Cara Membuat IDM Lebih Cepat

0

IDM memang bisa membuat proses download file lebih cepat, tapi ternyata ada cara untuk membuat download IDM agar lebih  cepat dan maksimal.

IDM atau Internet Download Manager banyak dikenal sebagai software yang bisa memberikan speed download yang optimal. Kalian dapat mengunduh file lebih cepat daripada tanpa memakai IDM. Ini wajar, karena IDM akan membantu untuk mengoptimalkan kecepatan koneksi internet saat proses download sedang berlangsung.

Dengan tips dari saya, kalian juga dapat melakukan tambahan pada IDM untuk lebih cepat download sampai 30 mbps. Apa saja itu? 

Cara Mempercepat Download IDM

Pengaturan IDM

Di menu pengaturan IDM ada opsi mengatur koneksi atau jaringan internet. Dengan mengatur opsi tersebut, nantinya kecepatan IDM akan lebih optimal.

Cara membuat IDM lebih cepat yang pertama adalah kalian buka IDM di laptop atau komputer kalian. Lalu klik menu Download, tap pilihan Options.

Selanjutnya, pilih Connection di bagian tab menu. Langsung ubah bagian Connection Type menjadi High speed. 

Jangan lupa ubah juga Default Max. conn. number. menjadi paling tinggi.

Terakhir pilih tombol OK untuk menyimpan perubahan.

Saat kalian memilih tipe koneksi ke High speed, kalian jadinya akan memakai Direct Connection (Ethernet/Cable)/ Wifi/ Mobile 4G/ Other sebagai koneksi internet saat mengunduh file dengan IDM.

Sebagai keterangan tentang Default Max. conn. number. adalah bahwa kalian harus memilih angka 32 kalau kecepatan internet kalian bisa mencapai 1 mbps. Tetapi kalau kecepatan internet kalian di bawah 1 mbps, maka pilih angka 16 saja.

Mempercepat IDM via Regedit

Registry Editor atau regedit merupakan kumpulan data tentang informasi konfigurasi dari aplikasi yang ada di windows. Kalian hanya perlu melakukan sedikit perubahan di regedit, maka kalian bisa mempercepat proses download di IDM.

Cara mempercepat download idm dengan regedit di awal adalah membuka menu Run atau tekan Windows + R secara bersamaan.

Berikutnya, ketikkan Regedit lalu klik Enter. Langsung masuklah ke Computer\HKEY_CURRENT_USER\Software\DownloadManager.

Setelah itu klik kanan Connection Speed dan klik opsi Modify. Segera ganti angka di Value Data menjadi 999999. Nanti di opsi Base ubah menjadi Decimal. Yang terakhir pilih tombol OK untuk menyimpan.

IDM Optimizer

IDM Optimizer itu aplikasi pihak ketiga yang bisa membuat IDM lebih cepat ketika sedang proses download. Cara ini cukup sederhana, karena kalian cukup memakai aplikasi ini tanpa harus mengatur settingan IDM.

Aplikasi ini ukurannya cukup kecil dan bisa dipakai secara gratis lewat link Download IDM Optimizer

Memakai Proxy

Tugas proxy adalah penyambung atau jembatan dari koneksi internet kalian ke server tempat kalian melakukan download file. Kalian bisa memakai proxy untuk proses download memakai IDM jadi lebih cepat.

Caranya, di awal kalian harus memastikan sudah mempunyai proxy dengan kecepatan yang bagus. Kemudian buka aplikasi IDM kalian. Lalu klik menu Download, tap tombol Options.

Selanjutnya pilih tab menu Proxy/ Socks. Klik opsi manual proxy/socks configuration, dan isi kolom proxy server address dan port-nya. Kemudian klik tombol OK.

Dengan cara ini kalian bisa mengubah kecepatan internet kalian sesuai spesifikasi dari proxy. Contohnya kalian memakai proxy yang mempunyai speed yang bagus, maka proses download di IDM juga makin cepat.

Itu tadi beberapa cara untuk proses download memakai IDM berjalan lebih cepat ydan kalian bisa coba di laptop atau PC.

Sebagai informasi, server download juga punya peran besar pada kecepatan download yang dihasilkan. Karena itu, pastikan kalian memakai server download yang bagus supaya proses download di IDM bisa berjalan cepat.

Semoga bermanfaat, Gaes. Salam teknologi!

Leave A Reply

Your email address will not be published.