara dan siapa saja yang mute. Caranya, klik ikon mikrofon di samping kanan nama pengguna.

Ikon di samping kanan nama pengguna tadi akan berubah jadi ikon orang mengangkat tangan kalau pengguna lain memang memakai fitur “raise hand”. Untuk mempersilakan pengguna tersebut berbicara, cukup tap saja ikonnya dan klik “Allow to speak”.

Itu tadi artikel mengenai penjelasan singkat cara live di fitur voice chat di Telegram.  Jangan lupa juga untuk selalu update berita dan tips terbaru seputar ilmu pengetahuan dan teknologi hanya di techjak.com. Sampai bertemu lagi di artikel yang lainnya.  Salam teknologi!

Leave A Reply

Your email address will not be published.