Cara Membuat dan Membaca Google Form

0

Kalian ingin membuat kuesioner atau formulir pendaftaran secara online? Dengan demikian google form adalah jawabannya. Membuat google form sendiri tergolong pekerjaan yang sangat mudah.

Google Form ini jadi salah satu inovasi Google Docs yang bisa dimanfaatkan untuk membuat template kuesioner dan formulir pendaftaran secara online hanya dengan akun Google.

Di samping itu, google form juga dapat disimpan dan selanjutnya dibuka lewat spreadsheet atau excel. Fitur ini sangat bermanfaat, karena google form memberikan template yang menarik dan bagus pastinya.

Google form ini sering digunakan untuk membuat formulir online secara gratis. Kalian dapat membuat berbagai jenis formulir seperti formulir pendaftaran, membuat survey, kuesioner, penelitian, atau ujian online.

Cara Membuat Google Form

Ada 2 cara yang bisa kalian pakai untuk membuat kuesioner atau formulir secara online di google form. Kalian hanya perlu menyiapkan akun google agar bisa membuat google form. 

Google Form di PC

Komputer atau laptop bisa kalian gunakan untuk membuat google form. Pastikan juga kalian sudah terhubung ke jaringan internet dan login ke akun google supaya bisa masuk ke halaman google form.

Cara membuat kuesioner Google Form di PC yang pertama adalah dengan mengunjungi halaman Google Formulir.

Selanjutnya kalian pilih template yang diinginkan, misalnya template Kosong. Lalu isi judul dan deskripsi mengenai formulir kalian.

Berikutnya, buat pertanyaan di formulir tersebut. Klik opsi respon yang digunakan dari pertanyaan tersebut. Kemudian pilih ikon plus (+) jika ingin menambah pertanyaan baru.

Selanjutnya, kalian ulangi tahap di atas untuk menambahkan pertanyaan. Kalau sudah selesai, klik tombol Kirim di bagian atas.

Nah, sekarang google form sudah selesai dibuat. Kalian bisa mengirimkan formulir dari google form tersebut ke media sosial, email, atau menyalin link nya.

Google Form di Smartphone

Apabila kalian adanya smartphone, kalian juga bisa membuat google form kok, Gaes. Tapi sebelumnya, kalian harus memasang aplikasinya dulu di smartphone Android agar bisa membuat google form dengan mudah.

Langkah awal yang harus kalian lakukan adalah Instal aplikasi FormsApp terlebih dahulu. Selanjutnya buka aplikasi dan izinkan semua permintaan.

Langkah berikutnya, log in dengan akun google kalian. Kemudian tap ikon plus untuk mulai membuat form.

Selanjutnya pilih template yang disediakan atau pilih Blank Form supaya kalian mengaturnya sendiri, lalu tambahkan pertanyaan dan respon yang sesuai.

Jangan lupa untuk memberikan juga judul dan deskripsi yang kalian inginkan. Kemudian klik Submit jika sudah selesai. Nanti di form setting, aturlah  sesuai kebutuhan lalu klik Submit.

Selamat. Kuesioner di google form selesai. Kalian bisa membagikannya lewat media sosial atau mengambil link nya.

Cara Membuat Google Form yang Bagus

Kalian sudah membuat google form, tapi ternyata tampilannya kurang bagus. Tenang, google form menyediakan template secara bawaan yang bisa kalian pakai loh.

Akan tetapi, kalau kalian tidak menyukai template dari google form, kalian juga bisa melakukan kustomisasi sendiri. Kalian bisa mengatur tampilan google form agar terlihat lebih bagus dan menarik.

Caranya yaitu hanya dengan tap di ikon palet lukis yang berada di bagian atas. Kemudian di sana kalian dapat mengatur semua tampilan dari google form yang kalian buat.

Misalnya memakai Header untuk menambahkan gambar sebagai logo dari google form. Warna Tema untuk mengatur warna tema di google form. Warna Latar Belakang agar memberikan warna di latar belakang. Dan gaya Font untuk mengatur font yang ada pada google form.

Dengan mengatur semua opsi tersebut, kalian dapat memberikan kesan di formulir google form terlihat lebih bagus dan menarik.

Cara Memperpendek Link Google Form

Link google form biasanya sangat panjang. Dan kalau kalian ingin memperpendeknya, kalian harus mencentang kotak opsi Perpendek URL. tetapi kalau kalian merasa link tautan google form masih panjang, kalian bisa memakai layanan pemendek URL dari Bitly.

Cara membuat link google form menjadi bit.ly yang pertama adalah dengan membuka formulir google form kalian, lalu ambil link google form tersebut.

Selanjutnya kunjungi situs web Bitly dan paste link google form ke kolom yang disediakan. Setelah itu pilih tombol Shorten. Selesai. Link google form kalian berubah menjadi bitly.

Sangat mudah bukan? 

Cara Melihat Hasil Google Form

Kalian dapat melihat jawaban dari orang-orang yang sudah menjawab google form tersebut di bagian tab menu Tanggapan atau Responses. Kalian hanya perlu mengunjungi link google form yang kalian buat, kemudian tap di bagian menu tersebut.

Nantinya akan keluar hasil google form secara lengkap mulai dari ringkasan keseluruhan jawaban hingga jawaban rinci dari satu orang yang mengisi google form.

Demikianlah ulasan membuat dan membaca google form yang bisa kalian pakai membuat formulir secara online atau pun membuat survey, kuesioner, penelitian, ujian online, dan lain-lain. 

Kalian bisa memanfaatkan PC, laptop, atau smartphone untuk membuatnya. Selamat mencoba!

Leave A Reply

Your email address will not be published.