Cara Melakukan Unlock Bootloader (UBL) pada Xiaomi, Sangat Berguna!

Proses UBL pada Xiaomi memiliki beberapa kelebihan dan juga kekurangan. Beberapa kelebihan dari UBL ini adalah kamu akan memiliki kebebasan untuk memodifikasi HP Xiaomi, melakukan tweaks atau peningkatan peforma dari settingan pabrik. Sementara kekurangan dari UBL ini adalah tidak mendapatkan dukungan update sistem operasi dan juga kamu akan kehilangan garansi yang diberikan oleh Xiaomi guys. 

0

Apakah kamu pernah melakukan UBL ini pada ponsel Xiaomi milikmu? Metode UBL pada tahun 2020 ini tidak sama dengan cara dulunya. Yap! Metode untuk melakukan UBL pada Xiaomi ini sudah berubah sejak bulan Oktober 2018 lalu. Istilah bootleader sendiri mungkin masih kurang familiar jika kamu adalah semua pemula guys. Bootleader merupakan kode yang harus dieksekusi oleh sistem operasi yang berjalan pada ponselmu, termasuk Xiaomi.

Sebagai pengguna ponsel Xiaomi, kamu bisa mengoprek ponselmu tersebut loh guys. Namun sebelum melakukan hal tersebut, kamu perlu melakukan unlock bootleader atau UBL terlebih dahulu. Apakah kamu pernah melakukan UBL ini pada ponsel Xiaomi milikmu? Metode UBL pada tahun 2020 ini tidak sama dengan cara dulunya.

Yap! Metode untuk melakukan UBL pada Xiaomi ini sudah berubah sejak bulan Oktober 2018 lalu. Istilah bootleader sendiri mungkin masih kurang familiar jika kamu adalah semua pemula guys. Bootleader merupakan kode yang harus dieksekusi oleh sistem operasi yang berjalan pada ponselmu, termasuk Xiaomi.

Jadi jika kamu melakukan unblock bootleader pada Xiaomi membuat kamu bisa bebas melakukan perubahan pada sistem operasi. Namun risikonya sangat jelas dimana kamu tidak akan mendapatkan dukungan update dan jaminan keamanan langsung dari Xiaomi. Yuk simak cara melakukan UBL pada Xiaomi berikut ini guys!

Proses UBL pada Xiaomi memiliki beberapa kelebihan dan juga kekurangan. Beberapa kelebihan dari UBL ini adalah kamu akan memiliki kebebasan untuk memodifikasi HP Xiaomi, melakukan tweaks atau peningkatan peforma dari settingan pabrik. Sementara kekurangan dari UBL ini adalah tidak mendapatkan dukungan update sistem operasi dan juga kamu akan kehilangan garansi yang diberikan oleh Xiaomi guys. 

Sebelumnya proses UBL harus kamu ajukan dulu dan menunggu adanya SMS konfirmasi untuk melakukan UBL ini. Namu sekarang metodenya sudah berbeda guys. Xiaomi mengeluarkan ketentuan baru dimana kamu tidak perlu melakukan request UBL dan bisa langsung menggunakan aplikasi Mi Unlock. Berikut adalah langkah – langkah melakukan UBL pada Xiaomi:

  1. Langkah pertama adalah siapkan alat dan bahan yang dibutuhkan. Pastikan kamu punya Mi Account dan sudah login. Siapkan kabel USB, laptop atau PC dengan Windows 7 64 bit (minimal), software Mi Unlock Tools dan Minimal ADB Fastboot.
  2. Aktifkan opsi pengembang atau developer mode pada ponsel Xiaomi milikmu. Caranya dengan membuka menu pengaturan, pilih tentang ponsel dan ketuk pada bagian versi MIUI sebanyak tujuh kali.
  3. Kamu bisa mulai melakukan UBL degan memilih opsi Status Mi Unlock
  4. Menu pop-up untuk perizinan akan muncul dan tekan pada tombol setuju. Pastikan kamu sudahmenggunakan kartu SIM yang nomornya terdaftar pada kartu SIM 1 dan mengaktifkan paket data. Ketuk pada Tambah akun dan perangkat. Tunggu beberapa saat sampai proses ini selesai. Pastikan kamu mengikutinya dengan benar yaa supaya tidak gagal.
  5. Aktifkan pilihan Buka kunci OEM dan debugging USB pada ponsel Xiaomi milikmu di opsi pengembang.
  6. Sekarang bukalah laptopmu dan ekstrak file Mi Unlock Tools. Bukalah folder yang sudah diekstrak dan klik kanan pada miflash_unlock dan buka dengan Run as administrator. Klik tombol agree pada kolom yang muncul.
  7. Login menggunakan Mi Account milikmu dan tunggu beberapa saat samapi verifikasi selesai
  8. Hubungkan ponselmu dengan laptop atau PC dalam mode fastboot
  9. Masuklah ke mode fastboot
  10. Hubungkan ponsel dengan PC atau laptop dan klik tombol unlock 
  11. Tunggu beberapa saat dan selesai deh!

Salam teknologi! Nah begitulah caranya melakukan unlock bootleader pada ponsel Xiaomi milikmu yaa guys. Sekarang kamu bisa melakukan modifikasi pada ponsel Xiaomi milikmu sepuasnya guys. Proses UBL dinyatakan berhasil jika ada tulsan Unlocked Successfully.

Leave A Reply

Your email address will not be published.