Cara Memakai dan Mengaktifkan Fitur Bacakan di Google Asisten!

0

Haloooo Joooo! Hari ini Dim’asu bakal kasih informasi baru Jo! Yuk simak!

Google Assistant sekarang mempunyai fitur baru yang dapat membuat asisten virtual ini mampu membacakan berita ke pengguna.

Fitur ini bernama Your News Update ini membuat asisten digital Google mampu membacakan berita melalui suara seperti anchor dalam berita di radio ataupun TV.

Berarti, pengguna dapat melakukan aktivitasnya sambil mendengarkan berita terkini, seperti saat berolahraga ataupun saat berada di dalam kendaraan umum.

Dilansir dari Google Blog, fitur Your News Update ini pertama kali sudahdiperkenalkan pada 19 November 2019 untuk pengguna di wilayah AS saja.

Untuk menggunakan fitur ini, pengguna hanya perlu mengaktifkan pilihan News Playlist Format pada menu setelan Google Assistant yang berapda pada tab News.

Lalu Google Assistant akan menampilkan beberapa publisher yang ikut bekerja sama dengan Google, seperti Reuter hingga The Washington Post.

Pengguna juga dapat memilih dari mana sumber berita yang ingin pengguna dibacakan, caranya, klik situs web berita ternama tersebut.

Untuk mendengarkan berita, pengguna cukup berkata “Hey Google, play me the news” dan Google Assistant membacakan berita dari sumber publisher yang dipilih itu. Namun, fitur Your News Update sampai saat ini hanya tersedia di wilayah AS. Tetapi, Google memiliki rencana untuk memperluas fitur ini pada 2020 mendatang.

“Ada beberapa pembaruan di dalam sistem Assistant, yang mendorong konsep helpful, safe, dan bisa digunakan oleh semua orang, bahkan tanpa adanya koneksi internet,” ucap Google Assistant Program & NBU Lead, Nimesh Ranjan kepada Antara pada 20 November 2019 lalu.

Maksud kata helpful, Ranjan bermaksud bahwa saat ini Google telah memperbanyak kosa kata Bahasa Indonesia, bahkan menambahkan bahasa sehari-hari yang lebih sans.

Lebih kerenya lagi, pengguna dapat meminta bantuan Assistant untuk mempermudah pekerjaan mereka di penggunaan berbagai aplikasi dan merek lokal Indonesia seperti Grab, Gojek, dan BCA Mobile lainnya.

Contohnya, “Kalian dapat memsan makanan dan melihat status pesanan cukup dengan mengatakan perintah memesan martabak ke Gojek,” tutur Ranjan.

Untuk keamanan, pengguna dapat menjaga privasinya seperti menghapus history dalam Google Assistant, dengan mengucapkan perintah sederhana kepada smartphone. Lanjutnya, Ranjan mengatakan bahwa sekarang Assistant dapat dijangkau oleh pengguna yang tidak mempunyai akses untuk berinternet.

Leave A Reply

Your email address will not be published.