Cara Melakukan Kalibrasi Baterai Laptop, Anti Mati Tiba – Tiba!

Hal itu mengindikasikan bahwa indikator baterai laptopmu tersebut sudah ngawur guys. Kinerja baterai laptopmu tersebut sudah melemah yang membuat sistem tidak bisa membaca status baterai dengan akurat. Jika sudah begini, maka kamu perlu melakukan kalibrasi baterai laptop segera guys. Yuk simak cara melakukannya berikut ini!

0

Ada banyak faktor penting yang perlu diperhatikan agar laptop tetap bisa digunakan dengan optimal. Salah satu komponen penting yang perlu diperhatikan dari laptop adalah baterai. Soalnya kalau baterai sudah rusak, maka kamu tidak bisa menggunakan laptop tersebut jika tidak dicolok.Apakah laptop kamu pernah tiba – tiba mati karena baterai laptop yang habis tiba – tiba? Padahal indikator baterai laptopmu menunjukkan bahwa laptopmu masih bisa digunakan beberapa jam kedepan. Eh tiba – tiba laptopmu mati sebelum digunakan.

Penggunaan laptop kini semakin meningkat karena banyak aktivitas dilakukan secara online. Entah buat menyelesaikan tugas kuliah ataupun pekerjaan. Ada banyak faktor penting yang perlu diperhatikan agar laptop tetap bisa digunakan dengan optimal. Salah satu komponen penting yang perlu diperhatikan dari laptop adalah baterai.

Soalnya kalau baterai sudah rusak, maka kamu tidak bisa menggunakan laptop tersebut jika tidak dicolok.Apakah laptop kamu pernah tiba – tiba mati karena baterai laptop yang habis tiba – tiba? Padahal indikator baterai laptopmu menunjukkan bahwa laptopmu masih bisa digunakan beberapa jam kedepan. Eh tiba – tiba laptopmu mati sebelum digunakan.

Hal itu mengindikasikan bahwa indikator baterai laptopmu tersebut sudah ngawur guys. Kinerja baterai laptopmu tersebut sudah melemah yang membuat sistem tidak bisa membaca status baterai dengan akurat. Jika sudah begini, maka kamu perlu melakukan kalibrasi baterai laptop segera guys. Yuk simak cara melakukannya berikut ini!

Cara melakukan kalibrasi laptop secara manual

Baterai laptop dengan sistem operasi Windows 7, 8 dan 10 bisa kamu lakukan secara manual. Cara ini relatif lebih aman dan juga tidak memerlukan aplikasi tambahan sama sekali. Namun kamu perlu memastikan bahwa laptopmu tidak berubah menjadi mode sleep, hibernation serta power saving secara otomatis. Berikut adalah langkah – langkah melakukan kalibrasi secara manual:

  1. Isilah baterai laptopmu sampai 100% dan biarkan charger tetap terhubung sampai penuh dan biarkan selama beberapa menit atau jam.
  2. Lepaskan charger tersebut dan gunakan laptop sampai kehabisan baterai sendiri.
  3. Isi lagi baterai tersebut sampai penuh dan tetap matikan laptop. Namun jangan digunakan sama sekali selama diisi. 
  4. Proses kalibrasi sudah selesai dilakukan ketika baterai ponselmu tersebut sudah penuh guys.
  5. Selesai deh! sekarang baterai laptopmu sudah kembali membaik dan tidak akan mati tiba – tiba lagi.

Cara melakukan kalibrasi baterai laptop melalui BIOS

Kalibrasi baterai laptop juga bisa kamu lakukan melalui menu BIOS guys. BIOS ini bisa melindungi baterai laptop yang di-charge secara terus – menerus supaya usia baterai laptop tersebut tetap terjaga. Namun sayangnya fitur BIOS ini hanya tersedia pada model laptop tertentu. Berikut adalah langkah – langkah melakukan kalibrasi baterai laptop melalui fitur BIOS:

  1. Langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah masuk ke dalam menu BIOS dengan craa menekan F2 pada keyboard. Setelah itu carilah menu power.
  2. Kamu akan diberikan beberapa opsi dan pilihlah opsi Start Battery Callibration dan tekan tombol enter pada keyboard laptop.
  3. Layar laptopmu akan berubah menjadi warna biru. Lepas charge ketika baterai laptopmu sudah terisi penuh ketika sudah ada petunjuk di layar dimana charger laptopmu sudah penuh.
  4. Sekarang gunakan laptopmu seperti biasa sampai baterai laptopmu sudah habis dan mati sendiri.
  5. Setelah itu isi baterai laptop sampai penuh. Jangan nyalakan atau menggunakan baterai laptop selama diisi baterai tersebut.
  6. Proses kalibrasi selesai kamu lakukan ketika baterai laptop sudah penuh.

Salam teknologi! Nah begitulah caranya melakukan kalibrasi baterai laptop dengan cara manual serta melalui menu BIOS. Ada juga cara lain yang bisa kamu lakukan dalam melakukan kalibrasi baterai laptop ini menggunakan software guys. Salah satu software yang bisa digunakan adalah Batterycare. Semoga berguna yaa.

Leave A Reply

Your email address will not be published.