Cara Membersihkan Cache di Smartphone Realme

0

Untuk memaksimalkan kebutuhan produktivitas setiap waktu maupun hanya sedikit hiburan dengan menginstal game-game menarik dari play store, mengoptimalkan semua kinerja smartphone bisa menjadi bagian penting untuk kalian perhatikan.

Spesifikasi hardware memang menjadi opsi terbaik tetapi perawatan dari segi software juga harus kalian lakukan.

Realme datang dengan harga terjangkau dan performa di dapur pacu yang sangat mumpuni di banyak aspek. Baik dari segi sistem, UI, sampai desain yang bisa memanjakan mata kalian sebagai penggunanya.

Baca Juga : Cara Membersihkan Cache di HP Andorid

Hanya saja akhir-akhir ini, Realme lebih dipantau publik daripada Redmi yang juga menjadi raja dari murahnya harga smartphone.

Ada banyak pilihan tipe varian dari smartphone Realme yang diberikan, seperti Realme C1, C2, Realme 2, 2 Pro, Realme 3, dan Realme 3 Pro dan lain sebagainya.

Kembali ke topik, pada pembahasan kali ini saya akan memberikan penjelasan lengkap tentang cara membersihkan cache pada perangkat Realme. 

Baca Juga : Membersihkan History Pencarian Cache Cookies Google Chrome

Cache sendiri merupakan memori singgahan untuk tempat penyimpanan data sementara yang berguna untuk mempercepat suatu akses pada file-file yang sering diakses. Artinya, saat kalian ingin mengakses suatu file, maka dengan adanya cache proses akan lebih cepat dilakukan.

Cache bersifat sementara atau temporary yang dalam versi lebih cepat tersimpan di CPU sementara untuk versi lebih lambat tersimpan di memori RAM atau memori utama.

Dengan adanya cache, maka tentu akan meringankan beban kerja dari sebuah processor sebab adanya jalur yang dipersingkat.

Dalam sebuah perangkat Android, file cache ada di semua bagian, bisa ada di sistem operasi, aplikasi, game, sampai browser web.

Baca Juga : Cara Membersihkan Earphone Ynag Benar dan Aman

READ  Tips Mengatasi Mic Smarpthone Tidak Berfungsi

Saat kalian sebagai pengguna baru mencoba membuka aplikasi tertentu, maka cache akan diproduksi dan jika aplikasi tersebut sering dibuka maka produksi file cache pada memori utama akan meningkat.

Pentingnya Membersihkan Cache

Perlu, karena file cache yang terus menumpuk akan membuat memori ram dan memori utama penuh sehingga suatu sistem atau aplikasi bisa terjadi lag saat dibuka atau dijalankan.

Di samping itu, cache akan lebih maksimal atau lebih baik saat diperbarui dengan file cache yang baru. Artinya, file cache yang lama perlu dihapus dan nantinya saat kalian membuka aplikasi maka file cache terbarukan.

Tips menghapus cache juga bsia menjadi solusi saat terjadi masalah pada suatu sistem atau aplikasi yang error, lambat, atau sampai tidak dapat dibuka. Dan kemudian nanti bisa dilanjutkan dengan reboot atau restart smartphone.

Dalam membersihkan cache pada perangkat Realme, ada beberapa cara yang bisa kkalianamu lakukan. 

Melalui Manajemen Aplikasi

Cara pertama, kalian bisa mencobanya langsung lewat manajemen aplikasi. Ini bisa menjadi opsi pilihan saat kalian hanya ingin membersihkan cache pada satu aplikasi tertentu saja.

Seperti yang saya katakan tadi, ini juga bisa menjadi opsi saat pengguna mendapati masalah pada aplikasi tertentu dan baisanya dengan cara ini masalah kalian akan selesai.

Baca Juga : Hindari Virus Corona Begini Cara Membersihkan Smartphone Kalian

Kalian hanya perlu membuka menu Settings, kemudian klik Manajemen Aplikasi, Lalu klik Nama Aplikasi. Tap opsi Penggunaan Memori dan klik opsi Hapus Cache.

Memakai Manajer Telepon

Manajer Telepon ada di perangkat Realme dengan tujuan untuk mempermudah kalian mengelola dan mengoptimalkan kinerja smartphone. Baik sistem, aplikasi, serta game yang terinstal. Tidak hanya berguna membersihkan file cache tapi juga bisa dipakai untuk scanning dan membersihkan virus yang ada.

Di samping itu, kalian juga bisa mengatur dan melakukan perubahan pada izin privasi pada aplikasi tertentu sehingga keamanan dan privasi akan lebih terjamin.

Langkah yang bisa kalian lakukan pertamanya adalah membuka aplikasi Manajer Telepon. Lalu klik Bersihkan Memori yang nantinya kalian akan ditampilkan beberapa pilihan dalam menghapus cache.

Kalian tap opsi Akhiri Semua, lalu centang aplikasi yang ingin kalian bersihkan dari file cache. Klik Hapus untuk membersihkannya. Selesai.

Memakai Aplikasi Pihak Ketiga

READ  Cara Download File di Google Drive

Cara lainnya, kalian dapat memakai aplikasi dari pihak ketiga yang banyak tersedia di Google Play Store secara gratis, salah satunya CCleaner.

Selain tersedia dalam versi PC atau desktop, aplikasi bentukan dari Piriform juga tersedia dalam versi Android dengan tampilan UI yang simple dan sederhana.

Baca Juga : Mengembalikan Chat Whatsapp Yang Terhapus Sebelum Backup

Kalian bisa memakai aplikasi ini untuk membersihkan cache aplikasi, history browser dan sistem dengan lebih mudah dan cepat.

Pertamanya, kalian  download aplikasi CCleaner dari Play Store dulu. Lalu buka dan jalankan aplikasi tersebut dengan klik Analisis dan tunggu sampai proses analisis pada memori utama, baik pada sistem dan aplikasi selesai.

Jika analisis sudah selesai, kalian bisa klik Selesaikan Pembersihan untuk membersihkan semua file cache secara maksimal. Selesai.

Itu tadi beberapa cara yang bisa kalian lakukan untuk membersihkan cache pada smartphone Realme.

Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Leave A Reply

Your email address will not be published.