Cara Melakukan Inspect Element di Android

0

Inspect Element merupakan alat yang cukup berguna yang biasanya ada di browser web. Inspect Element bisa membantu kalian untuk mengetahui kode dasar yang ada di dalam halaman web. Ini artinya kalian bisa melihat sumber gambar, kode javascript, kode css, font yang dipakai, warna dan kode HTML. Pengguna PC bisa dengan mudah mengakses Inspect Element di browser web mereka. Tapi, seperti saat memakai Android? Apa cara Inspect Element di Android sama?

Gaes, kalau kalian mau mendapatkan akses Inspect Element di Android, caranya sangat berbeda dari di PC. Sebab di browser web di Android tidak ada fitur bawaan untuk Inspect Element. Kalau kalian mau tahu bagaimana Inspect Element di Android, ada aplikasi di Google Playstore yang bisa membantu kalian melakukan Inspect Element di Android.

Saya akan memberikan beberapa cara untuk melakukan Inspect Element di Google Chrome Android supaya bisa melihat kode HTML pada halaman web.

Cara Inspect Element di HP Android

Aplikasi Edit Webpage

Pertama-tama, buka Google Playstore, instal Edit Webpage dan buka aplikasinya kalau sudah selesai instal. Otomatis halaman google tampil.

Selanjutnya, ketik situs web atau URL halaman web yang ingin di Inspect Element. Nanti kalau situs web sudah terbuka, klik ikon edit di pojok kanan atas.

Nah, kini kalian bisa melakukan perubahan yang kalian inginkan di halaman web tersebut.

Kalau kalian sudah melakukan perubahan yang diperlukan di halaman web, klik sekali lagi ikon edit untuk menyimpan perubahan dari Inspect Element yang kalian lakukan.

Jika kalian sudah berhasil mengetahui cara Inspect Element di Android dan sudah coba mengobah sebuah halaman web memakai aplikasi Edit Webpage, kalian bisa screenshot perubahan dari Inspect Element kalian untuk dipamerkan dan untuk kesenangan lainnya.

Cara Inspect Element di Google Chrome Android

Cara tidak memerlukan aplikasi tambahan. Kalian hanya peru memakai Google chrome yang pastinya selalu ada di semua perangkat android. 

Pertamanya, buka browser Chrome di perangkat Android kalian. Lalu buka halaman web yang kalian inginkan. Ketika sudah terbuka, tambahkan view-source: di awal link URL halaman web. Misalnya view-source:https://techjak.com

Selanjutnya pilih Enter dan kalian bisa melihat kode dari halaman web. Kalian dapat menyalin kode dan melakukan perubahan sesuai kebutuhan.

Sayangnya, kalian tidak bisa menerapkan perubahan langsung seperti pada cara sebelumnya memakai aplikasi Edit Webpage. Kalian hanya bisa menyalin kode halaman web dan melakukan perubahan di tempat lain.

Meski begitu, kalau kalian memakai Google Chrome di PC, kalian bisa melakukan perubahan Inspect Element secara langsung. Cara Inspect Element di Google Chrome juga sangat mudah, kalian hanya perlu klik kanan lalu pilih menu Inspect Element.

Manfaat Inspect Element

Inspect Element berfungsi untuk mengubah tampilan situs web atau halaman web di perangkat kalian. Di samping itu, Inspect Element sangat bermanfaat juga saat kalian mau melihat desain sebuah situs web atau melihat font apa yang dipakai di dalam situs web. Kalian pun bisa melihat apa saja kode css yang dipakai, serta cara kerja javascript dalam situs web, dan lain-lain.

Biasanya orang-orang memakai Inspect Element untuk kesenangan saja. Contohnya di halaman profil facebook kalian bisa memakai inspect element untuk mengubah foto seseorang dengan foto lain. Kalian bisa iseng ke teman-teman anda dengan cara Inspect Element di Android ini.

Akapitetaoi, intinya Inspect Element hanya berlaku untuk perangkat kalian saja. Bahkan saat kalian refresh atau memuat ulang halaman web tersebut, Inspect Element akan hilang dan halaman web berubah kembali ke awal semula.

Demikianlah beberapa cara melakukan Inspect Element di Android. Kalian boleh cara yang mana saja sesuai kebutuhan. 

Semoga bermanfaat.

Salam teknologi!

Leave A Reply

Your email address will not be published.