Cara Membersihkan Earphone yang Benar dan Aman

0

Bagi para pecinta musik, game, ataupun film, earphone adalah hal wajib yang harus dimiliki. Selain karena earphone mudah dibawa kemana-mana, earphone juga dapat meningkatkan mood yang sedang turun saat mendengarkan musik, menambah fokus saat belajar, atau sekedar untuk mengisi waktu ketika sedang sendirian. Earphone adalah benda kecil yang berfokus untuk mengeluarkan suara yang baik bagi pendengarnya, lalu bagaimana jika earphone kotor? Earphone yang kotor akan mengurangi keaslian suara yang dikeluarkannya. Sampai saat ini, masih banyak orang yang belum mengerti bagaimana cara membersihkan earphone yang baik dan benar, serta tentunya tidak akan merusak earphone kalian. Mau memiliki earphone yang tetap bersih? Yuk disimak penjelasan di bawah ini!

 

Cara Membersihkan Earphone yang Benar dan Aman

 

 

1. Cotton Buds

Gunakanlah alkohol untuk membersihkan earphone atau bantalannya dengan sedikit alkohol. Cotton Buds memiliki tesktur yang lembut dan tidak terlalu keras sehingga aman jika digunakan untuk membersihkan earphone. Bentuknya yang kecil juga memudahkan cotton buds masuk kedalam lubang earphone yang kecil juga.

Baca Juga: Deteksi Password Bocor dengan Plug-in Chrome

2. Minyak Kayu Putih

Membersihkan kabel earphone adalah hal yang juga perlu. Bukan hanya speaker atau bantalan earphone saja yang perlu terlihat bersih, namun kabel juga perlu. Bersihkan kabel earphone kalian dengan menggunakan minyak kayu putih. Minyak kayu putih dapat mengangkat kotoran yang membuat kabel kalian menguning.

Baca Juga: Dua Celah Keamanan Berbahaya Ditemukan di Prosesor AMD

3. Baby Oil

Jika tidak memiliki minyak kayu putih atau tidak suka dengan aroma yang dikeluarkan, kalian bisa menggunakan alternatif dari minyak kayu putih yaitu baby oil. Baby oil diakui dapat mengangkat kotoran pada kabel earphone walaupun tidak seampuh menggunakan minyak kayu putih.

4. Sikat Gigi

Jika ingin memiliki hasil yang lebih bersih, gunakanlah sikat gigi yang tidak terpakai. Untuk membersihkan earphone dengan tetap aman, pilihlah sikat gigi yang memiliki bulu sikat halus agar tidak merusak earphone kalian. Sikatlah earphone dengan posisi earphone berada diatas sikat gigi sehingga kotoran dapat langsung jatuh ke bawah. Sebelum menyikat, siapkan tissue atau kertas bersih dibawahnya sebagai alas jatuhnya kotoran-kotoran earphone agar tidak berantakan dan mudah untuk dibuang.

Baca Juga: Google Play Protect, Selamatkan Data Dari Aplikasi Berbahaya

5. Cairan Desinfektan

Desinfektan adalah cairan kimia yang dapat membunuh mikroorganisme pada benda mati. Gunakan air panas dan desinfektan untuk membersihkan earphone, namun kalian harus tetap hati-hati saat membersihkannya jangan sampai cairan ini memasuki earbuds kalian karena akan merusak komponen-komponen yang ada di dalamnya jika terkena cairan.

Baca Juga: Cara Membuat Template WordPress Menarik

6. Penghapus

Tidak hanya digunakan untuk menghapus tulisan, percaya atau tidak namun penghapus diakui dapat menghilangkan noda pada kabel earphone. Caranya cukup mudah yaitu kalian hanya perlu menggosok kabel earphone menggunakan penghapus dengan kertas bersih di bawahnya untuk menampung kotoran yang jatuh dari kabel earphone.

 

Dari penjelasan di atas, semoga artikel ini dapat membantu kalian menjaga earphone agar lebih tahan lama dan selalu bersih. Terima kasih sudah menyimak!

Leave A Reply

Your email address will not be published.