Cara Melakukan Uninstall Aplikasi di Laptop atau PC

0

Pemakaian laptop sudah sangat penting bagi kehidupan manusia. Ditambah lagi untuk kalian yang bekerja dan alat utamanya adalah komputer atau laptop.

Setiap dari kalian sebagai pengguna, kalian diberi kuasa sendiri untuk melakukan banyak hal pada laptop atau PC kalian, termasuk install aplikasi.

Hanya saja kadang disebabkan terlalu banyaknya aplikasi yang kalian install, ini malah membuat laptop kalian menjadi tidak stabil dan lama kelamaan akan mengalami kerusakan.

Baca Juga : Cara Mempecepat Starup Windows Dengan msconfig

Banyaknya aplikasi yang diinstall juga berakibat pada ruang penyimpanan pada laptop atau PC kalian. Apabila terlalu penuh, kalian akan kekurangan ruang penyimpanan untuk menyimpan file yang kalian punya. Cara mengatasinya adalah dengan melakukan uninstall aplikasi yang tidak terlalu kalian manfaatkan.

Apabila kalian masih bingung bagaimana cara melakukan uninstall di laptop atau PC, maka kalia tidak perlu khawatir. Saya di sini akan merangkum beberapa cara agar kalian bisa melakukan uninstall sebuah aplikasi di laptop atau PC kalian.

Cara Uninstall Aplikasi di Laptop atau PC

Menu Start

Cara uninstall aplikasi yang pertama bisa lewat menu start. START adalah fitur abwaan dari windows yang di dalamnya ada banyak fitur salah satunya untuk melihat semua aplikasi yang sudah kalian install.

Untuk mengakses menu start kalian dapat menekan tombol windows pada keyboard atau menekan menu dengan icon windows yang berada di pojok kiri bawah.

Untuk melakukan uninstall lewat menu start, kalian bisa tekan tombol Windows pada pada keyboard atau klik icon windows di bagian kiri bawah layar kalian.

Baca Juga : 5 Langkah yang Wajib Dilakukan Setelah Install Windows 10

Kemudian silahkan pilih aplikasi yang ingin kalian install, atau bisa menekan tombol all apps yang berada di bagian atas. Sesudah memilih aplikasi, silahkan klik kanan aplikasi tersebut dan pilih Uninstall.

Control Panel

READ  Cara Keluar dan Menghapus Akun Mi Cloud Xiaomi

Setiap laptop dengan OS windows pasti mempunyai pengawasan yang bisa kalian pakai untuk mengatur banyak hal seperti jaringan, hardware dan masih banyak lagi.

Lewat control panel kalian juga bisa mengakses aplikasi yang sudah kalian install dan sekaligus melakukan uninstall aplikasi tersebut.

Untuk uninstall aplikasi lewat Control Panel, pertamanya kalian akses Control Panel dengan salah satu cara ini. Bisa dengan menekan tombol Keyboard Windows + R, lalu ketik control panel dan enter. Kemudian klik start lalu klik Control Panel. Sedangkan untuk windows 8, silahkan arahkan mouse ke arah atas kanan dan pada kolom search ketik Control panel.

Baca Juga : 4 Cara Unistall Aplikasi Pada Windows 10

Apabila Control Panel sudah terbuka, kalian pilih menu Programs biasanya terletak di bagian paling bawah. Dan untuk tampilan selanjutnya kalian akan melihat semua aplikasi yang sudah kalian install.

Lanjutkan dengan pilih aplikasi dan klik uninstall pada bagian atas atau klik kanan aplikasi dan pilih uninstall. Lalu kalian tinggal menunggu sampai proses uninstall selesai.

Softaware Revo Uninstaller

 

Cara yang ketiga kalian dapat memakai software dari pihak ketiga. Softaware ini sangat ampuh dalam menghapus aplikasi.

Di samping itu aplikasi ini juga bisa menghapus registry file dari sebuah aplikasi yang sudah di uninstall.

Karena itu sangat cocok sekali untuk membersihkan atau menguninstall aplikasi sampai ke akar-akarnya.

Pertamanya, kalian download Revo Uninstaller dan install seperti install aplikasi pada umumnya. Setelah membuka Revo uninstaller kalian akan melihat semua aplikasi yang kalian install. Lalu klik aplikasi dan tekan tombol Uninstall pada menu bar.

Baca Juga : Cara Unistall Aplikasi di Laptop atau PC sampai Tuntas

READ  Cara Membuka Password RAR

Nantinya kalian akan diminta untuk melakukan backup terlebih dahulu. Langsung pilih cara scanning yang kalian inginkan, disarankan Moderate agar tanpa terjadi kerusakan pada sistem. Klik Scan, kemudian pilih registry aplikasi yang ingin kalian uninstall tadi dan klik tombol Delete

Apps and Features

Dengan aplikasi ini akan terlihat semua aplikasi yang kalian instal. Cara memakainya mudah.

 Kalian akses menu start dengan tekan tombol windows pada keyboard, atau klik icon windows pada bagian kiri layar.

Kalian tap opsi Setting yang berbentuk icon gerigi. Nanti di kolom search ketik Apps and Features, lalu klik. Setelahnya kalian klik aplikasi yang ingin di uninstall dan nanti akan muncul tombol Uninstall pada bagian bawah. Silahkan klik untuk memulai proses uninstall.

Itulah cara uninstall aplikasi di laptop atau PC. Selamat mencoba!

Leave A Reply

Your email address will not be published.