Cara Melihat Spesifikasi Laptop dan Komputer

0

Laptop adalah sebuah device yang banyak dipakai oleh manusia dalam membantu pekerjaan mereka sehari-hari. Tetapi apakah kalian tahu bahwa spesifikasi hardware yang ada di setiap laptop itu berbeda-beda?

Cara melakukan pengecekan spesifikasi laptop sangat mudah, hanya saja masih saja banyak orang yang tidak mengetahui cara untuk melihat spesifikasi laptopnya sendiri.

Banyak orang membeli laptop dengan menimbang dari segi spesifikasi yang diberikan dengan harga yang ditawarkan. Akan bahaya jika kalian tidak bisa melihat spesifikasi saat kalian akan membeli sebuah laptop.

Baca Juga : Tips Meningkatkan Kapasitas RAM Laptop

Di samping itu apabila kalian tidak mengetahui spesifikasi laptop atau komputer kalian, apabila kalian menginstal aplikasi, tentunya ada spesifikasi minimal yang diberikan pada aplikasi itu. Kalau kalian tetap memaksa menginstallnya maka akan menjadi bahaya pada laptop kalian.

Supaya kalian tidak merasa khawatir setiap akan mendownload aplikasi, berikut ada beberapa cara yang bisa kalian lakukan untuk mengecek spesifikasi yang ada pada laptop kalian.

Windows Explorer

 

Cara pertama yang bisa kalian lakukan untuk melihat Spesifikasi laptop kalian memakai windows exploler.

Aplikasi bawaan windows yang selalu kalian buat melihat file-file yang ada di laptop kalian bisa dipakai untuk melihat spesifikasi laptop kalian sendiri loh.

Ini dia cara yang bisa kalian lakukan untuk melihat spesifikasi laptop kalian dengan memakai windows exploler.

Baca Juga : Merawat LCD Laptop Agar Awet dan Tahan Lama

Langkah pertama yang harus kalian lakukan yaitu buka icon windows exploler atau kalian dapat menekan di keyboard kalian icon windows + E maka windowns exploler akan otomatis terbuka.

Kemudian klik kanan pada bagian mypc/pc ini dan pilih properti. nantinya akan terbuka sebuah halaman yang berisi spesifikasi sistem komputer kalian. Selesai kalian bisa melihat spesifikasi laptop kalian.

Dxdiag

Cara kedua yang bisa kalian lakukan untuk melihat spesifikasi laptop adalah dengan memakai dxdiag.

Dxdiag sendiri merupakan suatu sistem bawaan windows yang itu adalah sebuah command untuk menampilkan spesifikasi laptop. Kalian tidak perlu menginstall aplikasi apa-apa lagi. Ini ada cara untuk melihat spesifikasi laptop kalian memakai dxdiag

Langkah awal, kalian bisa membuka dxdiag memakai tombol windows+R kemudian enter. Nanti akan keluar jendela kecil pada bagian kiri bawah dan ketikkan dxdiag lalu enter.

Baca Juga : Tips Mengaktifkan Kamera Laptop

READ  Cara Mengembalikan Foto yang Terhapus di PC/Laptop

Tunggulah sebentar kemudian akan keluar sebuah jendela pop up dari windows. Pop up tersebut berisikan informasi spesifikasi laptop kalian, kalian bisa melihat spesifikasi laptop kalian.

Aplikasi CPU-Z

Cara terakhir yang bisa kalian coba ini memakai aplikasi yang bernama cpu-z aplikasi ini bisa kalian download pada internet secara gratis. Di samping itu aplikasi ini juga sangat ringan.

 

Karena itu tidak perlu khawatir laptop kalian tidak kuat menginstall aplikasi ini. Ini dia cara untuk melihat spesifikasi laptop kalian memakai aplikasi CPU-Z

Langkah awalnya pastikan laptop atau komputer kalian sudah terkoneksikan dengan internet.

Buka aplikasi browser kalian dan download dan install aplikasi CPUZ. Kemudian bukalah aplikasi tersebut.

Baca Juga : Tips Mengatasi Laptop Tidak Nyala Tapi Lampu Power Hidup

Tunggu sampai aplikasi terbuka dan kalian bisa melihat spesifikasi laptop kalian yang tertulis dan detail dari aplikasi CPUZ ini.

Itu tadi beberapa cara yang bisa kalian lakukan untuk mengetahui spesifikasi laptop atau PC kalian.

Kalian juga jangan lupa untuk terus update berita dan informasi terbaru baik dari dalam dan luar negeri seputar ilmu pengetahuan dan teknologi tentunya hanya di techjak.com. Ada banyak tips tersaji, review game terbaik dan juga perangkat mobile atau pun informasi yang lain yang pastinya bisa menambah wawasan dan pengetahuan kalian semua.

Sampai bertemu lagi di artikel yang lainnya. Selamat mencoba cara tadi.

Salam teknologi!

Leave A Reply

Your email address will not be published.