Cara Membatasi Akses Aplikasi pada Smartphone Android

0

Hello guys!

Berbagai aplikasi meminta akses tertentu saat kita menginstallnya ke smartphone. Jumlah aplikasi ini terus bertambah, bahkan mencapai ribuan aplikasi baru yang hadir di Google Play Store setiap bulan. Akses yang diminta bermacam – macam, diantaranya adalah akses nomor kontak, mikrofon, kamera, data serta GPS. Aplikasi ini meminta izin atau permission untuk akses tersebut jika kita menginstallnya.

Beberapa aplikasi yang tidak baik juga meminta izin untu mengakses fitur yang tidak seharusnya. Bisa jadi fitur yang dimintai akses tersebut dapat merugikan kamu sebagai pengguna smartphone. Namun, jika akses tidak diberikan, aplikasi tersebut tidak dapat digunakan secara optimal. Lalu bagaimana cara membatasi pemberian akses tersebut? Yuk simal ulasan berikut!

 

Baca Juga : Cara Mudah Mengunduh Video Pada Twitter

 

Cara mudah membatasi akses dari aplikasi ini tidak selalu sama untuk semua smartphone Android. Tata letak menu yang harus dipilih berbeda. Namun, secara umum cara ini dilakukan dengan memasuki menu settings. Caranya adalah sebagai berikut:

  • Buka menu settings
  • Pilih menu Apps, lalu klik permission
  • Pilih aplikasi yang ingin kamu ubah aksesnya
  • Pilih fitur – fitur yang diperbolehkan untuk diakses, seperti kamera dan GPS
  • Ulangi proses tersebut untuk aplikasi lain yang ingin diubah akses aplikasinya

Pembatasan akses ini dapat menyebabkan aplikasi tersebut tidak dapat berjalan dengan optimal atau disebut juga dengan force close. Misalnya ketika akses untuk fitur kamera dan foto galeri pada instagram dibatasi, kamu tidak dapat melakukan upload foto atau aktivitas sejenis yang memerlukan kedua fitur tersebut. Tentu saja fitur tersebut sangan dibutuhkan.

 

Baca Juga : Cara Mudah Mendapatkan Followers Pada Instagram

 

Lain halnya jika aplikasi kalkulator meminta izin untuk akses fitur GPS, foto atau kontak di smartphone. Tentu saja hal ini tidak berkaitan dengan fungsi aplikasi tersebut. Oleh karena itu, kamu dapat memblokir aksesnya. Bisa jadi aplikasi tersebut bermasalah dan tidak bisa dipercaya.

Nah, itulah cara praktis membatasi akses aplikasi terhadap fitur di smartphone. Silahkan diteliti lagi yaa izin yang diminta oleh aplikasi saat kamu menginstallnya. Jika dirasa akses tersebut tidak perlu diberikan, kamu patut menolaknya.

Salam teknologi!

Leave A Reply

Your email address will not be published.