Cara Membuat Hotspot di Laptop

0

Apa kalian tahu kalau laptop dengan Windows 7, 8, dan 10 bisa kalian jadikan hotspot? Windows secara bawaan sudah memberikan fitur untuk hotspot. Karena itu, cara membuat hotspot di laptop bisa dikatakan pekerjaan yang mudah karena kalian tidak membutuhkan software tambahan.

Hotspot adalah jaringan internet tanpa kabel yang bisa kalian hubungkan di sebuah area tertentu. Dengan hotspot kalian bisa mengakses internet dan bebas berselancar di dunia maya tanpa hambatan.

Sekarang ini memang hampir di semua tempat perkotaan sudah mempunyai jaringan hotspot sendiri. Sebab internet sudah menjadi keperluan setiap orang untuk bisa mengakses situs web. Sekarang pun sudah banyak layanan wifi rumahan yang bersedia melayani hotspot di rumah kalian.

Hanya saja, rumah kalian mungkin ada di tempat yang tidak dapat dijangkau layanan tersebut. Atau bisa jadi layanan wifi rumahan tadi terlalu mahal untuk kalian dapatkan. Apabila kalian mengalami masalah tersebut, kalian tidak usah khawatir, karena kalian juga bisa membuat wifi di laptop tanpa alat tambahan apa pun.

Dengan demikian, kalian bisa menggunakan modem di laptop dan nantinya kalian bisa membuat hotspot di laptop sebagai wifi yang bisa dibagikan ke pengguna internet lain yang berada di sekitar kalian.

Membuat Laptop Sebagai Wifi

Ada beberapa cara berbeda yang bisa kalian manfaatkan untuk membuat hotspot di laptop kalian. Kalian dapat memilih metode mana yang ingin kalian pakai sesuai kebutuhan. Semua windows bisa dijadikan sebagai hotspot.

Sayangnya pada windows 8 dan windows 7 mungkin akan sedikit beda dengan windows 10. Nah, silahkan kalian pilih cara mana yang sesuai dengan versi windows kalian supaya membuat hotspot di laptop tanpa masalah.

Cara Membuat Hotspot di Windows 7 dan 8

Cara pertama ini sebetulnya juga bisa dipakai untuk Windows 10, tapi lebih baik hanya di Windows 7 dan windows 8 saja. Masalahnya, untuk mengaktifkan hotspot windows 7 dan 8 kalian harus melewati perintah di command prompt lebih dulu.

Untuk membuat hotspot di laptop windows, kalian harus memastikan laptop telah ke jaringan internet. Kemudian, jalankan CMD sebagai administrator.

Berikutnya, masukan perintah di CMD netsh wlan set hostednetwork mode=allow ssid=EzTekno key=Password123 lalu Enter.

Setelah itu, ketikkan perintah netsh wlan start hostednetwork tap Enter.

Selanjutnya buka Control Panel dan klik Network and Sharing Center. Yang terakhir, klik koneksi laptop, lalu tap Properties masuk ke tab Sharing

READ  Update iOS 13.5, Banyak Fitur Terkait COVID-19

Berikutnya, centang Allow other network users to.. Langsung tap opsi menu drop-down, pilih Local Area Connection* 14. Tap tombol OK. Selesai.

Kalau kalian sudah berhasil mengikuti panduan di atas, berarti kalian sudah berhasil membuat hotspot di laptop kalian. Kini cobalah menyambungkan hotspot yang sudah berhasil kalian buat tadi menggunakan perangkat lain.

Cara Membuat Hotspot di Laptop Windows 10

Untuk cara membuat hotspot di laptop yang menggunakan windows 10, kalian bisa melaksanakannya lebih mudah dan tanpa memakai perintah dari command prompt.

Caranya yang pertama adalah dengan klik logo Windows atau menu Start. Selanjutnya tap menu Settings untuk membuka Windows Setting.

Kemudian buka menu Network & Internet, dan klik Mobile Hotspot. Beriktunya, pilih opsi Wi-fi agar hotspot pada laptop aktif.

Sekarang, laptop windows 10 sudah menjadi hotspot.

Kalian bisa mengganti password dan nama hotspot dengan tap tombol Edit yang ada di bawahnya. Benar bukan> Cukup 5 langkah, kalian sudah berhasil membuat wifi di laptop kalian yang memakai windows 10.

Baidu Hotspot WiFi

Baidu merupakan sebuah perusahaan teknologi di Distrik Haidian, Beijing, RRC. Awalnya, baidu dikenal sebagai mesin pencari seperti google, tapi ia juga memberikan layanan yang berhubungan dengan teknologi termasuk software membuat hotspot.

Cara membuat hotspot di laptop dengan baidu yaitu, langsung download software Baidu Hotspot WiFi dan memasangnya setelah instal.

Kemudian tap ikon wifi untuk memulai hotspot. Kalau status sudah aktif, maka hotspot sudah bisa dipakai.

Di software ini juga ada fitur untuk blokir perangkat. Karena itu, kalian bisa mencegah orang tertentu supaya tidak bisa menghubungkan perangkatnya ke hotspot kalian

My Public WiFi

Pertama-tama, lakukan download software My Public Wifi. Selanjutnya Instal di laptop lalu jalankan aplikasi tersebut.

Berikutnya, kalian cukup tap tombol Start di aplikasi. Dengan begitu, hotspot laptop secara otomatis aktif.

Demikianlah beberapa cara yang bisa kalian gunakan untuk membuat hotspot di Laptop. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Leave A Reply

Your email address will not be published.