Cara Melihat Nomor IMEI di Setiap Smarthpone

0

Sudah tahukah kamu apa itu IMEI? IMEI (Mobile Equipment Identity) adalah nomor identitas yang dimiliki oleh setiap smartphone setelah dijual di berbagai negara, termasuk Indonesia. Dengan adanya IMEI, setiap smartphone dapat dibedakan dengan smartphone lainnya.

Lalu Pemerintah Indonesia pada 17 Agustus 2019 telah mengesahkan sistem pemblokiran smartphone illegal lho. Tentunya bagi sebagian orang mereka menjadi penasaran, termasuk pengguna Samsung tentunya, bagaimana ya cara untuk mengecek IMEI smartphone mereka ya?

Ada tiga tips untuk mengeceknya! Langsung disimak ya, check it out!

  1. Kode Dial

Cara ini merupakan cara yang paling umum untuk mengecek IMEI yang dilakukan oleh pengguna HP di berbagai negara. Caranya mudah dan praktis sekali, diantaranya :

  1. Pada halaman Home Screen, kamu dapat menuju aplikasi Phone/Telepon
  2. Silahkan ketik kode #*06# > lalu klik Call/OK/Yes
  3. Lalu akan muncul kotak dialog IMEI
  4. Jika kamu sudah selesai melihatnya, kamu dapat menutup kotak dialog tersebut

 

  1. Dus Penjualan

Apakah kamu masih menyimpan dus penjualan ponsel Samsung kamu? Karena ternyata kamu dapat mengecek IMEI lewat dus tersebut.

Semua smartphone yang dijual di pasaran akan mencatat nomor IMEI pada bagian dus penjualan. Nomor IMEI tersebut terletak pada bagian belakang dus tersebut. Sebagai catatan, banyaknya nomor IMEI akan tergantung dengan jumlah slot kartu SIM yang dimiliki. Saat ini rata-rata HP Samsung yang resmi dijual di Indonesia mempunyai dua kartu SIM sehingga memiliki dua nomor IMEI

  1. About Phone

Cara ini juga termasuk cara yang mudah untuk mengecek IMEI di ponsel Samsung kamu lho!

  1. Masuk ke menu atau aplikasi Settings
  2. Pilih menu About Phone pada halaman settings
  3. Pada halaman About Phone akan langsung terlihat nomor IMEI yang dimiliki

Wah sangat simple dan mudah bukan? sekarang kamu dapat membuktikan pula bahwa ponsel kamu tidak illegal. Selamat mengecek ya! Salam Teknologi 😊

Leave A Reply

Your email address will not be published.