Cara Melindungi Smartphone dari Virurs Trojan

0

Smartphone android memang sangat rawan akan adanya virus trojan android yang masuk pada smartphone yang kalian miliki. Salah satu virus yang sangat berbahaya yaitu virus Trojan, virus ini tanpa kalian sadari ada di android.

Mungkin kalian sebetulnya mengetahui adanya virus, tapi kalian tidak mengetahui virus jenis apa yang ada dan masuk pada smartphone kalian. Tentunya sangat riskan dan cukup menjengkelkan juga, jika smartphone kalian terinfeksi virus-virus yang sangat sulit di hapuskan dari smartphone.

Cara Membersihkan dan Melindungi Smartphone dari Virus Trojan

Trojan ini sebuah virus yang bisa masuk kedalam keamanan sistem perangkat kalian, merujuk kepada sebuah bentuk perangkat lunak yang mencurigakan (malicious software/malware) yang bisa merusak sebuah sistem atau jaringan pada perangkat android kalian.

Baca Juga : Ada Virus Trojan Dalam Aplikasi Pendeteksi Covid 19.

Tujuan dari Trojan untuk memperoleh informasi dari target (password, kebiasaan user yang tercatat dalam system log, data, dan lain-lain), dan mengendalikan target (memperoleh hak akses pada target).

Cara Kerja Virus Trojan

Secara teknis, cara kerja virus trojan di Smartphone android kalian tidak jauh berbeda dengan di Komputer atau Laptop. Trojan bersifat “stealth”  atau tidak terlihat dalam operasinya dan seringkali berbentuk seolah-olah program tersebut merupakan program baik-baik, sementara virus komputer atau worm bertindak lebih agresif dengan merusak sistem atau membuat sistem menjadi crash.Trojan dikendalikan dari komputer lain (komputer attacker).

Baca Juga : Serial TV Tentang Kasus Penyebaran Virus Yang Lebih Seram dari Corona Virus .

Trojan sendiri bisa masuk ke Android dengan beberapa cara dan dari berbagai sumber yang kurang bisa dipercaya di internet. Secara umum Trojan berasal dari aplikasi-aplikasi yang di download dari internet, terutama freeware atau shareware yang mencurigakan dan tidak berasal dari situs aslinya. Dengan kata lain pemakaian internet bisa dibilang sangat berpengaruh dalam penyebaran virus ini.

Bahaya Virus terojan Pada Sebuah Perangkat Android

Saat perangkat android terserang virus ini, smartphone kalian akan terasa seperti Zombie (mayat hidup). Lebih berbahaya lagi ketika virus ini sudah dikendalikan oleh seseorang, maka beberapa kemungkinan dapat terjadi.

Baca Juga : Aplikasi Kesehatan Untuk Bantu Tubuh Terhindar Dari Virus Corona .

Contoh, sebuah virus trojan dengan nama NetBus dapat melakukan banyak hal ke smartphone yang telah dikendalikan, seperti: Menghapus file, Mengirim dan mengambil file, Menjalankan aplikasi, Mengintip atau menutup aplikasi yang sedang dijalankan, Sampai mematikan smartphone, bahkan Informasi kartu kredit, Work Projects (dokumen pekerjaan).

Cara Membersihkan Virus Trojan Android

Beruntung android sudah dibekali beberapa cara yang ampuh dalam membasmi virus ini, tentunya cara ini tidak sesulit dengan cara membersihkan virus trojan pada sebuah Komputer atau Laptop. Langkah pertama dan paling sederhana untuk menghapus virus Trojan adalah Membersihkan dengan cara factory reset. Kedua, Pemakaian antivirus terbaik di Android seperti Stubborn Trojan Killer.

Menghindari perangkat android dari sebuh virus trojan atau virus apapun ternyata sangat mudah, beberapa cara dapat dilakukan untuk menghindari agar tidak terserang virus Trojan. Salah satu cara umum suatu virus Trojan untuk menginfeksi suatu sistem adalah melewati file yang didownload. Langkahnya bagaimana? Langsung simak ya.

Baca Juga : Cara Menghapus Virus Dengan CMD .

Pertama, jangan mengaktifkan Unknown source atau sumber tidak di kenal di pengaturan Android kalian. Lebih baik download aplikasi langsung dari Google Play Store.

Kedua, baca review pengguna aplikasi. Play Store harusnya tempat yang paling aman untuk download aplikasi, tapi masih bisa kecolongan. Untuk itu, lebih baik baca review dari pengguna lain tentang aplikasi yang akan kalian download.

Ketiga, Kelola izin, terkhusus aplikasi yang kalian download dari luar. Ada baiknya kalian atur manual izin yang diminta oleh aplikasi.

Keempat, pilihlah situs terpercaya untuk melakukan download. Jangan pernah melakukan download secara sembarangan yang berasal dari seseorang atau situs yang tidak dapat dipercaya.

Bahaya virus trojan sangat nyata, baik itu untuk pengguna komputer ataupun pengguna smartphone Android. Penting untuk memahami apa itu virus trojan, cara kerjanya, cara mencegahnya, dan juga cara membasmi virus trojan paling ganas di Android.

Semoga artikel di atas bermanfaat untuk kalian.

Salam teknologi!

Leave A Reply

Your email address will not be published.