Cara Membersihkan Kamera DSLR Sendiri

0

Sebuah kebahagiaan mempunyai kamera DSLR di saat kita begitu menukai dunia fotografi. Mempunyai kamera DSLR yang pastinya bisa sangat menunjang kegiatan kita hunting foto dan menghasilkan foto yang tajam, epik, dan berkualitas tinggi.

DSLR merupakan kamera yang bisa dioperasikan siapa saja. Membuat gambar biasa, menjadi luar biasa. Membuat suatu objek jadi lebih mengagumkan dengan editing dan komposisi tepat saat memotretnya dengan lensa yang sesuai dengan kebutuhan kita.

Kamera DSLR sendiri di samping mempunyai banyak pilihan lensa, kamera yang satu ini mampu memberikan hasil kualitas foto yang sangat baik.

baca juga : Tip Memotret dengan Kamera Iphone, mirip DSLR

Oleh sebab itu, kegiatan kita membersihkan kamera menjadi hal yang wajib untuk memperpanjang umur pemakaiannya. Selain bisa membuat awet kamera, kebersihan kamera memang harus selalu diperhatikan agar dapat berfungsi dengan baik.

Saya mau kasih tips baru nih buat kalian. Tips untuk membersihkan kamera. Dengan begitu kalian tak harus mengeluarkan banyak uang untuk melakukan pembersihan di toko kamera.

Siap? Kuy cekidot langsung pantengin tips membersihkan kamera DSLR yang bisa kalian langsung praktekkin nanti di rumah.

Membersihkan Lensa

Lensa adalah salah satu komponen yang cukup sensitif yang terdapat dalam kamera DSLR. Karena saat kita mengoperasikan kamera DSLR, lensanya akan sangat rentan terkena debu atau kotoran lainnya. Bahkan tangan kita yang tak sengaja menyentuhnya membuat lensa jadi berminyak. Yang terjadi kemudian, foto yang kita hasilkan jadi tidak bisa maksimal.

Tapi tenang, Gaes. Kalian bisa membersihkan lensa, dan tentunya kalian harus memastikan untuk melakukannya di ruangan yang bersih dan rapi dengan tujuan supaya tidak ada debu yang beterbangan dan malah berdampak buruk pada lensamu. Menempel, dan kalian sulit membersihkannya karena terlalu banyak debu di lensa kamera DSLR.

Lakukan pembersihan lensa kalian di dalam ruangan yang mempunyai pencahayaan bagus. Jangan lupa juga, beli beberapa perlengkapan standar untuk membersihkan lensa seperti blower, cairan pembersih optik, cotton bud , kain mikrofiber, lens pen dan juga sensor clean.

Langkah awal yang harus kalian lakukan adalah membuka penutup lensa lalu melepas filternya. Tutup juga bodi kamera supaya bagian belakang lensa kalian tetap bersih.

Berikutnya, pakai blower untuk membersihkan debu di permukaan lensa. Dan saat melakukan ini, pastikan posisi lensa kamera menghadap ke bawah.

Setelah itu, usap seluruh permukaan lensa dengan menggunakan kain mikrofiber dengan gerakan memutar, mulai dari bagian tengah ke arah luar. Kemudian [akai cairan pembersih optik saat kalian melihat ada noda yang bandel nempel di lensa kamera.

Tips saya, kalau sering memakai DSLR kalian, maka lakukan pembersihan lensa minimal 1 minggu sekali. Ini untuk membuat lensa kamera kalian semakin terawat.

Membersihkan LCD dan Viewfinder

Bagian kamera selanjutnya yang harus kalian bersihkan adalah LCD dan Viewfinder. Tenang, cara membersihkannya hampir sama ketika kalian membersihkan lensa kamera. Akan tetapi, saat membersihkan viewfinder, kalian harus melakukan dengan hati-hati. Ditambah ketika kalian membuka kunci viewfinder, pinset yang kalian pakai bisa saja mengenai komponen lain. Sebaiknya kalian pakai cotton bud untuk membersihkan kotoran tersembunyi di sela-sela karet.

Kalau kalian selesai membersihkan, jangan sampai waktu memasangnya kembali malah terbalik posisi viewfindernya. Ini karena indikator titik fokus akan keluar dari jalurnya, Gaes.

Di lain sisi, supaya LCD kamera kalian tidak tergores atau terkena debu, pasang screen guard.

Sensor

Gaes, adanya kepingan sensor kamera DSLR yang terletak di bagian depan adalah bagian yang krusial. Kalau sensor kamera kalian kotor atau terkena jamur, maka akan langsung terlihat pada hasil jepretan. Tapi tenang, kamera kalian masih bisa diselamatkan kok.

Ada dua tips membersihkan kamera DSLR, utamanya di bagian sensor yaitu dengan menjalankan fungsi bawaan kamera dan juga memakai blower secara manual.

Untuk cara pembersihan dengan fungsi bawaan, kalian bisa masuk pada menu Set-Up dan pilih fitur Sensor Cleaning. Setelah itu klik opsi Clean Now.

Sedangkan untuk cara manual, pilihlah fitur Clean Manually. Kalian lihat dulu apakah baterai kamera dalam kondisi penuh sehingga shutter mirror terangkat dan sensor bisa kalian lihat. Selanjutnya kalian bersihkan debu memakai blower atau sensor brush.

Untuk sensor kamera yang terkena jamur, kalian bisa membersihkannya dengan cara memakai cotton bud yang sudah direndam cairan pembersih sebelumnya. Setelahnya, bersihkan dengan gerakan searah dengan tekanan yang lembut.

Bodi

Bodi kamera termasuk salah satu cara untuk membuat kamera DSLR kalian awet, Gaes.

Kalian harus membersihkan debu yang menempel di bodi kamera dengan kain mikrofiber supaya tidak ada bagian yang tergores.

Kalian juga dapat memakai blower untuk bisa membersihkan debu di sudut-sudut kamera yang tersembunyi dan susah dijangkau.

Walaupun saat membeli diklaim tahan air, usahakan kamera kalian jangan sampai basah. Kalau air bisa merembes masuk ke dalam bodi, tentu akan merusak komponen internal kamera. Sedangkan sisa air yang tidak bisa keluar akan berakibat lensa jadi berembun.

Untuk melakukan penyimpanan DSLR di rumah, simpan kamera DSLR kalian di kotak khusus kamera atau kotak kedap udara yang sudah diberi silica gel. Dan jika kalian melakukan perjalanan, pakailah tas khusus kamera.

Sebagai informasi, kalian seorang penggemar fotografi, jangan hanya mau eksis saja. Usahakan kalian juga tahu cara membersihkan kamera DSLR secara tepat dan benar. Termasuk dengan cara yang sudah saya berikan tadi.

Gaes, demikianlah tips membersihkan kamera DSLR versi saya secara mandiri di rumah.

Semoga bermanfaat. See you again!

Salam teknologi!

Leave A Reply

Your email address will not be published.