Cara Melakukan Screenshot Panjang di Android dan iPhone

Apakah kamu termasuk salah satu pengguna yang tidak tau bagaimana cara melakukan screenshot panjang? Padahal kamu bisa melakukan screenshot sambil scroll layar ponsel dengan mudah loh. Yuk simak cara mengambil screenshot panjang di Android dan iPhone yang bisa kamu lakukan berikut ini!

0

Trik melakukan screenshot panjang ini jauh lebih praktis dan juga bisa menghemat memori penyimpanan dibandingkan harus melakukan screeshoot satu – persatu menggunakan aplikasi untuk merekam layar yang semakin banyak beredar saat ini. Sayangnya masih banyak pengguna smartphone yang tidak tau mengenai fitur untuk screenshot panjang ini guys. Apalagi mengenai cara menggunakannya, sangat banyak pengguna smartphone yang belum tau mengenai hal ini.

Screenshot panjang adalah salah satu hal yang sering dilakukan oleh para pengguna smartphone. Hal ini dibutuhkan untuk menyimpan informasi penting yang muncul di layar ponsel. Trik melakukan screenshot panjang ini jauh lebih praktis dan juga bisa menghemat memori penyimpanan dibandingkan harus melakukan screeshoot satu – persatu menggunakan aplikasi untuk merekam layar yang semakin banyak beredar saat ini.

Sayangnya masih banyak pengguna smartphone yang tidak tau mengenai fitur untuk screenshot panjang ini guys. Apalagi mengenai cara menggunakannya, sangat banyak pengguna smartphone yang belum tau mengenai hal ini. Apakah kamu termasuk salah satu pengguna yang tidak tau bagaimana cara melakukan screenshot panjang? Padahal kamu bisa melakukan screenshot sambil scroll layar ponsel dengan mudah loh. Yuk simak cara mengambil screenshot panjang di Android dan iPhone yang bisa kamu lakukan berikut ini!

Cara mengambil SS panjang di Android tanpa aplikasi

Screenshot panjang bisa kamu ambil tanpa menggunakan aplikasi tambahan sama sekali loh guys. Cara yang satu ini sangat praktis dan cocok buat kamu yang malas memasang aplikasi abru. Berikut adalah langkah – langkah yang perlu kamu lakukan untuk mengambil screenshot panjang di Android:

  1. Tekanlah tombol power +volume down di ponselmu secara bersamaan sama halnya dengan cara melakukan screenshot biasanya.
  2. Setelah rekaman layar diambil, maka akan muncul opsi scroll atau opsi lain yang sama (tergantung dengan merk HP yang kamu gunakan). Pilihlah opsi tersebut. Setelah itu, lakukan scroll layar sampai ke bagian yang ingin kamu ambil rekam layarnya.
  3. Pilih tombol save untuk menyimpan hasil screenshot tersebut.
  4. Selesai! Sekarang kamu sudah berhasil merekam layar sepanjang apapun yang kamu scroll tadi.

Cara melakukan screenshot panjang di iPhone 

iPhone belum memberikan fitur yang memungkinkan penggunanya untuk mengambil screenshot panjang guys. Namun kamu tetap bisa mengambil screenshot panjang melalui iPhone. Memang sudah banyak aplikasi yang menawarkan fitur ini untuk iPhone beredar. Kamu bisa memilih salah satu aplikasi tersebut dan menggunakannya di iPhone milikmu. Salah satu aplikasi yang bisa kamu gunakan adalah LongShot. Berikut adalah langkah – langkah yang perlu kamu lakukan:

  1. Unduh dan pasanglah aplikasi LongShot di iPhone yang kamu gunakan
  2. Bukalah menu LongShot yang sudah kamu pasang tadi, lalu bukalah menu Capture Web Page.
  3. Masukkan URL situs tujuan yang ingin kamu screenshot. 
  4. Ketika laman web yang ingin kamu screenshot tersebut sudah terbuka, maka lakukan scroll sampai ke batas tempat kamu ingin berhenti mengambil ss tersebut.
  5. Tekanlah tombol End here and capture yang terdapat di bagian kanan bawah layar. Hasil SS ini akan tersimpan secara otomatis di galeri guys.
  6. Selesai! Sekarang kamu berhasil merekam informasi dari layar ponselmu tersebut. 

Salam teknologi! Nah begitulah caranya melakukan screenshot panjang di Android dan juga di iPHone. Caranya mudah sekali untuk dilakukan yaa guys. Khusus pengguna Android, kamu tak perlu repot menggunakan aplikasi pihak ketiga karena Android sudah menyediakan fitur untuk para penggunanya supaya bisa mengambil screenshot panjang.

Bagi kamu pengguna iPhone maka kamu masih perlu menggunakan aplikasi tambahan yaa guys. Kamu belum bisa mengambil SS  panjang di iPhone milikmu tanpa menggunakan aplikasi apapun. Semoga berguna. 

READ  Tips Memilih HP untuk Gaming, Auto WWCD dan Booyah!

Leave A Reply

Your email address will not be published.