Cara Melihat Password WiFi Windows 10

0

Sampai saat ini koneksi WiFI menjadi kebutuhan yang cukup penting untuk generasi milenial dan masa mendatang. Bahkan kalian tidak perlu heran jika menemukan fasilitas WiFi dimana-mana. Mulai dari kampus, kantor, kafe, warung, gerai, restoran, sampai ke tempat wisata tertentu, dan lainnya.

Kebutuhan akan akses internet yang tinggi membuat WiFi jadi layanan unggulan dan andalan sebab kecepatan dan kemudahannya.

Baca Juga : .Cara Mengetahui IP WIFI

Untuk masalah WiFi, bagi kalian yang merasa lupa dengan password WiFi yang tersimpan pada komputer atau laptop Windows 10 kalian maka jangan khawatir. Di artikel ini saya membantu memberikan langkah-langkahnya untuk kalian.

 Memang kadang kalian bisa sering lupa masalah WiFi yang lama tersimpan di Windows yang akhirnya secara kebiasaan otomatis tersambung tanpa harus memasukkan password. Kemudian bagaimana kalau teman kalian tanya passwordnya? Inilah alasan kalian perlu untuk melihat password WiFi yang terhubung.

Baca Juga : Cara Ganti Password WIFI Indihome Dengan PC atau Laptop

Ada dua cara yang dapat kalian lakukan, yaitu lewat Control Panel atau Command Prompt (CMD). Dan untuk cara ini tidak hanya berlaku pada Windows 10, tetapi juga pada Windows 8Windows 8.1, dan Windows 7.

Yang kalian harus tahu, ini bukanlah cara membobol WiFi tetapi hanya melihat history password yang tersimpan oleh komputer.

Melihat Password WiFi Windows dari Network and Sharing Center

Cara pertama, kalian bisa mencoba melihatnya lewat Control Panel Windows 10. Kalau pun kalian tidak memakao Windows 10, tetap dapat mengikutinya.Tinggal menyesuaikan saja.

Langkah pertama, icon WiFi yang ada di bagian kanan bawah taskbar di Windows 10 yang kalian. Klik kanan pada icon tersebut, lalu pilih Open Network & Internet Settings.

Baca Juga : Tips Memakai Wifi Gratis dan Mengetahui Passwordnya Dengan Cepat di HP Android

Selanjutnya selesai kalian masuk di Settings Windows, kalian tap opsi Network and Sharing Center.

Di bagian tersebut akan terlihat WiFi yang tersambung dengan laptop atau Windows kalian. Klik pada nama WiFi yang sedang kalian pakai.

Dari pilihan tadi, akan muncul jendela status. Klik Wireless Properties.

Berikutnya, kalian masuk pada tab Security, lalu centang bagian Show Characters. Dan disitulah akan terlihat password WiFi yang sedang kalian pakai.

Dengan demikian kalian sudah berhasil melihat password WiFi yang terhubung ke laptop kalian.

Melihat Password WiFi dari CMD

Untuk cara kedua, kalian bisa lewat CMD atau Command Prompt. CMD ini adalah baris perintah yang diseksekusi ke sistem operasi Windows.

Ini berarti setiap eksekusi yang kalian lakukan akan dijalankan oleh sistem, sama halnya kalian membuka dokumen, membuat directory, membuka file, menyalin, menampilkan file, dan lain sebagainya.

Baca Juga : Cara Menguatkan Sinyal WIFI dengan Alumunium Foil

Agar lebih jelas tentang perintah untuk melihat password WiFi, pertamanya kalian bisa menjalankan Command Prompt (CMD) pada Windows 10 kalian. Masuk pada Start Menu lalu ketikkan CMD, kemudian enter secara langsung akan terbuka atau bisa juga dengan membuka RUN dan ketikkan CMD.

Kemduian ketikkan perintah berikut netsh wlan show profile dan ketan Enter. Dari sana kalian akan melihat history WiFi yang tersimpan di Komputer kalian. Coba masuk pada salah satunya.

Berikutnya, untuk bisa melihat password WiFi, coba ketikan perintah netsh wlan show profil name=”Nama WiFi” key=clear kemudian tekan Enter.

Dari sana lah akan terlihat semua informasi dari WiFi yang kalian pilih. Pada bagian Security Settings terlihat password WiFi atau Key Content.

Itu tadi 2 cara yang bisa kalian lakukan untuk password WiFi pada Windows 10.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk kalian. Salam teknologi!

Leave A Reply

Your email address will not be published.