Cara Membuat Bit.Ly dengan Mudah

0

Bagi kalian yang biasa berurusan dengan dunia internet dan sosial media, kalian wajib tahu situs yang satu ini, Gaes. Bit.ly di sini memberikan layanan yang bisa kalian akses kapan saja dan di mana saja untuk memudahkan jalur komunikasi, dan juga untuk memudahkan proses kirim file dari satu orang ke orang lainnya.

Di samping untuk memudahkan proses ini, Bitly juga membuat penggunanya terkesan lebih professional dan terpercaya. Karena itu, kalian wajib tahu bagaimana cara membbuat Bit.ly WhatsApp, Google Drive, dan lainnya yang benar.

Cara Membuat bit.ly

Dengan bertambahnya jumlah pengguna setiap harinya, Bitly juga terus mengembangkan layanan yang dimilikinya dan perubahan pun selalu ada di situs miliknya ini.

Oleh sebab itu, saya ingin memberikan kepada kalian cara menggunakan Bitly terbaru yang bisa langsung kalian praktekkan lewat komputer ataupun lewat smartphone kalian.

Pengertian Bit.ly dan Cara Membuat Bit.ly

Sebelum memulai untuk mengakses situs yang satu ini, kalian perlu tahu dulu apa itu Bitly dan bagaimana cara membuat Bit.ly yang baik dan benar.

Bitly merupakan layanan penyingkat url yang memungkinkan para penggunanya untuk menyingkat url yang ingin mereka bagikan dengan format depan bit.ly.

Url panjang yang tadinya bisa mencapai 2 baris bahkan lebih, bisa disingkat menjadi beberapa karakter saja dengan layanan dari Bit.ly. Walaupun terkesan sangat sederhana, layanan yang satu ini dipakai oleh banyak orang sampai saat ini karena fiturnya yang esensial ini.

Kenapa Perlu Tahu Cara Membuat Bit.ly

Ketika url panjang masih bisa diakses dan dibagikan begitu saja? Terus kenapa harus tahu cara membuat Bit.ly? Jawabannya sederhana, link yang kalian bagikan kepada orang lain akan terlihat jauh lebih professional dan terpercaya untuk diklik.

Bayangkan kalau kalian adalah seorang penjual online shop yang ingin membagikan katalog produk kalian secara online lewat link Google Drive tanpa disingkat. Berapa banyak orang yang mengira kalau link yang kalian bagikan benar-benar berisi katalog dan bukan virus atau hal negatif semacamnya? Dengan Bitly, link ini bisa terlihat jauh lebih terpercaya.

Langkah-Langkah Cara Membuat bit.ly via Website

Nah karena kalian sudah mengerti fungsi dari Bitly, langsung aja nih Jaka kasih tutorial cara buat Bit.ly Whatsapp terbaru yang bisa langsung kalian praktekkan.

Untuk mengakses layanan Bitly kalian harus mendaftar lertelbih dahulu. Tenang, Bitly masih menyediakan paket gratis untuk pengguna skala kecil. Di bawah ini merupakan langkah membuat bit.ly via website yang bisa kalian ikuti, dan dijamin masih bekerja sampai saat ini.

Pertamanya kalian bisa membuka situs bit.ly lewat browser, kemudian klik tombol Get started for free. Selanjutnya, pilih paket yang free alias gratis, supaya kalian bisa mulai registrasi di situs ini secara gratis. Terakhir, daftarkan email kalian beserta username dan juga password yang akan digunakan untuk membuka situs ini lagi nantinya. Kemudian ikuti instruksi selanjutnya sampai kalian bisa mengakses Dashboard layanan Bitly.

Langkah-Langkah Membuat bit.ly WhatsApp dan link lainnya via Aplikasi

Untuk para pengguna smartphone yang ingin lebih leluasa dalam mengakses layanan dari Bitly, saya juga sudah siapkan cara membuat Bit.ly WA ataupun link lainnya via aplikasi.

Sama halnya dengan cara membuat akun Bitly melalui website, kalian juga tidak perlu mengeluarkan biaya apapun dalam mengakses layanan Bitly via aplikasi.

Langkah-langkah cara membuat Bit.ly via aplikasi yang bisa kalian ikuti adalah, download dan install aplikasi Bitly di smartphone kalian untuk bisa mengakses semua layanannya. Buat yang belum punya bisa download Bitly lewat link di bawah ini ya.

Download Apliksi BitLy: 

READ  Cara Mengatasi Autentikasi Google Play Store

https://play.google.com/store/apps/details?id=com.bitly.app&hl=en

Selanjutnya, lakukan pendaftaran dengan menginput e-mailusername, dan juga password yang akan kalian gunakan untuk aplikasi ini. Setelah pendaftaran selesai dilakukan kalian akan bisa mengakses layanan Bitly lewat aplikasi yang terpasang.

Langkah-Langkah Cara Membuat Bit.ly WhatsApp

Buat kalian yang ingin membagikan nomor WhatsApp sekaligus juga ingin membubuhkan chat ke dalamnya, tepat karena saya akan  membagikan cara buat bit.ly WA kepada kalian saat ini.

Berbeda dengan link situs lainnya, untuk bisa membagikan nomor WA kalian beserta teks pembuka lewat link diperlukan kode API khusus untuk melakukannya.

Langkah ini merupakan langkah yang perlu dilakukan terlebih dahulu sebelum kalian bisa menerapkan cara buat bit.ly WhatsApp berikutnya.

Cara Membuat Kode API WhatsApp sebagai bagian cara buat Bit.ly WA

Berikut langkah untuk membuat kode API aplikasi WhatsApp untuk nomor handphone pribadi kalian.

Langkah pertama,  lengkapi segera kode berikut dengan menulis link ini:  https://api.whatsapp.com/send?phone= dengan nomor kalian setelah tanda sama dengan.

Berikutnya, kalau ingin menambahkan pesan pembuka, tambahkan kode &text= di belakang nomor kalian, ditambah dengan isi pesan yang ingin dimasukkan. 

Misalnya: https://api.whatsapp.com/send?phone=081255988611&text=HelloAnakMuda.

Langlah berikutnya. Jika ada spasi di dalam pesan kalian, ganti spasi dengan %20.

Contohnya: https://api.whatsapp.com/send?phone=081255988611&text=Hello%20Anak%20Muda.

Cara Buat Bit.ly Whatsapp

Setelah kode API kalian jadi berikut ini langkah-langkah yang harus kalian ikuti untuk membuat link singkat melalui bit.ly. Awalnya, masuk ke halaman utama, kemudian tekan tombol create.

Kemudian paste link API WhatsApp yang telah dibuat ke dalam kolom paste long url. Untuk yang ingin menerapkan cara membuat Bit.ly custom bisa mengedit link yang sudah disingkat pada kolom yang disediakan.

Langkah-Langkah Cara Membuat link bit.ly Google Drive

Untuk kalian yang ingin memakai Bitly untuk berbagi file di Google Drive juga bisa loh. Tinggal ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk menggunakannya.

Masuklah  ke Google Drive, klik kanan file yang ingin dibagikan kemudian pilih get sharaable link untuk mendapatkan link download file tersebut. Langsung masuk ke menu utama Bitly, pilih create dan paste link yang download dari Google Drive tadi. Bitly akan secara otomatis mempersingkat link yang kalian masukkan.

Link ini bisa kalian pakai langsung untuk membagikan file yang ada di Google Drive milik kalian.

Langkah-Langkah Cara Membuat Bitly Whatsapp di Instagram

Untuk yang ingin memasang link di bioatau postingan Instagram yang terhubung dengan nomor apliaksi WhatsApp  dan bisa langsung dihubungi lewat link tersebut.

Cara membuat Bit.ly WA di instagram sebenarnya masih sama dengan langkah-langkah yang ada pada cara-cara sebelumnya.

Pertamanya, buat dulu link API WhatsApp yang akan digunakan dengan cara yang sudah saya jelaskan di atas. Kemudian  masuk ke menu utama Bitly, masukkan link API WhatsApp tersebut ke kolom yang tersedia, dan tekan tombol create. Setelah itu kalian buka Instagram, masuk ke menu profile lalu klik tombol edit profile. Masukkan link yang sudah kalian persingkat di kolom Bio dan klik tombol save.

Setelah langkah ini selesai dilakukan, profile kalian akan menampilkan link yang bisa langsung diklik dan terhubung dengan WhatsApp yang kalian pakai.

Itulah beberapa cara buat Bit.ly WA dan Google Drive yang bisa kalian manfaatkan untuk berbagai tujuan. Semoga artikel ini memberikan manfaat buat kalian ya, Gaes.

Selamat mencoba!

Leave A Reply

Your email address will not be published.