Cara Melakukan Pencarian Berdasarkan Tipe File di Google Drive

0

Kebutuhan manusia untuk menyelesaikan berbagai pekerjaan bisa selaras dengan perkembangan teknologi yang terus berkembang. Teknologi memberikan banyak kemudahan untuk manusia mencari solusi teknis masalah yang mereka hadapi.

Seperti saat kalian ingin mencari sebuah artikel, informasi, atau gambar di folder Google Drive kalian, tapi tidak punya banyak waktu untk mencarinya satu persatu. Maka kini kalian bisa bernafas lega. Ini karena Google memberikan layanan terbarunya, khusus buat kalian yang sering menggunakan Google Drive untuk menyelesaikan berbagai keperluan atau pekerjaan kalian.

Google sampai saat ini terus berkembang jauh meninggalkan pesaing-pesaingnya dengan menghadirkan inovasi-inovasi baru tanpa henti. Produk-produk Google memang selalu memberikan pelayanan optimal dan juga memberi fitur-fitur baru yang terkadang membuat kita merasa takjub.

Baca Juga : Cara Download File di Google Drive

Perusaaan raksasa mesin pencarian ini memberikan inovasi selaras dengan perkembangan teknologi dan kebutuhan manusia yang makin kompleks. Google pastinya sudah tahu segmen yang akan disasar dan menjadikan mereka fokus membuat inovasi tersebut bisa efektif menjadi populer dan digunakan banyak orang di dunia.

Akan tetapi, di antara berbagai kelebihan dai pihak Google, Search Engine Google-lah menjadi yang terbaik. Search engine Google yang sudah dikembangkan menjadi fitur Smart Search pada produk-produk Google jauh lebih hebat dan sangat sedikit layanan lain yang bisa menyamainya.

Baca Juga : Cara Berbagi Link Download Google Drive

Seperti contohnya apabila kalian memakai Gmail,  kalian akan merasakan seperti apa jagonya menu pencarian Gmail yang bisa membantu kalian dalam  menemukan email yang kalian cari walaupun kalian hanya mengingat sebagian kata dari email tersebut. Google memang semakin meningkatkan kemampuan pencarian pada produk mereka dan begitu juga dengan parameter-parameter yang terus berkembang. 

Baca Juga : Cara Upload File di Google Drive

Mungkin ada kalian yang belum tahu, Google juga sudah meningkatkan fitur Search pada Google Drive. Peningkatan yang sangat pesat pada fitur pencarian ini memanjakan kalian bahkan sampai untuk melakukan pencarian secara detail berdasarkan type file dan juga date modified!

Update berikutnya akan membawa beberapa parameter baru untuk membuat pencarian lebih spesifik dan lebih bermanfaat buat kalian.

Fitur baru ini terhubung pada search bar yang ada pada bagian atas. Tap menu textbox pada bar perncarian dan daftar tipe file yang bisa kalian cari akan muncul. Tap salah satu jenis file yang ada dalam daftar, dan tipe tersebut akan secara otomatis menjadi filter pencarian. Ikuti dengan nama file yang akan kalian cari, bisa memakai nama file lengkap maupun sebagian saja lalu tekan tombol Enter.

Baca Juga : Cara Mengatasi Limit Google Drive dengan Mudah

Sesudah itu, apabila kalian ingin mendeskripsikan pencarian berdasarkan tanggal pembuatan file, tanggal terakhir file dimodifikasi, pemilik file atau berdasarkan folder tempat file berada, kalian hanya tinggal melakukan klik pada Search Bar lalu scroll ke bawah pada daftar file type dan tekan tombol More Search Tools untuk membuka menu yang berisi parameter-parameter tambahan.

Fitur baru pada pencarian Google Drive ini ternyata juga dapat kalian nikmati dengan memakai aplikasi mobile. Update aplikasi Google Drive Mobile-kalian dan kalian bisa memakai Google Drive dengan rasa Windows Explorer. 

Demikianlah sedikit penjelasan tentang Cara Melakukan Pencarian Berdasarkan Tipe File di Google Drive. 

Semoga artikel ini bisa memberikan informasi yang bermanfaat untuk kalian. Jangan lupa untuk terus update berita dan informasi terbaru seputar dunia ilmu pengetahuan dan teknologi.  Banyak tips dan review dari berbagai kecanggihan teknologi saat ini juga, hanya di website techjak.com yang selalu up to date mengabarkan setiap hari.

Sampai bertemu lagi di artikel lainnya, Gaes.

Salam teknologi!

Leave A Reply

Your email address will not be published.