Cara Membuat Hand Sanitizer Sendiri di Rumah

0

Virus corona (COVID19) yang awalnya hanya terjadi di Wuhan kemarin, saat ini sudah menjadi masalah global dan mencapai lebih dari 110 negara di dunia. Salah satunya adalah negeri kita, Indonesia. Terhitung kemarin sudah ada 172 kasus penduduk yang terdampak Covid 19 dan ada yang meninggal. 

Menyebarnya pandemi Corona ke berbagai belahan dunia ini tentunya menimbulkan kepanikan massa. Banyak negara sudah melakukan lock down, yaitu menutup akses masuk dan keluar di negaranya untuk mencegah pandemi Corona ini makin meluas.

Seiring makin banyak zona merah di wilayah Indonesia yang terdampak pandemi Corona ini, masyarakat ramai-ramai membeli masker, membeli stok makanan, dan juga pergi ke apotek untuk membeli obat-obatan, termasuk hand sanitizer.

Imbasnya, demi mencegah terpapar Coid 19, stok hand sanitizer di berbagai apotek dan supermarket jadi langka dan susah ditemukan sekarang ini. Jika ada pun, harganya pasti berkali-kali lipat dari harga normal.

Lalu bisakah kita membuat hand sanitizer sendiri di rumah? Hand sanitizer sesuai standar kesehatan dari berbagai lembaga kesehatan lokal maupun internasional?

Gaes, kalian tidak perlu khawatir. Saya hadir kali ini ingin berbagi pengalaman membuat hand sanitizer sendiri di rumah.

Ada langkah-langkah yang harus kalian ikuti dari awal sampai akhir untuk pembuatan hand sanitizer ini. Cukup mudah, dan tidak memerlukan waktu lama kok.

Yuk, langsung simak sampai akhir.

Cara Membuat Hand Sanitizer dengan Mudah

Sebelum membuat hand sanitizer, kalian harus menyiapkan bahan-bahannya dulu, Gaes.

Pertama, siapkan alkohol 70%, gel aloe lidah buaya atau aloe vera (bisa pilih salah satu), dan juga minyak essensial (essensial oil). Bisa dari kulit lemon atau minyak lavender. Terserah kalian memakai yang mana saja.

Selanjutnya, campurkan semua bahan tadi, yaitu alkohol 150mL, 50gr gel aloe lidah buaya, dan potongan kulit lemon atau minyak essensial tadi ke dalam mangkuk yang bersih.

Kemudian, aduklah menggunakan sendok sampai merata selama 15 menit, lalu diamkan sesaat.

Langkah berikutnya, segera masukan campuran tersebut ke dalam wadah berupa botol yang sudah steril atau bersih. Kalian juga bisa membeli botol kosong khusus di beberapa toko yang menyediakan.

Selamat, kalian berhasil membuat Hand sanitizer homemade dan siap dimanfaatkan untuk langkah pencegahan terhadap penyebaran Covid 19.

Tips Memakai Hand Sanitizer yang Benar

READ  Gamer Cewek ini Punya Posisi Keyboard Anti Mainstream

Gaes, untuk kalian yang dulunya jarang memakai Hand Sanitizer mungkin bingung, bagaimana cara pemakaiannya. Karena itu, saya akan bagikan caranya untuk kalian.

Oiya, sebelum kalian memakainya nanti, pastikan tangan kalian tidak kotor atau berminyak. Kalian harus cuci tangan terlebih dahulu sebelum mulai memakai hand sanitizer di tangan kalian. Pastikan juga kalian memakainya saat tangan dalam keadaan kering.

Langkah selanjutnya, semprot atau oles hand sanitizer ke bagian telapak tangan kalian secara perlahan.

Usap-usap, oles, atau gosokkan hand sanitizer kalian selama 30 sampai 60 detik atau sampai tangan kalian kering. Kenapa harus menunggu sampai 60 detik? Ini disebabkan karena sanitizer membutuhkan waktu yang cukup lama untuk membunuh kuman, tidak bisa otomatis mati ya, Gaes.

Terakhir, kalian harus memastikan sudah menggosok seluruh permukaan tangan serta jemarimu secara merata. Jangan sampai ada yang terlewat dan jadi celah menempelnya covid 19 nanti.

Manfaat Hand Sanitizer

Sebagai informasi, bagi kalian yang menganggap memakai hand sanitizer tidak penting, padahal manfaatnya cukup banyak.

Hand sanitizer atau pembersih tangan berbasis alkhol yang persyaratan volume alkoholnya telah terpenuhi, ternyata ampuh meminimalisir jumlah mikroba yang bersarang di tangan kalian. Hand sanitizer juga bisa membantu kalian memusnahkan beragam jenis kuman yang menyebabkan penyakit, salah satunya adalah virus corona (COVID-19).

Nah, jadi bagaimana? Tertarik membuatnya sendiri di rumah? Selain bisa membuat badan kita tetap aktif, kita bisa menciptakan perlindungan diri dengan membuat hand sanitizer sendiri di rumah.

Semoga bermanfaat ya, Gaes. Selamat mencoba!

Leave A Reply

Your email address will not be published.