Cara Memakai Fitur Pelacak Teman di WhatsApp

0

WhatsApp memang terus memberikan berbagai fitur dan layanan dalam setiap inovasinya. Hal ini dimaksudkan agar para penggunanya tidak bosan dan beralih ke aplikasi chatting lainnya. 

Gaes, seperti kit tahu bahwa hampir setiap pengguna smartphone menginstall aplikasi WhatsApp karena seperti sudah jadi kewajiban memasang aplikasi itu. Dengan WhatsApp banyak pekerjaan dan komunikasi kita yang awalnya tersendat menjadi lancar. Koneksi bertambah, dan pertemanan pun bertambah.

Selain menghadirkan inovasi baru, terkadang WhatsApp pun memberikan sebuah hadiah kecil yang kadang tidak terpikirkan oleh kita sebelumnya. Mungkin kalian merasa ini sangat menarik karena dengan fitur baru ini, kita jadi merasa bahwa apa yang kalian lakukan, menjadi perhatian juga untuk WhatsApp kepada para penggunanya.

Dalam keadaan tertentu kadang kalian ingin tahu keberadaan teman kalian, misalnya saat kalian sedang menunggunya di suatu tempat, dia sampai larut malam tak pulang ke rumah, dan sebagainya.  Ini terjadi karena kalian susah memberikan lokasi yang tepat melalui chatt.

Cara Memakai Fitur Pelacak Teman di WhatsApp

Gaes, saat ini WhatsApp sudah memberikan kemudahan bagi penggunanya yang memungkinkan pengguna dapat saling berbagi dan melacak perjalanan teman secara real-time lewat fitur Live Location. Hal ini ingin saya bagikan karena masih banyak para pengguna yang belum tahu cara menjalankan fitur ini, Gaes.

Dengan adanya fitur Live Location, kalian dan teman kalian tak perli saling ada lagi kebohongan, harapan palsu, atau jawaban tak akurat yang berhubungan dengan lokasi. Lalu, bagaimanakah caranya memanfaatkan fitur tersebut ?

Untuk smartphone Android , langkah pertama dengan membuka aplikasi WhatsApp yang sebelumnya sudah diperbarui lewat Google Play Store. Selanjutnya, buka ruang chat personal atau grup tertentu di WhatsApp. Lalu tekan ikon untuk menyisipkan dokumen dan file, kemudian pilih menu “Location”. Berikutnya, pilih menu “Share Live Location” di layar peta yang akan muncul kemudian.

Nanti kalian akan mendapatkan peringatan baru dari WhatsApp saat baru pertama kali memanfatkan Live Location. Yaitu dengan memberikan informasi bahwa lokasi kalian akan terlacak oleh teman personal atau grup di WhatsApp. Kalau teman kalian tidak keberatan, kalian bisa menekan “Continue”.

Langkah selanjutnya yaitu pilih durasi membagi Live Location, yaitu mulai dari 15 menit, satu jam, hingga delapan jam. Kalian juga bisa menyisipkan komentar pada pembagian Live Location tersebut. Apabila kalian terlanjur menekan durasi tertentu dan ingin berhenti membagai lokasi sebelum durasi berakhir, kalian bisa langsung menyetopnya dengan menekan “Stop Sharing” pada tautan Live Location yang dibagi ke teman.

Dari sisi pelacak, kalian cukup membuka tautan Live Location yang dibagikan. Untuk grup, anggota-anggota yang ikut membagi Live Location mereka disaat yang bersamaan akan muncul pada satu antar muka peta digital WhatsApp. Kalian bisa melacak teman yang kalian inginkan, misal teman A, B, dan C sedang berada dimana dalam satu waktu.

Fitur Live Location ini sudah tersedia di Tanah Air, baik untuk pengguna platform Abdroid maupun iOS. 

Demikianlah artikel tentang cara memakai fitur pelacak teman di WhatsApp. Semoga bisa memberikan manfaat untuk kalian.

Jangan lupa untuk terus update info dan berita terbaru seputar teknologi yang hadir setiap hari. Ada juga tips keren yang bisa membantu kalian memecahkan masalah yang hadapi saat ini, khususnya dalam ilmu pengetahuan dan teknologi.

Selamat mencoba!

READ  Cara Mudah Menambahkan Alamat di Instagram, Bisnis Online Lancar!

Leave A Reply

Your email address will not be published.